No 1.
Dari berbagai definisi yang dikemukakan oleh para ahli,
dapat disimpulkan bahwa tes merupakan alat ukur untuk memperoleh informasi
tentang
A.
hasil belajar siswa
B.
kinerja guru
C.
mutu pendidikan
D.
kemajuan sekolah
No 2.
Pernyataan yang menunjukkan perbedaan antara asesmen dan
evaluasi dalam pembelajaran adalah ....
A.
asesmen adalah keputusan sedangkan evaluasi
proses pengambilan keputusan
B.
lingkup asesmen adalah individu siswa sedangkan
lingkup evaluasi adalah program pendidikan.
C.
asesmen identik dengan tes sedangkan evaluasi
identik dengan nontes
D.
asesmen bersifat kualitatif sedangkan evaluasi
bersifat kuantitatif
No 3.
Suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh informasi
tentang efektivitas suatu program pembelajaran disebut ....
A.
tes
B.
evaluasi.
C.
pengukuran
D.
asesmen
No 4.
Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat
menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai
aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ….
A.
terbuka
B.
menyeluruh.
C.
bermakna
D.
adil
No 5.
Pergeseran paradigma dalam penilaian hasil belajar
akhir-akhir ini disebabkan oleh suatu pendapat bahwa ....
A.
terjadi perkembangan kurikulum yang sangat pesat
B.
terjadi perkembangan iptek di bidang penilaian
hasil belajar
C.
tes tidak mampu mengukur kemampuan siswa yang
sebenarnya
D.
tes tidak mampu mengukur kinerja guru secara
akurat
No 6.
Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi
beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya. dilihat dari fungsinya maka tes
tersebut termasuk pada jenis tes ....
A.
seleksi
B.
Penempatan
D.
bakat
No 7.
Untuk mengukur kemampuan kognitif tinggi dan menghindari
tebakan dalam menjawab soal, ragam tes pilihan ganda yang paling tepat adalah
....
A.
melengkapi pilihan
B.
hubungan antar hal
C.
membaca diagram.
D.
melengkapi berganda
No 8.
Berikut ini adalah kelemahan-kelemahan dari tes dalam bentuk
objektif, kecuali ....
A.
mudah melakukan koreksi
B.
cenderung untuk mengukur tingkat kognitif rendah
C.
sulit dalam penyusunan butir soal
D.
tidak dapat digunakan untuk menggali ide
No 9.
Sesuai dengan karakteristik tes dalam bentuk uraian/mampu
mengukur proses berpikir tinggi, maka unjuk kerja siswa yang paling tepat
diukur dengan tes uraian adalah ….
A.
mengingat
B.
memahami
C.
menerapkan
D. menganalisis
No 10.
Perhatikan butir soal uraian berikut.
Sebutkan 3 buah sungai di proninsi Jawa Barat yang bermuara
di Laut Jawa.
Butir soal tersebut ….
A.
cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan
sudah terukur
B.
cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang
mudah dimengerti
C.
jelek karena hanya megukur tingkat berpikir
rendah /ranah ingatan
D.
jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat
pendek
jawabannya mana
ReplyDelete