No 41.
Pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata
merupakan karakteristik anak tunalaras dilihat dari segi....
A.
fisik
B.
emosional
C.
akademik
D.
sosial
No 42.
Salah satu kebutuhan anak tunalaras adalah....
A.
memberi keterampilan khusus untuk bekal hidup
B.
memberi hukuman
C.
menjelaskan perilaku yang akan diubah
D.
mengatakan perilaku yang akan diterima
No 43.
Salah satu kebutuhan anak tunalaras yang perlu mendapat
perhatian khusus adalah gangguan....
A.
perhatian
B.
berbahasa
C.
motorik
D.
kesulitan membaca
No 44.
Adi tidak mampu membedakan dalam mengerjakan soal perkalian
dan pembagian. Kesulitan yang dialami Adi termasuk bidang....
A.
akademik
B.
perkembangan
C.
pertumbuhan
D.
motorik
No 45.
Karakteristik anak berkesulitan belajar adalah sebagai
berikut, kecuali....
A.
hiperaktif
B.
gangguan persepsi motorik
C.
kesulitan menyesuaikan diri
D.
gangguan bicara dan mendengar
No 46.
Menentukan pengelompokan anak secara tepat untuk pengajaran,
merupakan salah satu tujuan asesmen....
A.
kemampuan membaca
B.
prosedur bimbingan membaca
C.
pendekatan remidial membaca
D.
membantu siswa membaca pemahaman
No 47.
Pengajaran remidi bagi anak berkesulitan matematika, harus
sistematis sesuai dengan urutan tingkat....
A.
semi konkrit - konkrit - abstrak
B.
konkrit - semi konkrit - abstrak
C.
konkrit
D.
abstrak - semi konkrit - konkrit
No 48.
Langkah pertama yang harus dilakukan pada pelayanan ALB di
sekolah biasa adalah....
A.
memeriksa riwayat hidup siswa
B.
mencatat nama siswa yang mengalami kelainan
C.
melakukan identifikasi
D.
melakukan wawancara
No 49.
Berdasarkan pengamatan, tulisan Tia masih jauh dari
kemampuan yang diharapkan. Oleh karena itu oleh guru kelas Tia dianggap sebagai
anak yang berkesulitan belajar. Tindakan yang dilakukan guru tersebut adalah
merupakan tindakan....
A.
evaluasi
B.
wawancara
C.
diagnosa
D.
identifikasi
No 50.
Jenis layanan yng diperlukan ALB adalah didasarkan pada
pertimbangan sebagai hal berikut ini, kecuali....
A.
menentukan kemampuan yang semestinya dikuasai
anak.
B.
untuk pengembangan potensi yang optimal
C.
setiap anak memerlukan bantuan khusus dari guru.
D.
setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda
No comments:
Post a Comment