1.
Karakteristik Kurikulum tahun 1994 dilihat dari
materi pelajaran ditata secara terpadu sedangkan keluasan materi diserahkan
kepada guru selaku pengembang kurikulum, hal ini berbeda dengan karakteristik
kurikulum tahun 2006 dengan karakteristik ... .
A.
lebih simpel dan efektif serta berorientasi pada
kompetensi dasar dan standar kompetensi
B.
materi disajikan secara terpisah atau
broad-field
C.
materi sangat padat yang terbagi kedalam pokok
bahasan
D.
menggunakan pendekatan spiral dari lingkungan
terdekat dan sederhana sampai ke lingkungan makin luas dan kompleks
2.
Latar belakang dan landasan Kurikulum Pendidikan
IPS SD tahun 1994 dipusatkan pada ketiga kemampuan dasar yaitu membaca, menulis
dan berhitung sedangkan kurikulum tahun 2006 berlandaskan pada ... .
A.
sejarah nasional sebagai sub bidang studi IPS
dan diajarkan secara terpisah
B.
menekankan pada ketercapaian kompetensi dasar
dari standar kompetensi yang disyaratkan pada setiap kelas
C.
materi pendidikan IPS dipisahkan dan dimasukkan
ke dalam kurikulum pendidikan moral Pancasila
D.
penyusunan IPS berdasarkan pada pendekatan
spiral
3.
Ilmu Sosial dapat menciptakan tenaga ahli
dibidangnya sedangkan IPS (Study Social) akan membentuk warganegara yang
berkemampuan sosial, pernyataan ini merupakan perbedaan antara IPS dan Ilmu
Sosial dilihat dari ... .
A.
tujuan
B.
pengertian
C.
objek
D.
pendekatan
4.
Hasil observasi yang dapat dibuktikan secara
empiris adalah fakta sedangkan kejadian yang pernah terjadi tetapi masih harus
dibuktikan kebenarannya adalah perbedaan pengertian antara fakta dan ... .
A.
peristiwa
B.
generalisasi
C.
konsep
D.
sejarah
5.
Dari pernyataan berikut merupakan contoh dari
keterampilan sosial dalam proses belajar mengajar ... .
A.
pada akhir pembelajaran IPS siswa diberi tugas
membuat laporan karyawisata
B.
memimpin diskusi kelompok dalam topik “Banjir”
C.
siswa dapat menggunakan globe dengan benar
D.
siswa dapat mencari Topik “Kerawanan sosial”
dari majalah atau surat kabar
6.
Dari Topik “Wilayah Indonesia berpotensi gempa”
pilihlah pernyataan yang membedakan contoh konsep dan generalisasi :
A.
letak wilayah gempa – pada pukul 9.00 WIB
terjadi gempa di kepulauan Nias
B.
gempa bumi di lautan Hindia – wilayah gempa di
Indonesia dapat dilihat pada Peta
C.
gempa Tektonik – gempa yang dahsyat di atas 5
skala Richter
D.
pada tahun 2005 terjadi gempa di Aceh – luas
daerah gempa mencapai 15 kilometer
7.
Keterampilan siswa siswa kelas 5 dan 6 untuk
memperoleh informasi, membentuk konsep, berfikir kritis, mengambil keputusan,
menggunakan media dalam menafsirkan fakta untuk menyusun laporan merupakan
keterampilan ... .
A.
personal
B.
intelektual
C.
sosial
D.
modifikasi prilaku
8.
Dalam topik “Zaman pergerakan Nasional’ contoh
keterkaitan antara fakta dan konsep dari pernyataan berikut adalah :
A.
Gambar tokoh-tokoh pergerakan Nasional – Zaman
Kolonialisme
B.
Naskah Sumpah Pemuda - Perwujudan Naionalisme
sesuai dengan jamannya
C.
Persatuan Bangsa – penjajahan menimbulkan
konflik
D.
Pertempuran 10 Nopember di Surabaya – Peringatan
Sumpah Pemuda
9.
Berikut ini yang bukan merupakan tujuan
pengajaran globalisasi sebagai pengaruh trend globalisasi terhadap pembelajaran
IPS :
A.
membantu siswa mengembangkan kemampuan pemahaman
bahwa manusia memiliki saling ketergantungan
B.
membantu siswa bahwa sebagai bangsa memiliki
masalah yang sama seperti kelebihan penduduk, pencemaran, dan kelaparan
C.
membantu siswa mengembangkan kemampuan berfikir
kritis terhadap masalah dan keterampilan menganalisis
D.
menyikapi globalisasi dari segi keuntungan saja
10.
Proses asimilasi dapat terjadi secara lambat
seperti hubungan masyarakat China dengan masyarakat Yogjakarta menurut
penelitian lambatnya proses asimilasi disebabkan oleh sikap toleransi dan
simpati yang kurang diantara ke dua bangsa tersebut hal ini menimbulkan ... .
A.
stereotype dalam kelompok primondial
B.
etnocentrisme
C.
budaya mayoritas antipati terhadap budaya
minoritas
D.
masyarakat dengan latar budaya yang berbeda
No comments:
Post a Comment