Sunday, November 25, 2012

Kunci Jawaban Penulisan Karya Ilmiah PDGK4402 (Bagian 5)


No 41.
a.       Salah; abstract descriptive tidak dimaksudkan agar calon pembaca memutuskan untuk membaca keseluruhan naskah.
b.      Salah; abstract informatif hanya membeberkan apa yang ada dalam naskah keseluruhannya
c.       Salah; abstrack agitatif hanya memberi penekanan pada konten tertentu dengan tidak melupakan konten yang lain dalam naskah
d.      Benar; abstract persuatif dimaksud untuk menarik minat calon pembaca untuk menelususri seluruh isi bacaan

No 42.
a.      Benar; rumusan masalah sangat spesifik dari isi karya tulis terutama dalam hal metode
b.      Salah; tujuan penelitian bisa dicantumkan dalam abstract sebuah makalah
c.       Salah; hasil penelitian secara detail tidak harus dicantumkan dalam abstract
d.      Salah; sebuah abstract tidak perlu membuat kesimpulan

No 43.
a.       Salah; presentsi komunikatif sifatnya datar dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi audien
b.      Benar; presentasi persuatif memang dimaksudkan untuk mempengaruhi audien
c.       Salah; presentasi informtif sifatnya datar dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi audien
d.      Salah; presentasi descriptif sifat menyajika data dan fakta dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi audien

No 44.
a.      Benar; audiens yang terbuka cenderung mendesak agar penyajian sebih ekspresif
b.      Salah; audiens netral cenderung menerima saja apa yang disajikan
c.       Salah; audiens yang kurang berminat cenderung diam
d.      Salah; audiens yang penuh kecurigan cenderung menuntut sajian secara detail

No 45.
a.       Salah; sajian materi yang sifatnya menjelaskan pengaruh suatu variable tidak dituntut secara kronologis
b.      Benar; sajian materi yang sifatnya mengacu pada topik tertentu dituntut untuk disajiakan secara sistematika
c.       Salah; sajian materi yang sifat sebag-akibat harus disajikan secara kronologis
d.      Salah; sajian berdasarkan tujuan hendaknya disertai dengan jawaban atas tercapai-tidaknya tujuan yang ditetapkan

No 46.
a.       Salah; poin-poin penting diperlukan untuk membantu pengingatan terhadap aspek tertentu dalam presentasi
b.      Benar; catatan awal perlu disiapkan agar peresentasi berjalam lancar sesuai tujuan yang ditetapkan
c.       Salah; untuk menjawab pertanyaan tidak perlu disiapkan catatan, melainkan pemahaman terhadap isi yang diperlukan
d.      Salah; catatan awal tidak bisa ditunjukan kepada peserta sebagai bukti apapun tentang sajian yang dibawakan

No 47.
a.       Salah; terlalu banyak animasi dan warna tidak disarankan untuk sajian ujian skripsi
b.      Salah; banyak warna tidak disarankan untuk sajian ujian skripsi
c.       Benar; animasi dan warna diperlukan secukupnya sesuai keperluan
d.      Salah; terlalu banyak warni-warni dalam banyak hal akan mengganggu misi yang ingin dicapai

No 48.
a.       Salah; kredibilitas penyaji sulit diukur dari kejujuran dalam menyampaikan materi
b.      Benar; kredibilitas penyaji diukur dari tingkat penguasaannya terhadap materi yang disampaikan
c.       Salah; kemampuan menggunakan media mencerminkan keluasan wawasan penyaji
d.      Salah; kemampuan menarik simpati peserta mencerminkan keluwesan penyaji

No 49.
a.      Benar; penggunaan istilah asing terlalu banyak seringkali menjadi hambatan semantik sehingga sajian kuranag menarik
b.      Salah; hambatan semantik tidak berkaitan dengan cara atau metode menjawab
c.       Salah; kurang baiknya penampilan tidak tergolong ke dalam hambatan semantic
d.      Salah; gangguan sikap penyaji yang menerima telpon saat menyajian materi tidak tergolong hambatan semantic

No 50.
a.       Salah; Jika kesan tidak sampai kepada peserta maka tidak perlu dilakukan pengulangan presentasi
b.      Salah; penjelasan ulang materi yang telah disajikan sangat sulit dilakukan
c.       Salah; mencatat perbedaan kesan peserta hanya perlu saat melakukan penelitian
d.      Benar; kegiatan evaluasi sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas sajian dan penyajian materi.

No comments:

Post a Comment