Thursday, August 16, 2012

Soal Ujian Ketrampilan Berbahasa Indonesia SD PDGK4101 (bagian 5)


No 41. Berikut ini kegiatan yang merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus menulis, kecuali .... A. menyimak sebuah lagu, kemudian menulis isi lagu dengan bahasa sendiri B. mahasiswa menyimak materi sebuah matakuliah, kemudian dosen meminta mahasiswa membuat ringkasan dari hasil simakannya. C. siswa menyimak sebuah lagu karya Iwan Fals, yang berjudul “Oemar Bakrie”, setelah itu mereka diminta untuk membuat artikel atau yang berhubungan dengan lagu yang telah didengar tadi. D. siswa Sekolah Dasar, mendengarkan dongeng yang diceritakan di depan kelas oleh gurunya kemudian mereka diminta untuk membuat puisi berdasarkan dongeng yang telah mereka simak. No 42. Berikut ini yang merupakan kegiatan terpadu keterampilan berbicara dengan fokus menulis, adalah .... A. melakukan wawancara untuk memperoleh data dalam rangka membuat laporan penelitian B. menceritakan pengalaman pribadi yang berkesan dalam bentuk tulisan kemudian dibacakan di depan kelas C. menyimak sebuah dialog interaktif di televisi kemudian menulis sebuah artikel mengenai topik dialog yang disimaknya D. seorang siswa berpidato di depan kelas sementara siswa-siswa lainnya menyimak kemudian memberikan tanggapan dalam bentuk tulisan No 43. Keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menulis dapat dilihat pada kegiatan berikut ini : A. Siswa menulis sebuah naskah drama kemudian mereka ditugasi untuk mementaskan naskah drama yang telah dibuat secara B. Para siswa diminta untuk membaca sebuah cerpen anak-anak, kemudian mereka melanjutkan membuat resensi dari cerpen tersebut A. C.Guru membacakan sebuah dongeng, setelah itu siswa mengungkapkan amanat yang terkandung dalam cerita secara lisan C. Siswa membacakan sebuah artikel yang menarik di depan kelas, dan guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan hal tersebut No 44. Keterpaduan keterampilan menyimak dan berbicara dengan fokus membaca terdapat pada kegiatan .... A. Setelah membaca sebuah novel anak-anak, siswa kemudian menyimak diskusi mengenai unsur intrinsik dan ekstrinsik, selanjutnya siswa lainnya mengajukan tanggapan maupun pertanyaan secara lisan berkaitan dengan kehidupan anak-anak pada zaman sekarang. B. Guru membacakan sebuah puisi, siswa menyimaknya, kemudian mereka berdiskusi dengan guru, usai pembacaan puisi tersebut. C. Seorang siswa membacakan puisi, siswa lain menyimaknya, kemudiam mereka membuat parafrase dari puisi yang telah dibacakan tadi. D. Siswa menyimak pementasan drama, kemudian mereka membaca sebuah novel dengan tema yang sama dengan drama yang telah dipentaskan, kemudian mendiskusikannya dengan guru mereka. No 45. Berikut ini yang merupakan kegiatan terpadu keterampilan menulisdengan fokus membaca, kecuali .... A. setelah membaca sebuah artikel yang berjudul “Kenaikan Harga-Harga Bahan Pokok” siswa-siswa diminta untuk mengisi bagian-bagian teks dengan tema yang sama, dimana bagian-bagian teks itu telah dikosongkan. B. setelah membaca sebuah cerita, siswa menceritakan kembali cerita tersebut secara lisan C. setelah membaca sebuah cerpen bertema kebangkitan nasional, siswa kemudian membuat kesimpulan dari bacaan tersebut D. setelah membaca legenda suatu daerah di Indonesia, siswa kemudian mencari kata-kata yang sulit dimengerti oleh mereka, untuk kemudian dicari maknanya di dalam kamus No 46. Berikut ini yang termasuk manfaat bercerita adalah .... 1. mengajarkan kebenaran 2. memberikan keteladanan 3. menguasai cerita No 47. Berikut ini yang termasuk jenis membaca ekstensif adalah .... 1. membaca sekilas 2. membaca dangkal 3. membaca sastra No 48. Kata bergaris miring pada kalimat berikut ini yang mengandung denotasi adalah .... 1. Upaya menjaga kebersihan makanan menjadi syarat utama dalam mengelola rumah makan 2. Kulit yang berkilau dan cerah menjadi dambaan setiap wanita Indonesia 3. Susu ini diproses secara higienis No 49. Kalimat berikut ini yang memiliki kata abstrak adalah .... 1. Restoran ini sangat cocok untuk pecinta kuliner 2. Kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah 3. Saat diproduksi, tablet dibentuk terlalu padat sehingga perut perlu waktu lebih dari 45 menit untuk memecahkannya. No 50. Berikut ini kalimat yang memiliki kata asing adalah kalimat .... 1. Akibat kebersihan air yang tidak terjaga, kita beresiko terpapar air yang terkontaminasi kuman. 2. Bank swasta tersebut memiliki jumlah costumer yang cukup besar di Indonesia. 3. Jangan dulu memberikan judgment bahwa seseorang tersebut tidak suka pada kita sebelum kita mengenalnya dengan baik.

No comments:

Post a Comment