No 11.
a.
Benar, karena pada hakikatnya belajar
bahasa adalah belajar berkomunikasi
b.
Salah, karena dengan memahami unsur-unsur
kalimat bukan merupakan belajar berkomunikasi;
c.
Salah, karena aturan/kaidah bahasa dapat
dipelajari bersamaan dengan menggunakan bahasa
d.
Salah, karena pernyataan tersebut bagian dari
prinsip empiris lainnya.
No 12.
a.
Salah, karena cara tersebut digunakan dalam
teknik pemberian tugas
b.
Salah, karena tujuan teknik ramu pendapat bukan
agar siswa tertarik belajar lebih lanjut, tetapi untuk mengumpulkan informasi
sebanyak-banyaknya
c.
Salah, karena usaha tersebut jelas digunakan
dalam teknik pemberian tugas
d.
Benar, karena dengan cara tersebut guru
dapat memperoleh banyak pendapat/informasi, dengan demikian banyak pula materi
yang dapat didiskusikan.
No 13.
a.
Salah, karena pernyataan tersebut penekanan
dalam CBSA
b.
Benar, karena untuk mendukung kemampuan
komunikasi siswa, siswa harus diberi kesempatan sebanyak-banyaknya untuk
melakukan komunikasi baik lisan maupun tulisan
c.
Salah, karena hal itu merupakan penekanan dari
pendekatan keterampilan proses
d.
Salah, karena dalam berkomunikasi harus
menguasai keempat keterampilan berbahasa.
No 14.
a.
Salah, karena dalam pembelajaran bahasa, untuk
memperkaya kosakata harus banyak membaca
b.
Salah, karena untuk membuat pembelajaran Bahasa
Indonesia lebih sederhana adalah dengan memilih materi pelajaran yang sesuai
dengan kondisi sosial-budaya siswa
c.
Benar, karena dengan adanya tema
pembelajaran bahasa dapat lebih terarah dan focus
d.
Salah, karena yang diperlukan dalam pembelajaran
lintas materi adalah kemampuan siswa terhadap minimal dua keterampilan
berbahasa, yaitu keterampilan membaca dan menulis.
No 15.
a.
Salah, karena bukan merupakan langkah
pembelajaran terpadu lintas kurikulum, karena hanya mengilustrasikan
pembelajaran Bahasa Indonesia yang mencakup dua keterampilan berbahasa
(berbicara-menyimak)
b.
Salah, karena bukan merupakan langkah
pembelajaran terpadu lintas kurikulum, karena hanya mengilustrasikan
pembelajaran Bahasa Indonesia yang mencakup dua keterampilan berbahasa
(membaca-menulis)
c.
Salah, karena bukan merupakan langkah
pembelajaran terpadu lintas kurikulum, karena hanya mengilustrasikan
pembelajaran Bahasa Indonesia yang mencakup dua keterampilan berbahasa (
menyimak-menulis)
d.
Benar, karena ilustrasi tersebut mencakup
mata pelajaran Bahasa Indonnesia dan Matematika.
No 16.
a.
Salah, karena merupakan pendapat Franklin
Bobbit;
b.
Salah, karena pengertian kurikulum tersebut
mrupakan pendapat Krug,
c.
Benar, karena menurut Johnson kurikulum
merupakan alat ukur untuk mencapai tujuan pembelajaran
d.
Salah, karena pendapat tersebut dikemukakan oleh
Harnack
No 17.
a.
Salah, karena tugas guru tidak hanya membuat
satuan pelajaran, tetapi antara lain melaksanakan proses belajar-mengajar
b.
Benar, karena dalam menjalankan tugasnya
sehari-hari guru memerlukan kurikulum
c.
Salah karena pedoman untuk mengevaluasi siswa
merupakan fungsi kurikulum bagi kepala sekolah
d.
Salah, karena pernyataan tersebut merupakan
fungsi kurikulum bagi sekolah.
No 18.
a.
Salah, karena orang pergi ke pantai pada umumnya
untuk rekreasi.
b.
Benar, karena peristiwa meletusnya gunung
Krakataubukan bukan merupakan pengalaman rekreasi.
c.
Benar, karena pergi ke Danau Toba merupakan
pengalaman yang mengindikasikan rekreasi.
d.
Benar, karena pergi ke Kebun Raya
mengindikasikan rekreasi.
No 19.
a.
Salah, karena kompetensi dasar yang tepat adalah
cukup membaca dongeng
b.
Benar, karena pernyataan tersebut
merupakan rumusan hasil belajar
c.
Salah, karena indikator yang tepat adalah
membacakan dongeng dengan penghayatan sesuai isi: dengan lafal dan intonasi
yang sesuai
d.
Salah, karena materi pokok yang tepat adalah
teks dongeng
No 20.
a.
Salah, karena dengan memparafrasekan cerita
fiksi, siswa dapat memahami isi cerita.
b.
Benar, karena indikator tersebut tidak
sesuai hasil belajar.
c.
Salah, karena indikator tersebut tidak sesuai
dengan materi dan hasil belajar yang diharapkan
d.
Salah, karena dengan mengajukan dan dapat
menjawab pertanyaan yang sesuai isi cerita, berarti siswa memahami isi cerita
No comments:
Post a Comment