Friday, April 20, 2012

Soal Ujian Pend. IPS di SD PDGK4106 (bagian 1)


1.    Karakteristik Kurikulum tahun 1994 dilihat dari materi pelajaran ditata secara terpadu sedangkan keluasan materi diserahkan kepada guru selaku pengembang kurikulum, hal ini berbeda dengan karakteristik kurikulum tahun 2006 dengan karakteristik ... .
A.        lebih simpel dan efektif serta berorientasi pada kompetensi dasar dan standar kompetensi
B.        materi disajikan secara terpisah atau broad-field
C.        materi sangat padat yang terbagi kedalam pokok bahasan
D.        menggunakan pendekatan spiral dari lingkungan terdekat dan sederhana sampai ke lingkungan makin luas dan kompleks

2.    Latar belakang dan landasan Kurikulum Pendidikan IPS SD tahun 1994 dipusatkan pada ketiga kemampuan dasar yaitu membaca, menulis dan berhitung sedangkan kurikulum tahun 2006 berlandaskan pada ... .
A.        sejarah nasional sebagai sub bidang studi IPS dan diajarkan secara terpisah
B.        menekankan pada ketercapaian kompetensi dasar dari standar kompetensi yang disyaratkan pada setiap kelas
C.        materi pendidikan IPS dipisahkan dan dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan moral Pancasila
D.        penyusunan IPS berdasarkan pada pendekatan spiral

3.    Ilmu Sosial dapat menciptakan tenaga ahli dibidangnya sedangkan IPS (Study Social) akan membentuk warganegara yang berkemampuan sosial, pernyataan ini merupakan perbedaan antara IPS dan Ilmu Sosial dilihat dari ... .
A.        tujuan
B.        pengertian
C.        objek
D.        pendekatan

4.    Hasil observasi yang dapat dibuktikan secara empiris adalah fakta sedangkan kejadian yang pernah terjadi tetapi masih harus dibuktikan kebenarannya adalah perbedaan pengertian antara fakta dan ... .
A.        peristiwa
B.        generalisasi
C.        konsep
D.        sejarah

5.    Dari pernyataan berikut merupakan contoh dari keterampilan sosial dalam proses belajar mengajar ... .
A.        pada akhir pembelajaran IPS siswa diberi tugas membuat laporan karyawisata
B.        memimpin diskusi kelompok dalam topik “Banjir”
C.        siswa dapat menggunakan globe dengan benar
D.        siswa dapat mencari Topik “Kerawanan sosial” dari majalah atau surat kabar

6.    Dari Topik “Wilayah Indonesia berpotensi gempa” pilihlah pernyataan yang membedakan contoh konsep dan generalisasi :
A.        letak wilayah gempa – pada pukul 9.00 WIB terjadi gempa di kepulauan Nias
B.        gempa bumi di lautan Hindia – wilayah gempa di Indonesia dapat dilihat pada Peta
C.        gempa Tektonik – gempa yang dahsyat di atas 5 skala Richter
D.        pada tahun 2005 terjadi gempa di Aceh – luas daerah gempa mencapai 15 kilometer

7.    Keterampilan siswa siswa kelas 5 dan 6 untuk memperoleh informasi, membentuk konsep, berfikir kritis, mengambil keputusan, menggunakan media dalam menafsirkan fakta untuk menyusun laporan merupakan keterampilan ... .
A.        personal
B.        intelektual
C.        sosial
D.        modifikasi prilaku

8.    Dalam topik “Zaman pergerakan Nasional’ contoh keterkaitan antara fakta dan konsep dari pernyataan berikut adalah :
A.        Gambar tokoh-tokoh pergerakan Nasional – Zaman Kolonialisme
B.        Naskah Sumpah Pemuda - Perwujudan Naionalisme sesuai dengan jamannya
C.        Persatuan Bangsa – penjajahan menimbulkan konflik
D.        Pertempuran 10 Nopember di Surabaya – Peringatan Sumpah Pemuda

9.    Berikut ini yang bukan merupakan tujuan pengajaran globalisasi sebagai pengaruh trend globalisasi terhadap pembelajaran IPS :
A.        membantu siswa mengembangkan kemampuan pemahaman bahwa manusia memiliki saling ketergantungan
B.        membantu siswa bahwa sebagai bangsa memiliki masalah yang sama seperti kelebihan penduduk, pencemaran, dan kelaparan
C.        membantu siswa mengembangkan kemampuan berfikir kritis terhadap masalah dan keterampilan menganalisis
D.        menyikapi globalisasi dari segi keuntungan saja

10.     Proses asimilasi dapat terjadi secara lambat seperti hubungan masyarakat China dengan masyarakat Yogjakarta menurut penelitian lambatnya proses asimilasi disebabkan oleh sikap toleransi dan simpati yang kurang diantara ke dua bangsa tersebut hal ini menimbulkan ... .
A.        stereotype dalam kelompok primondial
B.         etnocentrisme
C.         budaya mayoritas antipati terhadap budaya minoritas
D.        masyarakat dengan latar budaya yang berbeda

No comments:

Post a Comment