No 41.
A.
Salah, karena proses apresiasi menurut Primadi
ada enam tahap yakni tahap surprise, tahap empati, tahap rasa-betul-estetika,
tahap feeling of content, tahap rasa-benar-etis, dan tahap pesona dan haru.
B.
Salah, karena proses apresiasi menurut Primadi
ada enam tahap yakni tahap surprise, tahap empati, tahap rasa-betul-estetika,
tahap feeling of content, tahap rasa-benar-etis, dan tahap pesona dan haru.
C. Benar, karena proses apresiasi pada diri
seseorang dilalui dalam enam tahap.
D.
Salah, karena proses apresiasi menurut Primadi
ada enam tahap yakni tahap surprise, tahap empati, tahap rasa-betul-estetika,
tahap feeling of content, tahap rasa-benar-etis, dan tahap pesona dan haru.
No 42.
A. Benar, karena model dalam pembelajaran yang
melibatkan penciptaan karya seni adalah model pembelajaran yang membutuhkan
kreativitas siswa disamping penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Disini
model tersebut disebut dengan model kreatif
B.
Salah, karena model integratif lebih menekankan
pada paduan mata pelajaran satu dengan yang lain dilihat dari kepentingan,
topik, sasaran maupun sifat materi pelajaran
C.
Salah, karena model bermain sangat menekankan
pada proses belajar yang dilakukan dikelas sesuai dengan kebiasaan dan karakter
anak yang suka bermain.
D.
Salah, karena model bermain sangat menekankan
pada proses belajar yang dilakukan dikelas sesuai dengan kebiasaan dan karakter
anak yang suka bermain.
No 43.
A. Benar, karena berdasarkan sifat dan fungsi
materi pelajaranlah pembelajaran seni terpadu memadukan materi beberapa mata
pelajaran berdasarkan topik dan tema yang ada pada kurikulum
B.
salah, karena pembelajaran terpadu tidak
memadukan materi beberapa pelajaran berdasarkan ruang lingkup materi, metode,
dan media yang dipilih guru.
C.
salah, karena pembelajaran terpadu tidak
memadukan materi beberapa pelajaran berdasarkan ruang lingkup materi, metode,
dan media yang dipilih guru.
D.
salah, karena pembelajaran terpadu tidak
memadukan materi beberapa pelajaran berdasarkan ruang lingkup materi, metode,
dan media yang dipilih guru.
No 44.
A.
Salah, karena bentuk tersebut lebih mirip
integrated subject matter.
B.
Salah, karena bentuk tersebut bukan single
subject matter
C. Benar, karena bentuk tersebut bercirikan
materi pelajaran dikemas secara terpisah dengan disiplin ilmu tersendiri.
D.
Salah, karena bentuk tersebut adalah bentuk
integrated subject matter.
No 45.
A.
Salah, karena pengembangan materi pembelajaran
terpadu yang bersifat horizontal sangat memperhatikan keterkaitan materi pada
satu mata pelajaran dengan materi pada mata pelajaran yang lainnya
B. Benar, karena sifat dari pengembangan
materi pada pembelajaran terpadu adalah guru tidak melebur materi dari beberapa
mata pelajaran menjadi satu
C.
Salah, karena single subject adalah salah satu
jenis pembelajaran terpadu
D.
Salah, karena integrated subject adalah jenis
lain dari pembelajaran terpadu.
No 46.
A.
Salah, karena pada model pembelajaran terpadu
connected, keterpaduannya tampak pada hubungan antartopik, namun dilaksanakan
secara terpisah.
B.
Salah, karena immersed merupakan model
pembelajaran terpadu yang memadukan atau menyatukan tujuan, walaupun disiplin
ilmu mereka berbeda-beda.
C. Benar, karena model shared walaupun
keterkaitannya belum menyeluruh, namun konsep sudah tampak dipadukan.
D.
Salah, karena model ini merupakan bentuk terpadu
murni yang terletak topik, tema, konsep, strategi dalam gabungan beberapa mata
pelajaran.
No 47.
A.
Salah, karena yang ditanyakan adalah pengolahan
media bukan pada proses pemproduksi karya seni dalam perolehan pengalaman
estetika anak
B. Benar, karena melalui salah satu komponen
seni yakni media anak akan memperoleh pengalaman estetika. Hal ini yang
ditanyakan pada stem pertanyaan ini
C.
Salah, karena yang ditanyakan adalah pengolahan
media bukan pada proses pemproduksi karya seni dalam perolehan pengalaman
estetika anak
D.
Salah, karena yang ditanyakan adalah pengolahan
media bukan pada proses pemproduksi karya seni dalam perolehan pengalaman
estetika anak.
No 48.
A.
Salah, karena pendekatan definitif cenderung
berupa pembelajaran teori atau apresiasi yang bersifat kognitif
B. Benar, karena pendekatan partisipatif
adalah model pembelajaran seni dimana siswa harus aktif berkarya/berproduksi
seni.
C.
Salah, karena pendekatan eksploratif pendekatan
yang menggunakan pemberian kesempatan siswa mengerti hakikat seni dari kinerja
mandiri
D.
Salah, karena demojratif bukan pendekatan
pembelajaran.
No 49.
A.
Salah, karena keterpaduan pembelajaran adalah
untuk menyampaikan pengetahuan kepada siswa dalam bentuk informasi yang utuh
B.
Salah, karena keterpaduan kurikulum lebih pada
mencari korelasi materi pelajaran pada setiap bidang studi
C. Benar, karena kelas terpadu dibentuk untuk
mengakomodasi atau memberi kesempatan kepada siswa-siswa yang berbakat untuk
lebih cepat berkembang (acceleration). Hal ini dimungkinkan karena kelas terpadu disusun berdasarkan
minat dan potensi siswa dalam kelompok atau kelas tersebut.
D.
Salah, karena keterpaduan konsep tidak
memperhatikan kesamaan minat dan potensi siswa yang mengikuti kelas
tersebut.
No 50.
A. Benar, karena keterpaduan konsep adalah
pembelajaran terpadu yang menyatukan beberapa konsep yang teradapat pada
beberapa mata pelajaran
B.
Salah, karena keterpaduan mata pelajaran adalah
pembelajaran lintas bidang studi.
C.
Salah, karena katerpaduan kelas adalah
menyatukan beberapa kelas (biasanya karena tidak ada guru kelas ybs.) dalam
pembelajaran satu mata pelajaran
D.
Salah, karena keterapaduan tujuan adalah
keterpaduan dari beberapa jenis pelajaran dalam menyelesaikan keterampilan
teknis salah satu bidang
No comments:
Post a Comment