Thursday, August 16, 2012

Soal Ujian Ketrampilan Berbahasa Indonesia SD PDGK4101 (bagian 4)


No 31. Pernyataan yang menggambarkan adanya hubungan antara keterampilan berbicara dengan keterampilan menyimak adalah .... A. proses berbicara secara alami selalu berpadu dengan proses menyimak, tidak ada orang yang mau berbicara tanpa ada yang mau menyimak B. kemampuan yang mencakup kedewasaan mental, penguasaan kosakata, kemampuan mengikuti urutan ide-ide, dan minat terhadap bahasa C. keterampilan berbicara akan diperoleh secara maksimal apabila pembicara selalu berperan menjadi pendengar D. keterampilan berbicara akan diperoleh secara optimal apabila kita sering melihat orang menulis. No 32. Berikut ini yang termasuk contoh keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menyimak adalah .... A. siswa mendengarkan penyajian seorang moderator tentang hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan diskusi, setelah beberapa temannya ketika berdiskusi, setelah itu mereka mengajukan pertanyaan tentang topik diskusi B. siswa membaca naskah pertunjukan drama, setelah itu guru mengadakan diskusi dengan siswa untuk berlatih drama C. siswa membuat tulisan tentang kenaikan harga kebutuhan pokok, kemudian membacakannya di depan kelas D. siswa berpidato di depan kelas kemudian guru dan teman-temannya mendiskusikan kelebihan dan kekurangan pelaksanaan pidato tersebut No 33. Pernyataan yang menjelaskan hubungan antara membaca dengan menyimak adalah .... A. Menyimak dan membaca memerlukan kesiapan yang sama, yakni menguasai simbol-simbol bahasa, memiliki pengetahuan, yang berkaitan dengan materi simakan, diksi dan gaya bahasa B. Menyimak menjadikan seseorang lebih suka membaca C. Membaca menjadikan seseorang lebih terpengaruh untuk sering menyimak D. Menyimak dan membaca dapat berlangsung dalam situasi formal saja No 34. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menyimak adalah .... A. Setelah menyimak penjelasan tentang penyakit yang berjangkit akhir-akhir ini, siswa ditugasi membaca wacana kesehatan yang berjudul “flu burung”. Kemudian siswa diminta menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan hal tersebut. B. Siswa menyimak rekaman video mengenai kenaikan harga bahan-bahan pokok. Kemudian guru meminta siswa menyimpulkan apa yang mereka lihat secara lisan. C. Guru meminta siswa mengamati alam sekitar, kemudian membuat cerita secara lisan berdasarkan apa yang mereka simak tadi. D. Siswa diberi tugas untuk membuat tulisan tentang bencana alam, kemudian salah satu dari mereka diminta membacakan hasil tulisannya di depan kelas, sementara itu teman-teman lainnya menyimak. No 35. Kegiatan berikut ini yang merupakan contoh keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak, adalah .... A. Sekelompok siswa membuat naskah drama 1 babak, kemudian dipentaskan di depan kelas, sementara itu siswa lain menyimaknya. B. Siswa diajak untuk menonton pementasan pembacaan puisi. Setelah itu mereka diminta untuk membuat parafrase dari salah satu puisi yang telah dibacakan tadi. C. Siswa diminta untuk membuat tulisan argumentasi, kemudian mereka memasang tulisan mereka di majalah dinding. D. Siswa bersama guru membahas mengenai sebuah artikel tentang banjir dan dampak yang sedang dihadapi. Setelah itu, guru menugasi siswa-siswa untuk menuliskan kesimpulan dari hal yang telah didiskusikan. No 36. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus berbicara adalah .... A. Siswa mendengarkan dialog yang disajikan dalam bentuk rekaman kaset, kemudian mereka membuat kesimpulan dari dialog tersebut secara tertulis. B. Seorang siswa bercerita/mendongeng di depan kelas, siswa lain menyimak dengan baik, kemudian mendiskusikan isi dan pelaksanaan/cara siwa tersebut bercerita. C. Setelah menguasai naskah drama siswa mendemonstrasikan drama tersebut di depan kelas. D. Guru menjadi model dalam membacakan puisi sementara itu siswa-siswanya menyimak pembacaan puisi tersebut No 37. Cara yang baik untuk memilih tema karangan adalah .... A. mencari aspek tema, yang sesuai dengan kemampuan dan dapat diolah agar mudah ataupun yang disukai B. memperhatikan penggunaan judul baik judul rangkap maupun judul lengkap C. menentukan sasaran pembaca yang nantinya akan membaca hasil karangan tersebut D. menentukan tema sesuai dengan keahlian No 38. Karangan yang memaparkan pengelolaan peternakan ikan patin, mulai membuat kolam pembibitan jenis pakan, sampai pada tahap pemasaran merupakan jenis karangan narasi ekspositoris. Adapun karangan narasi sugestif, biasanya menyajikan .... A. Kisah legenda Gunung Bromo, yang di dalamnya terdapat unsur tema, alur, penokohan, latar tempat, sudut pandang dan amanat yang terdapat pada cerita tersebut. B. Ulasan berita di surat kabar mengenai tindak kekerasan yang meningkat di Indonesia. C. Informasi tentang keindahan alam provinsi Sulawesi Selatan D. Kisah nyata peristiwa tenggelamnya kapal penumpang di Laut Jawa. No 39. Berikut ini yang merupakan contoh keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus berbicara adalah .... A. menulis sebuah cerita anak-anak, kemudian menceritakan kembali dengan gaya mendongeng di depan kelas. B. siswa menulis sebuah puisi, setelah itu guru membacakan sebuah puisi yang dianggap paling baik di depan kelas C. siswa membaca sebuah puisi, kemudian memparafrasekannya menjadi sebuah cerpen D. guru memberikan salinan salah satu hasil tulisan siswa, kepada siswa-siswa lainnya, kemudian mereka diminta menanggapi dari segi ejaan dan tanda bacanya No 40. Yang merupakan kegiatan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus berbicara adalah .... A. Siswa diminta untuk membaca sebuah cerpen, kemudian beberapa siswa menanggapi isi cerpen dan unsur-unsurnya secara lisan. B. Siswa berdiskusi dengan teman-temannya mengenai jenis-jenis karya sastra. C. Seorang siswa membaca sebuah artikel tentang perindustrian, kemudian siswa lain mencatat istilah dari kata-kata yang tidak mereka pahami, mengenai perindustrian. D. Guru membacakan sebuah cerita rakyat Jawa, yaitu Roro Jonggrang. Setelah itu para siswa mengambil kesimpulan berupa amanat dari cerita tersebut.

No comments:

Post a Comment