No 1.
a.
Betul, karena fungsi tes adalah untuk
mengukur hasil belajar setelah mengikuti program pembelajaran
b.
Salah, karena untuk mengukur kinerja guru
diperlukan alat ukur lain yang lebih kompleks
c.
Salah, karena mutu pendidikan tidak hanya
ditentukan oleh hasil belajar siswa saja
d.
Salah, karena mutu pendidikan meliputi berbagai
bidang tidak hanya hasil tes saja
No 2.
a.
Salah, karena asesmen bukan merupakan suatu
keputusan
b.
Betul, karena antara asemen dan evaluasi
adalah suatu penilaian yang berbeda ruang lingkupnya
c.
Salah, untuk melakukan evaluasi dapat mengguanan
tes mapun non-tes
d.
salah, karena kualitatif /kuantitatif tidak
dapat membedakan keduanya
No 3.
a.
Salah, karena tes lebih menitikberatkan pada
hasil belajar siswa
b.
Betul, karena fungsi/kedudukan evaluasi
adalah untuk mengukur efektivitas setiap komponen dalam program pembelajaran
c.
salah, karena hasil pengukuran berupa data
kuantitatif yang harus dianalisis lebih lanjut sebagai sumber informasi
d.
salah, karena ruang lingkup asesmen adalah
individu siswa bukan program pembelajaran
No 4.
a.
Salah, karena terbuka berarti penilaian tersebut
dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan
b.
Betul, karena menyeluruh berarti sesuai
dengan kurikulum dan meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor
c.
Salah, karena penilaian yang bermakna artinya
dapat menunjukkan keunggulan dan kelemahan siswa
d.
salah, karena adil berarti setiap siswa
memeperoleh kesempatan dan perlakuan yang sama
No 5.
a.
Salah, karena perkembangan kurikulum bukan
penyebab terjadinya pergeseran paradigma penilaian
b.
Salah, karena perkembangan iptek bukan penyebab
terjadinya pergeseran paradigma penilaian
c.
Betul, karena tujuan penilaian hasil
belajar adalah untuk mengukur kemampuan siswa secara nyata yang tak dapat
diukur dengan tes
d.
salah, kinerja guru tidak dapat diukur dengan
penilaian hasil belajar saja
No 6.
a.
Salah, karena fungsi tes seleksi untuk
menentukan diterima/tidaknya seseorang siswa di sekolah tertentu
b.
Betul, karena fungsi tes penempatan
adalah untuk menempatkan/mengelompokkan siswa sesuai dengan tingkat kemampuan
c.
Salah, karena fungsi pre test-post test untuk
melihat sejauh mana siswa telah menguasai materi yang akan diajarkan
d.
salah, karena fungsi tes bakat untuk mengetahui
bakat seseorang
No 7.
a.
Salah, karena soal dengan ragam ini lebih banyak
mengukur tingkat kognitif rendah
b.
Salah, karena dengan soal ragam ini tingkat
kesulitannya masih rendah
c.
Betul, karena diperlukan tingkat kognitif
tinggi untuk membaca diagram dengan benar
d.
salah, karena soal ragam ini merupakan
pengembangan dari bentuk melengkapi
No 8.
a.
Betul, karena pilihan jawaban A adalah
salah satu kelebihan tes objektif.
b.
Salah , karena pilihan jawaban B merupakan
kelemahan tes objektif
c.
Salah , karena pilihan jawaban C merupakan
kelemahan tes objektif
d.
salah karena, pilihan D merupakan kelemahan tes
objektif
No 9.
a.
Salah, karena mengingat tidak termasuk proses
berpikir tinggi
b.
Salah, karena memahami tidak termasuk proses
berpikir tinggi
c.
Salah, karena aplikasi masih dapat diukur dengan
tes objektif
d.
betul, karena mengabaikan keseimbangan
badan merupakan hal yang harus dihindari
No 10.
a.
Salah, karena walaupun ada batasan jawaban, soal
uraian tidak tepat untuk mengukur ingatan
b.
Salah, karena ditulus dengan bahasa yang baik
tapi tidak mengukur ranah berpikir yang tinggi
c.
Betul, karena soal tersebut memang jelek
karena hanya mengukur tingkat berpikir rendah
d.
salah, karena alasan yang dikemukakan tidak
tepat
No comments:
Post a Comment