1.
A. benar, karena lebih simpel dan efektif serta
berorientasi pada kompetensi dasar dengan kata kerja operasional
B. salah, karena merupakan ciri kurikulum
tahun 1986 dan sebelumnya
C. salah, karena merupakan ciri kurikulum
1994 dan tahun sebelumnya
D. salah, karena juga merupakan ciri
kurikulum 1994 dan tahun sebelumnya
2.
A. salah, karena untuk landasan kurikulum tahun
1986
B. benar, karena menekankan pada
ketercapaian kompetensi dasar dari standar kompetensi
C. salah, karena untuk kurikulum tahun 1975
sedangkan
D. salah, karena untuk kurikulum tahun 1994
3.
A. benar, karena dilihat dari Tujuannya Ilmu
Sosial dan IPS mempunyai perbedaan yaitu menciptakan tenaga ahli dibidangnya
sedangkan IPS (Study Social) akan membentuk warganegara yang berkemampuan social
B. salah, karena dari pengertian ilmu
sosial dan IPS perbedaannya adalah menelaah gejala dan masalah sosial di
masyarakat ditinjau dari berbagai aspek kehidupan secara terpadu
c. salah, karena objek ilmu sosial dilihat
dari aspek kehidupan manusia dikaji secara terlepas, sehingga melahirkan satu
bidang ilmu, sedangkan IPS dikaji secara keseluruhan dan tidak melahirkan
bidang ilmu
d. salah, karena pendekatan ilmu sosial berdasarkan
disipliner, sedangkan IPS multidisiplin dan lintas sektoral
4.
A. benar, karena Hasil observasi yang dapat
dibuktikan secara empiris adalah fakta dan Peristiwa adalah kejadian yang
pernah terjadi tetapi masih harus dibuktikan kebenarannya
b. salah, karena generalisasi adalah
abstraksi yang terikat pada konsep
c. salah, karena Konsep adalah pengungkapan
abstrak yang bertujuan mengklasifikasikan suatu benda, gagasan atau peristiwa
d. salah, karena Sejarah peristiwa yang
terjadi pada masa lampau
5.
A. benar, karena contoh membuat laporan
karyawisata merupakan salah satu bentuk keterampilan sosial
b. salah, karena Memimpin diskusi kelompok
dalam topik “Banjir” merupakan keterampilan personal
c. salah, karena Siswa dapat menggunakan
globe dengan benar merupakan keterampilan intelektual
d. salah, karena Siswa dapat mencari Topik
“Kerawanan sosial” dari majalah atau surat kabar merupakan keterampilan
intelektual
6.
A. salah, karena Letak wilayah gempa adalah
konsep sedangkan, pada pukul 9.00 WIB terjadi gempa di kepulauan Nias merupakan
(peristiwa)
b. salah, karena Gempa bumi di lautan
Hindia adalah (fakta) – sedangkan wilayah gempa di Indonesia dapat dilihat pada
Peta merupakan (fakta)
c. benar, karena gempa tektonik adalah
konsep sedangkan gempa yang dahsyat di atas 5 skala Richter merupakan
(generalisasi)
d. salah, karena kalimat tersebut merupakan
peristiwa dan fakta
7.
A. salah, karena keterampilan personal siswa
seperti mempelajari konsep, membaca peta, dan mencari informasi
b. benar, karena keterampilan intelektual
siswa adalah memperoleh informasi, membentuk konsep, berfikir kritis, mengambil
keputusan, menggunakan media dalam menafsirkan fakta untuk menyusun laporan
c. salah, karena keterampilan sosial
membuat laporan karyawisata
d. salah, karena modifikasi prilaku
8.
A. benar , karena gambar tokoh pergerakan
Nasional adalah fakta – sedangkan Zaman Kolonialisme adalah konsep
b. salah, karena Naskah Sumpah Pemuda
(fakta) - Perwujudan Naionalisme sesuai dengan jamannya (generalisasi)
c. salah, karena Persatuan Bangsa (konsep)
- penjajahan menimbulkan konflik (generalisasi)
d. salah, karena Pertempuran 10 Nopember di
Surabaya (peristiwa) - Peringatan Sumpah Pemuda (fakta)
9.
A. salah, karena merupakan jawaban yang memang
sebenarnya merupakan tujuan tujuan pembelajaran IPS sebagai adanya pengaruh
globalisasi
b. salah, karena merupakan jawaban yang
memang sebenarnya merupakan tujuan tujuan pembelajaran IPS sebagai adanya
pengaruh globalisasi
c. salah, karena merupakan jawaban yang
memang sebenarnya merupakan tujuan tujuan pembelajaran IPS sebagai adanya
pengaruh globalisasi
d. benar , karena menyikapi globalisasi
dari segi keuntungan saja bukan merupakan tujuan pembelajaran IPS sebagai
adanya pengaruh globalisasi
10.
A. benar, sebab kasus tersebut merupakan
Stereotype dalam kelompok primondial
b. salah, karena jawaban ketiganya bukan
salah satu contoh dari keterlambatan proses asimilasi
c. salah, karena jawaban ketiganya bukan
salah satu contoh dari keterlambatan proses asimilasi
d. salah, karena jawaban ketiganya bukan salah
satu contoh dari keterlambatan proses asimilasi
No comments:
Post a Comment