No 31.
A.
Salah, karena lempengan dengan membuat lempengan
terlebih dahulu
B.
Salah, karena global adalah membuat bentuk
global terlebih dahulu kemudian dikeruk sedikit demi sedikit akhirnya seperti
yang diharapkan
C. Benar, karena pilin adalah didahului dengan
membuat uliran panjang menyerupai benang atau kawat.
D.
Salah, karena ukir adalah dengan teknik memahat.
No 32.
A. Benar, karena lagu tersebut bercerita
tentang ciptaan Tuhan.
B.
Salah, karena lagu tersebut bercerita tentang
seseorang
C.
Salah, karena lagu tersebut mengenalkan tentang
abjad (huruf).
D.
Salah, karena lagu tersebut mengenalkan ragam
nada.
No 33.
A. Benar, karena gerak wantah adalah gerak murni apa adanya, sehingga anak tidak
mengalami kesulitan
B.
Salah, karena gerak maknawi adalah gerak yang
sudah memiliki makna atau tujuan tertentu
C.
Salah, karena stilisasi adalah proses
terbentuknya sebuah karya tari.
D.
Salah, karena improvisasi adalah tahapan dalam
berkarya tari.
No 34.
A.
Salah, karena sebagai bahasa visual, adalah
salah satu fungsi seni rupa
B.
Salah, karena sebagai media bermain, adalah juga
salah satu fungsi dari seni rupa
C. Benar, karena sebagai tujuan belajar adalah
bagian dari fungsi, bukan menjadi fungsinya itu sendiri.
D.
Salah, karena sebagai media belajar dia menjadi
salah satu fungsi dari seni.
No 35.
A.
Salah, karena rabatement adalah ciri komposisi
gambar anak dimana anak menggambar objek ditampilkan rebah atau tidur yang
sifat gambarnya hampir sama dengan gambar yang berdiri di atas garis datar.
B.
Salah, karena komposisi tipe juntax position
merupakan ciri gambar anak dimana anak meletakkan posisi objek yang jauh berada
di atas objek yang berjarak dekat. Jenis tipe ini mirip seperti pada lukian kuno
di mana objek yang berada di posisi jauh terlihat di atas
C. Benar, karena folding over adalah komposisi
tipe gambar anak yang meletakan objek gambar berdiri di atas garis dasar. Pada
tipe ini tergambar bahwa anak mengalami kebingungan dalam menentukan bentuk
prespektif
D.
Salah, karena transparent adalah komposisi tipe
gambar anak yang menggambar objek yang seharus tidak tampak menjadi tampak,
mirip sifat X-Ray yang tembus pandang.
No 36.
A. Benar, karena tipe haptic adalah jenis
karya gambar anak yang lebih cenderung mengungkapkan rasa daripada pikiran
B.
Salah, karena tipe non-haptic adalah jenis
gambar anak yang lebih mengembangkan pikirannya daripada perasaannya. Melalui
gambarnya pikiran anak dapat dibaca karena bentuk objek mudah dikenali.
C.
Salah, karena tipe willing lebih pada tipe
gambar anak yang bermakna pengharapan akan sesuatu. Tipe harapan (willing type)
dalam gambar anak ditunjukkan oleh tema yang diangkat dalam materi pokok gambar
(subject matter) berupa ungkapan harapan anak terhadap keinginan, cita-cita
atau pun yang lain.
D.
Salah, karena X-Ray adalah tipe atau jenis
komposisi gambar anak.
No 37.
A.
Salah, karena lukisan potret merupakan gambar
wajah seseorang, baik tokoh idola maupun tokoh yang telah berkesan dalam hati
anak
B. Benar, karena lukisan komik adalah lukisan
anak yang memanfaatkan cerita lebih dahulu.
C.
Salah, karena lukisan tipe dekoratif adalah
lukisan yang ditandai dengan munculnya bentuk-bentuk konturistik (berupa garis)
dan jika warna yang dipilih berupa blok warna dengan sedikit nuansa
D.
Salah, karena tipe heroisme adalah lukisan yang
mengungkapkan jiwa patriot melalui cerita kepahlawanan atau kepatriotan.
No 38.
A.
Salah, karena masa realisme semi berlangsung
pada usia 11-14 tahun. Pada masa ini gambar anak sudah detail, namun mengalami
kesulitan mengungkapkan bentuk-bentuk visual. Pikiran anak telah detail,
rasional dan realistis, pengalaman melihat dan mengamati bentuk sudah cukup
detail akan tetapi koordinasi tangan
belum sesuai sehingga karya-karya rupa dikatakan setengah jadi.
B.
Salah, karena realisme awal berada pada rentang
usia 9-11 tahun dimana bentuk yang detail mampu diungkap terutama hal-hal yang
berada di lingkungan sekitar anak.
C.
Salah, karena masa bagan berlangsung antara 7-9
tahun dimana anak sudah mampu menangkap objek secara detail, di mana sisi
perspektif juga mulai tampak.
D. Benar, karena masa prabagan pada umumnya
berada pada rentang usia 4 - 7 tahun. Gambar anak pada masa ini mulai
berkembang dari figur manusia kepala - kaki menjadi manusia - tulang, atau
manusia - batang.
No 39.
A.
Salah, karena Ki Hajar Dewantara katakan: segala
perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, hingga
dapat menggerakkan jiwa dan perasaan manusia
B.
Salah, karena Wadjid Anwar mengatakan: aktivitas
seni membangkitkan dalam diri seseorang suatu perasaan yang pernah
dialaminya,dan setelah perasaan itu timbul, maka dengan perantaraan gerak,
garis, warna, suara, atau bentuk kata-kata, perasaan tadi disampaikan kepada
orang-orang lain agar mereka mengalami perasaan yang sama.
C.
Leo Toltstoy berpendapat: seorang secara sadar
dengan perantaraan tanda-tanda lahiriah tertentu menyampaikan perasaan-perasaan
yang telah dihayatinya kepada orang-orang lain sehingga mereka kejangkitan
perasaan ini
D. Benar, karena Lowenfeld berpendapat:
perkembangan anak membutuhkan keseimbangan antara emosi (perasaan) dengan
pikiran (intellectual) yang dikemas dalam model pengalaman kreatif.
No 40.
A.
Salah karena indikator anak menyukai seni, dia
belum mampu mensistematikan sesuai dengan rancangan berdasarkan rangsang yang
diterimanya.
B.
Salah, indikasi anak sebagai openikmat seni
tidak diperlihatkan dari kemampuannya mensistematikan rancangan karya seninya
berdasarkan rangsang.
C. Benar, karena indikasi anak berbakat seni adalah bila
seorang anak dengan cepat dan tepat menginterpretasi alam kemudian
diekspresikan lewat nada dan irama, atau irama dengan geraknya serta
bentuk-bentuk visual yang diharapkan menjadi simbol ide penciptanya
D.
Salah, karena indikasi anak menghargai seni
diperlihatkan dengan sikap yang kritis terhadap sebuah karya seni
No comments:
Post a Comment