Sunday, October 21, 2012

Perspektif Global PDGK43Modul 1 KB 1


PENGERTIAN GLOBALISASI
Menurut Longman Dictionary of Contemporary English, global artinya  sesuatu hal yang berkaitan dengan dunia, internasional, atau seluruh alam jagat kegiatan atau bahkan sikap.
Global dapat diartikan menyeluruh, dimana dunia ini tidak lagi dibatasi oleh batas negara, wilayah, negara, ras, warna kulit dan sebagainya.



Pengertian perspektif global


vPerspektif global adalah suatu cara pandang dan cara berpikir terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan global, yaitudari sisi kepentingan dunia atau internasional.

vKaitannya dengan pendidikan, perspektif global adalah suatu pandangan, di mana guru dan murid secara bersama-sama mengembangkan perspektif dan keterampilan untuk menyelidiki suatu yang berkaitan dengan isu global (antara lain isu lingkungan, HAM, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan pendidikan.

Beberapa pendapat mengenai globalisasi
vJohn Huckle (Miriam Steiner, 1996) yang menyatakan bahwa globalisasi adalah suatu proses dengan mana kejadian, keputusan dan kegiatan di salah satu bagian dunia menjadi suatu konsekuensi, yang signifikan bagi individu dan masyarakat di daerah yang jauh.
vAlbrow (Yaya 1998) mengemukakan bahwa globalisasi merupakan keseluruhan proses di mana manusia di bumi ini diinkorporasikan (dimasukkan ke dalam masyarakat dunia tunggal, masyrakat global. Karena proses ini bersifat majemuk, maka kita pun memandang globalisasi di dalam kemajemukan.


Ciri-ciri globalisasi menurut hamijoyo (mimbar, 1990)
1.Globalisasi perlu didukung oleh kecepatan informasi, kecangggihan teknologi, trans- portasi, dan komunikasi yang diperkuat oleh tatanan organisasi dan manajemen yang tanggguh.
2.Globalisasi telah melampaui batas tradisional geopolitik
3.Adanya saling ketergantungan antarnegara.
4.Pendidikan merupakan bagian dari globalisasi.

Dampak globalisasi

Menurut Tilaar (1998) dampak globalisasi antaralain:

¢Dampak positif yaitu munculnya masyarakat megakompetisi, di mana setiap orang berlomba untuk berbuat yang terbaik untuk mencapai yang terbaik pula.

¢Dampak negatifnya bisa menjadi ancaman bagi budaya bangsa, karena globalisasi melahirkan budaya global dan akan menjadi ancaman bagi budaya lokal,atau budaya bangsa.

Empat bidang kekuatan yang membuat dunia semakin transparan

¢Bidang IPTEK yang semakin tinggi

¢Perkembangan bidan ekonomi yang mengarah pada perdagangan bebas

¢Lingkungan hidup

¢Politik

konsep inovasi yang dituntut dalam era globalisasi, yaitu: konsep inovasi yang dituntut dalam era globalisasi, yaitu:

¢Masyarakat yang terbuka dan penuh kompetisi.

¢Memprioritaskan kualitas.

¢Pemanfaatan informasi superhighway

¢Komunikasi yang cepat dan canggih

¢Maraknya kehidupan bisnis.

¢Harus melek digital.


tujuan pendidikan globalisasi

Tiga tujuan pendidikan globalisasi menurut Hooopes:

1.Mengurangi rasa kedaerahan dan kesukuan.

2.Memberikan pengalaman yang mempersiapkan siswa untuk mendekatkan diri dengan keragaman global.

3.Memberikan pengalaman tentang mengajar siswa untuk berpikir tentang mereka sendiri sebagai individu, sebagai warga suatu negara dan sebagaianggota masyarakat manusia secara keseluruhan (global citizen).




No comments:

Post a Comment