Friday, April 20, 2012

Kunci Jawaban Ujian Pend. IPS di SD PDGK4106 (bagian 1)


1.       A. benar, karena lebih simpel dan efektif serta berorientasi pada kompetensi dasar dengan kata kerja operasional
B. salah, karena merupakan ciri kurikulum tahun 1986 dan sebelumnya
C. salah, karena merupakan ciri kurikulum 1994 dan tahun sebelumnya
D. salah, karena juga merupakan ciri kurikulum 1994 dan tahun sebelumnya


2.       A. salah, karena untuk landasan kurikulum tahun 1986
B. benar, karena menekankan pada ketercapaian kompetensi dasar dari standar kompetensi
C. salah, karena untuk kurikulum tahun 1975 sedangkan 
D. salah, karena untuk kurikulum tahun 1994

3.       A. benar, karena dilihat dari Tujuannya Ilmu Sosial dan IPS mempunyai perbedaan yaitu menciptakan                tenaga ahli dibidangnya sedangkan IPS (Study Social) akan membentuk warganegara yang                          berkemampuan social
B. salah, karena dari pengertian ilmu sosial dan IPS perbedaannya adalah menelaah gejala dan masalah sosial di masyarakat ditinjau dari berbagai aspek kehidupan secara terpadu
c. salah, karena objek ilmu sosial dilihat dari aspek kehidupan manusia dikaji secara terlepas, sehingga melahirkan satu bidang ilmu, sedangkan IPS dikaji secara keseluruhan dan tidak melahirkan bidang ilmu
d. salah, karena pendekatan ilmu sosial berdasarkan disipliner, sedangkan IPS multidisiplin dan lintas sektoral

4.       A. benar, karena Hasil observasi yang dapat dibuktikan secara empiris adalah fakta dan Peristiwa adalah kejadian yang pernah terjadi tetapi masih harus dibuktikan kebenarannya
b. salah, karena generalisasi adalah abstraksi yang terikat pada konsep
c. salah, karena Konsep adalah pengungkapan abstrak yang bertujuan mengklasifikasikan suatu benda, gagasan atau peristiwa
d. salah, karena Sejarah peristiwa yang terjadi pada masa lampau

5.       A. benar, karena contoh membuat laporan karyawisata merupakan salah satu bentuk keterampilan sosial
b. salah, karena Memimpin diskusi kelompok dalam topik “Banjir” merupakan keterampilan personal
c. salah, karena Siswa dapat menggunakan globe dengan benar merupakan keterampilan intelektual
d. salah, karena Siswa dapat mencari Topik “Kerawanan sosial” dari majalah atau surat kabar merupakan keterampilan intelektual

6.       A. salah, karena Letak wilayah gempa adalah konsep sedangkan, pada pukul 9.00 WIB terjadi gempa di kepulauan Nias merupakan (peristiwa)
b. salah, karena Gempa bumi di lautan Hindia adalah (fakta) – sedangkan wilayah gempa di Indonesia dapat dilihat pada Peta merupakan (fakta)
c. benar, karena gempa tektonik adalah konsep sedangkan gempa yang dahsyat di atas 5 skala Richter merupakan (generalisasi)
d. salah, karena kalimat tersebut merupakan peristiwa dan fakta

7.       A. salah, karena keterampilan personal siswa seperti mempelajari konsep, membaca peta, dan mencari informasi
b. benar, karena keterampilan intelektual siswa adalah memperoleh informasi, membentuk konsep, berfikir kritis, mengambil keputusan, menggunakan media dalam menafsirkan fakta untuk menyusun laporan
c. salah, karena keterampilan sosial membuat laporan karyawisata
d. salah, karena modifikasi prilaku

8.       A. benar , karena gambar tokoh pergerakan Nasional adalah fakta – sedangkan Zaman Kolonialisme adalah konsep
b. salah, karena Naskah Sumpah Pemuda (fakta) - Perwujudan Naionalisme sesuai dengan jamannya (generalisasi)
c. salah, karena Persatuan Bangsa (konsep) - penjajahan menimbulkan konflik (generalisasi)
d. salah, karena Pertempuran 10 Nopember di Surabaya (peristiwa) - Peringatan Sumpah Pemuda (fakta)

9.       A. salah, karena merupakan jawaban yang memang sebenarnya merupakan tujuan tujuan pembelajaran IPS sebagai adanya pengaruh globalisasi
b. salah, karena merupakan jawaban yang memang sebenarnya merupakan tujuan tujuan pembelajaran IPS sebagai adanya pengaruh globalisasi
c. salah, karena merupakan jawaban yang memang sebenarnya merupakan tujuan tujuan pembelajaran IPS sebagai adanya pengaruh globalisasi
d. benar , karena menyikapi globalisasi dari segi keuntungan saja bukan merupakan tujuan pembelajaran IPS sebagai adanya pengaruh globalisasi

10.   A. benar, sebab kasus tersebut merupakan Stereotype dalam kelompok primondial
b. salah, karena jawaban ketiganya bukan salah satu contoh dari keterlambatan proses asimilasi
c. salah, karena jawaban ketiganya bukan salah satu contoh dari keterlambatan proses asimilasi
d. salah, karena jawaban ketiganya bukan salah satu contoh dari keterlambatan proses asimilasi

No comments:

Post a Comment