Sunday, November 18, 2012

Kunci Jawaban Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204 (Bagian 3)


No 21.
a.      Benar, karena pernyataan tersebut merupakan kriteria dalam prinsip presentasi bahan
b.      Salah, karena dalam prinsip seleksi harus ada keterkaitan antara tujuan pengajaran, level materi, dan lamanya belajar
c.       Salah, karena jumlah materi juga berkaitan dengan jumlah waktu belajar.
d.      Salah, karena kriteria sangat diperlukan dalam seleksi sebagai landasan untuk menentukan pilihan.

No 22.
a.      Benar, kelengkapannya meliputi: bagian awal naskah, bagian isi naskah
b.      Salah, karena naskah yang ditullis harus asli dan belum pernah diterbitkan
c.       Salah, karena merupakan patokan umum menurut Tarigan;
d.      Salah, karena merupakan patokan khusus menurut Tarigan

No 23.
a.      Benar, karena sasaran membaca permulaan cukup sampai melek huruf
b.      Salah, karena mengeja suku diajarkan bila siswa telah melek huruf.
c.       Salah, karena mengeja suku kata dan membaca kata diajarkan bila siswa telah melek huruf
d.      Salah, karena membaca kalimat sudah merupakan sasaran membaca lebih lanjut

No 24.
a.       Salah, karena tujuan metode SAS tidak hanya digunakan untuk membaca, tapi juga untuk menulis
b.      Salah, karena metode SAS tidak hanya untuk menulis permulaan, tetapi juga membaca permulaan
c.       Benar, karena merupakan tujuan metode SAS.
d.      Salah, karena sasaran tersebut terlalu luas

No 25.
a.       Salah, karena langkah tersebut merupakan langkah pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.      Salah, karena langkah tersebut merupakan langkah pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
c.       Salah, karena langkah tersebut merupakan langkah pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tuuan pembelajaran.
d.      Benar, karena guru akan memberikan penjelasan bila siswa tidak memahami gambar tersebut, hal itu kemungkinan kecil terjadi, karena guru selain memperlihatkan gambar, juga memperlihatkan kartu kata, diharapkan kartu kata tersebut sudah menggiring siswa untuk memahami gambar.

No 26.
a.       Salah, karena langkah-langkah pembelajaran tersebut sudah tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.      Salah, karena langkah-langkah pembelajaran tersebut sudah tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
c.       Salah, karena langkah-langkah pembelajaran tersebut sudah tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
d.      Benar, karena tidak sesuai, alasannya siswa tidak perlu menggambar seorang anak perempuan dan seorang anak laki-laki, karena tujuan pembelajarannya adalah pengenalan huruf, bukan menggambar

No 27.
a.       Salah, karena menggunakan penilaian keterampilan proses
b.      Salah, karena menggunakan penilaian hasil
c.       Salah, karena menggunakan penilaian hasil
d.      Benar, karena nilai akhir Talita tidak hanya dilihat dari hasil UAS, tetapi dilihat secara keseluruhan, yaitu dari nilai-nilai ulangan harian, bahkan prestasi di luar kelas pun (pandai pidato) diperhitungkan sebagai nilai tambah.

No 28.
a.       Salah, karena merupakan aspek kemampuan berbahasa
b.      Salah, karena merupakan aspek kemampuan berbahasa
c.       Salah, karena merupakan aspek kemampuan berbahasa
d.      Benar, karena merupakan aspek kemampuan kebahasaan

No 29.
a.      Benar, karena kegiatannya diawali dengan membaca puisi, membaca puisi adalah membaca indah
b.      Salah, karena Bu Erni menekankan pada aspek menyimak
c.       Salah, karena pembelajaran yang disampaikan Pak Budi adalah pembelajaran yang menekankan pada keterampilan membaca dengan pemahaman
d.      Salah, karena tugas yang diberikan Bu Jamilah menekankan pada keterampilan menulis

No 30.
a.       Salah, karena mengenal kata dan kalimat merupakan tujuan membaca di kelas rendah.
b.      Benar, karena membaca dengan pemahaman mempermudah untuk memahami isi bacaan.
c.       Salah, karena  tujuan tersebut merupakan tujuan untuk bidang kebahasaan.
d.      Salah, karena pernyataan tersebut merupakan salah satu langkah metode SQ3R

No comments:

Post a Comment