No 21.
a.
salah, sebab rasa hormat anak kepada pak Bonar
karena ada unsur takut, sementara dengan pak Ali karena mereka segan
b.
salah, sebab seharusnya rasa hormat anak kepada
guru, tidak dibeda-bedakan dengan bidang studi yang diajarkannya
c.
salah, rasa takut untuk berbuat kesalahan harus
tumbuh menjadi kesadaran diri bukan karena terpaksa
d.
benar, sebab guru yang berwibawa dan menyayangi
mereka akan menumbuhkan rasa segan dan hormat dengan sendirinya
No 22.
a.
salah, sebab behavior memandang tingkah laku
yang baik adalah akibat adanya aksi, dan reaksi organisme terhadap
lingkungannya
b.
salah, Progresivisme merupakan gerakan yang
dilandasi oleh filsafat tertentu dan menentang sekolah atau pendidikan yang
tradisional
c.
benar, sebab pandangan humanisme terhadap
pendidikan seperti tersebut di atas
d.
salah, aliran ini menganggap guru perlu untuk
menekankan pemahaman hubungan pengorganisasian dan kebulatan dalam belajar
No 23.
a.
salah, sebab rumusan butir A merupakan uraian
dari spasial
b.
salah, sebab rumusan butir B merupakan uraian
dari temporal
c.
salah, sebab rumusan butir C merupakan uraian
dari dinamis
d.
benar, sebab pluralistis membicarakan
tentang pentingnya hubungan yang dapat menimbulkan pengalaman
No 24.
a.
salah, sebab behaviorisme adalah aliran yang
memandang bahwa perubahan tingkah laku dalam belajar yang terpenting
b.
betul, sebab pendidikan menurutnya adalah
nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut dan abadi
c.
salah, sebab nativisme adalah aliran yang
berpandangan bahwa hereditas adalah faktor yang paling penting bagi pertumbuhan
manusia
d.
salah, sebab konvergensi adalah aliran yang
berpandangan bahwa faktor hereditas, lingkungan dan pendidikan, sama-sama
pentingnya bagi manusia
No 25.
a.
salah, sebab perenialisme adalah aliran yang
percaya pada nilai-nilai dan norma-norma yang abadi dalam kehidupan
b.
salah, sebab aliran ini merupakan gerakan
pendidikan yang dilakukan oleh suatu perkumpulan yang dilandasai oleh filsafat
tertentu
c.
benar, sebab aliran ini berimplikasi pada dunia
pendidikan yang berlandaskan norma dan nilai-nilai yang abadi
d.
benar, sebab aliran ini berimplikasi pada
dunia pendidikan yang berlandaskan norma dan nilai-nilai yang abadi
No 26.
a.
salah, pendidikan pada masa ini masih bersifat
aristokratis, pendidikan ditujukan hanya kepada anak-anak Brahmana dan Kesatrya
saja
b.
benar, sebab pendidikan pada masa Islam
tidak membeda-bedakan peserta didiknya
c.
salah, sebab pendidikan pada masa ini lebih
menekankan kepada penyebaran agama Katolik
d.
salah, sebab awal misi pendidikan zaman ini
adalah misi keagamaan (penyebaran agama Protestan)
No 27.
a.
salah, sebab UUD ini tidak pernah digunakan
sebagai landasan pendidikan di Indonesia
b.
salah, sebab UU ini digunakan sebagai pengganti
UUD RIS dan UU sementara RI
c.
salah, sebab UU ini adalah UU terbaru yang
digunakan setelah tahun 1954
d.
benar, sebab UU ini digunakan sebagai
pedoman penyelenggaraan pendidikan di Indonesia
No 28.
a.
salah, sebab rendahnya relevansi pendidikan
merupakan bagian dari tantangan
b.
benar, sebab terbatasnya jumlah guru yang
berkualitas merupakan kendala yang belum dapat dipenuhi oleh pemerintah
c.
salah, sebab tingginya angka putus sekolah
merupakan bagian dari tantangan
d.
salah, sebab kurangnya peran dunia usaha dalam
pendidikan nasional merupakan bagian dari tantangan
No 29.
a.
benar, sebab Taman Siswa pernah dua kali
memiliki asas pendidikan, yaitu asas Taman Siswa 1922 dan Panca Darma
b.
Salah, sebab Muhamadiyah merupakan salah satu
organisasi yang memiliki asas agama Islam
c.
Salah, sebab INS memiliki asas lebih kepada
latihan skill
d.
Salah, sebab Pesantern Tebu Ireng berasaskan
agama Islam
No 30.
a.
salah, sebab sistem religi dan upacara keagamaan
merupakan unsur-unsur universal kebudayaan
b.
salah, sebab keseluruhan sistem gagasan,
tindakan dan hasil karya manusia, merupakan definisi kebudayaan
c.
salah, sebab suatu komplek aktivitas kelakuan
berpola dari manusia merupakan wujud kebudayaan
d.
benar, sebab merupakan salah satu
karakteristik kebudayaan
No comments:
Post a Comment