Kategori

Saturday, May 26, 2012

Kunci Jawaban Ujian Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301 (bagian 1)


No 1.
a.        Betul, karena fungsi tes adalah untuk mengukur hasil belajar setelah mengikuti program pembelajaran
b.        Salah, karena untuk mengukur kinerja guru diperlukan alat ukur lain yang lebih kompleks
c.         Salah, karena mutu pendidikan tidak hanya ditentukan oleh hasil belajar siswa saja
d.        Salah, karena mutu pendidikan meliputi berbagai bidang tidak hanya hasil tes saja

No 2.
a.         Salah, karena asesmen bukan merupakan suatu keputusan
b.        Betul, karena antara asemen dan evaluasi adalah suatu penilaian yang berbeda ruang lingkupnya
c.         Salah, untuk melakukan evaluasi dapat mengguanan tes mapun non-tes
d.        salah, karena kualitatif /kuantitatif tidak dapat membedakan keduanya

No 3.
a.         Salah, karena tes lebih menitikberatkan pada hasil belajar siswa
b.        Betul, karena fungsi/kedudukan evaluasi adalah untuk mengukur efektivitas setiap komponen dalam program pembelajaran
c.         salah, karena hasil pengukuran berupa data kuantitatif yang harus dianalisis lebih lanjut sebagai sumber informasi
d.        salah, karena ruang lingkup asesmen adalah individu siswa bukan program pembelajaran

No 4.
a.         Salah, karena terbuka berarti penilaian tersebut dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan
b.        Betul, karena menyeluruh berarti sesuai dengan kurikulum dan meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor
c.         Salah, karena penilaian yang bermakna artinya dapat menunjukkan keunggulan dan kelemahan siswa
d.        salah, karena adil berarti setiap siswa memeperoleh kesempatan dan perlakuan yang sama

No 5.
a.         Salah, karena perkembangan kurikulum bukan penyebab terjadinya pergeseran paradigma penilaian
b.        Salah, karena perkembangan iptek bukan penyebab terjadinya pergeseran paradigma penilaian
c.         Betul, karena tujuan penilaian hasil belajar adalah untuk mengukur kemampuan siswa secara nyata yang tak dapat diukur dengan tes
d.        salah, kinerja guru tidak dapat diukur dengan penilaian hasil belajar saja

No 6.
a.         Salah, karena fungsi tes seleksi untuk menentukan diterima/tidaknya seseorang siswa di sekolah tertentu
b.        Betul, karena fungsi tes penempatan adalah untuk menempatkan/mengelompokkan siswa sesuai dengan tingkat kemampuan
c.         Salah, karena fungsi pre test-post test untuk melihat sejauh mana siswa telah menguasai materi yang akan diajarkan
d.        salah, karena fungsi tes bakat untuk mengetahui bakat seseorang

No 7.
a.         Salah, karena soal dengan ragam ini lebih banyak mengukur tingkat kognitif rendah
b.        Salah, karena dengan soal ragam ini tingkat kesulitannya masih rendah
c.         Betul, karena diperlukan tingkat kognitif tinggi untuk membaca diagram dengan benar
d.        salah, karena soal ragam ini merupakan pengembangan dari bentuk melengkapi

No 8.
a.        Betul, karena pilihan jawaban A adalah salah satu kelebihan tes objektif.
b.        Salah , karena pilihan jawaban B merupakan kelemahan tes objektif
c.         Salah , karena pilihan jawaban C merupakan kelemahan tes objektif
d.        salah karena, pilihan D merupakan kelemahan tes objektif

No 9.
a.         Salah, karena mengingat tidak termasuk proses berpikir tinggi
b.        Salah, karena memahami tidak termasuk proses berpikir tinggi
c.         Salah, karena aplikasi masih dapat diukur dengan tes objektif
d.        betul, karena mengabaikan keseimbangan badan merupakan hal yang harus dihindari

No 10.
a.         Salah, karena walaupun ada batasan jawaban, soal uraian tidak tepat untuk mengukur ingatan
b.        Salah, karena ditulus dengan bahasa yang baik tapi tidak mengukur ranah berpikir yang tinggi
c.         Betul, karena soal tersebut memang jelek karena hanya mengukur tingkat berpikir rendah
d.        salah, karena alasan yang dikemukakan tidak tepat

No comments:

Post a Comment