Friday, May 18, 2012

Soal Ujian Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301 (bagian 1)


No 1.
Dari berbagai definisi yang dikemukakan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa tes merupakan alat ukur untuk memperoleh informasi tentang
A.      hasil belajar siswa
B.      kinerja guru
C.      mutu pendidikan
D.      kemajuan sekolah

No 2.
Pernyataan yang menunjukkan perbedaan antara asesmen dan evaluasi dalam pembelajaran adalah ....
A.      asesmen adalah keputusan sedangkan evaluasi proses pengambilan keputusan
B.      lingkup asesmen adalah individu siswa sedangkan lingkup evaluasi adalah program pendidikan.
C.      asesmen identik dengan tes sedangkan evaluasi identik dengan nontes
D.      asesmen bersifat kualitatif sedangkan evaluasi bersifat kuantitatif

No 3.
Suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektivitas suatu program pembelajaran disebut ....
A.      tes
B.      evaluasi.
C.      pengukuran
D.      asesmen

No 4.
Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ….
A.      terbuka
B.      menyeluruh.
C.      bermakna
D.      adil

No 5.
Pergeseran paradigma dalam penilaian hasil belajar akhir-akhir ini disebabkan oleh suatu pendapat bahwa ....
A.      terjadi perkembangan kurikulum yang sangat pesat
B.      terjadi perkembangan iptek di bidang penilaian hasil belajar
C.      tes tidak mampu mengukur kemampuan siswa yang sebenarnya
D.      tes tidak mampu mengukur kinerja guru secara akurat

No 6.
Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya. dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes ....
A.      seleksi
B.      Penempatan
C.      Pre Test-pos test
D.      bakat

No 7.
Untuk mengukur kemampuan kognitif tinggi dan menghindari tebakan dalam menjawab soal, ragam tes pilihan ganda yang paling tepat adalah ....
A.      melengkapi pilihan
B.      hubungan antar hal
C.      membaca diagram.
D.      melengkapi berganda

No 8.
Berikut ini adalah kelemahan-kelemahan dari tes dalam bentuk objektif, kecuali ....
A.      mudah melakukan koreksi
B.      cenderung untuk mengukur tingkat kognitif rendah
C.      sulit dalam penyusunan butir soal
D.      tidak dapat digunakan untuk menggali ide

No 9.
Sesuai dengan karakteristik tes dalam bentuk uraian/mampu mengukur proses berpikir tinggi, maka unjuk kerja siswa yang paling tepat diukur dengan tes uraian adalah ….
A.      mengingat
B.      memahami
C.      menerapkan
D.   menganalisis 

No 10.
Perhatikan butir soal uraian berikut.
Sebutkan 3 buah sungai di proninsi Jawa Barat yang bermuara di Laut Jawa.
Butir soal tersebut ….
A.      cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukur
B.      cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti
C.      jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah /ranah ingatan
D.      jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek

1 comment: