Thursday, April 5, 2012

Perkembangan Generatif pada Tumbuhan


Perkembangbiakan generatif terjadi pada tumbuhan yang mempunyai bunga. Perkembangbiakan generatif diawali dengan proses penyerbukan. Penyerbukan  adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari di atas kepala putik. Penyerbukan diikuti dengan pembuahan.
Proses pembuahan merupakan perkembangan bakal buah menjadi buah dan biji.
Bagian-bagian bunga:
1.Dasar bunga
2. Kelopak bunga
3. Mahkota bunga
4. Putik
5. Benang sari







Putik berfungsi sebagai alat kelamin betina. Putik terdiri dari bakal buah, bakal
biji, tangkai putik, dan kepala putik.



Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan. Benang sari terdiri dari kepala sari dan tangkai sari.


Jenis-jenis penyerbukan antara lain:
1.     Penyerbukan sendiri, Jika serbuk sari yang jatuh di atas kepala putik berasal dari bunga yang sama.

2.    Penyerbukan Tetangga, Jika serbuk sari yang jatuh di atas kepala putik berasal dari bunga yang berbeda tetapi masih satu tanaman.

3.    Penyerbukan silang, Jika serbuk sari yang jatuh di atas kepala putik berasal dari tanaman yang berbeda tetapi masih satu jenis.

4.    Penyerbukan bastar Jika serbuk sari yang jatuh di atas kepala putik berasal dari tanaman yang berbeda, masih satu jenis tapi beda varietas.

5.    Penyerbukan buatan, artinya manusia dengan sengaja menyerbukkan. Hal ini sengaja dilakukan untuk mendapatkan tanaman jenis baru. Misalnya pada tumbuhan vanili.



Umumnya penyerbukan pada bunga dibantu oleh serangga, misalnya lebah dan kupu-kupu. Tanaman yang penyerbukannya dibantu oleh serangga biasanya memiliki mahkota bunga berwarna cerah.
Warna mahkota bunga yang indah berfungsi untuk menarik perhatian serangga. Selain itu, tanaman juga memiliki kelenjar madu yang merupakan makanan bagi serangga.
Perantara penyerbukan lainnya yaitu manusia dan angin. Tanaman yang penyerbukannya dibantu oleh manusia, misalnya Vanili. Sedangkan tanaman yang penyerbukannya dibantu oleh angin, misalnya tanaman jagung dan rumput-rumputan. Tanaman jagung dan rumput-rumputan memiliki serbuk sari yang banyak, kecil, dan ringan. Serbuk sarinya yang ringan mudah diterbangkan oleh angin.
Tanaman yang pernyerbukannya dibantu hewan misalnya jeruk, belimbing, dan kapuk randu.
Berbagai jenis tumbuhan seperti jagung, padi, dan rumput-rumputan, serbuk sarinya terbawa dengan perantaraan angin.
Untuk meningkatkan produksi pertanian, proses penyerbukan dapat dilakukan oleh manusia untuk memperoleh bibit unggul. Contohnya, tanaman anggrek dan buah-buahan.


No comments:

Post a Comment

Post a Comment