Friday, October 26, 2012

Soal Ujian Pembelajaran IPA di SD PDGK4202 (bagian 5)


No 41.
Evaluasi proses adalah pelaksanaan pengukuran yang bertujuan untuk ....           
1.       mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai
2.       mengukur kemampuan kognitif siswa
3.       mengetahui kesulitan peserta didik dlam mencapai tujuan pembelajaran
               
No 42.
Contoh alat evaluasi proses dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang benar antara lain adalah ....         
1.       Mengukur suhu air dengan menggunakan thermometer yang ditempelken pada alat penahan
2.       Memegang anak timbangan dengan tangan secara langsung
3.       Mengenali bau sampah akibat proses pembusukkan bahan organik
               
No 43.
Pelaksanaan evaluasi hasil belajar dapat dilakukan melalui alat ukur tes tertulis atau lisan. Tes tertulis lebih serng dipilih guru dengan pertimbangan ....            
1.       dapat mencakup banyak siswa
2.       waktu yang digunakan lebih sedikit
3.       mempunyai kesempatan memperoleh pertanyaan yang sama untuk semua peserta didik
               
No 44.
Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dilakukan dengan mengacu pada peraturan ....               
1.       Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003
2.       Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 tahun 2005
3.       Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22, 23, 24 tahun 2006
               
No 45.
Pengembangan KTSP ditujukan untuk pengembangan kompetensi peserta didik. Dasar pengembangannya adalah .... 
1.       adanya kebutuhan dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan
2.       memberi pengalaman pada peserta didik untuk memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
3.       kepentingan pemerintah pusat dan daerah untuk kehidupan bermasyarakat dan bernegara

No 46.
Dalam penyusunan KTSP memerlukan sejumlah komponen terkait dengan pengembangannya. Komponen-komponen tersebut antara lain adalah ....   
1.       Merumuskan misi sekolah
2.       Merumuskan tujuan Instruksional Umum
3.       Tujuan satuan pendidikan
               
No 47.
Dalam mengembangkan rancangan pembelajaran di kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, langkah-langkah pengembangan silabus yang dilakukan guru antara lain adalah ....            
1.       mengkaji kompetensi dasar dengan memperhatikan keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran
2.       mengkaji kompetensi dasar dengan memperhatikan keterkatian standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
3.       mengidentifikasi materi pokok dengan mempertimbangkan potensi peserta didik
               
No 48.
Materi essensial kelas IV diantaranya adalah lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat. Salah satu bahasan yang dapat dipilih guru adalah pencemaran air. Rancangan pembelajaran yang dapat dilakukan diantaranya adalah ....           
1.       mengajak siswa mengamati saluran air di sekitar sekolah
2.       mempertunjukkan gambar-gambar film tentang sungai yang berwarna kelam dan sungai yang bersih
3.       mengamati gambar mencairnya gunung es akibat panas yang tinggi
               
No 49.
Dalam menyajikan pembelajaran IPA kelas V tentang Lingkungan Sehat, metoda yang dapat dipilih guru antar lain adalah ....                 
1.       kunjungan lapangan / observasi di daerah sekitar sekolah
2.       eksperimen / demonstrasi di kelas tentang uji kandungan zat berbahaya dalam air sungai
3.       ceramah dan tanya jawab tentang gambar-gambar lingkungan sehat
               
No 50.
Pembelajaran IPA di SD dengan topik bahasan Perpindahan Energi Listrik, guru merancang pembelajaran dengan menggunakan alat peraga rangkaian listrik sederhana seperti logam dasar, kayu, baterai, lampu, kabel, ulir lampu dan penjepit. Konsep-konsep yang dipilih guru melalui pembelajaran tersebut adalah           
1.       konduktor dan isolator
2.       rangkaian listrik seri dan parallel
rangkaian tertutup

No comments:

Post a Comment