Friday, April 27, 2012

Kunci Jawaban Ujian Pend. Seni PDGK4207 (bagian 5)


No 41.
A.      Salah, karena proses apresiasi menurut Primadi ada enam tahap yakni tahap surprise, tahap empati, tahap rasa-betul-estetika, tahap feeling of content, tahap rasa-benar-etis, dan tahap pesona dan haru.
B.      Salah, karena proses apresiasi menurut Primadi ada enam tahap yakni tahap surprise, tahap empati, tahap rasa-betul-estetika, tahap feeling of content, tahap rasa-benar-etis, dan tahap pesona dan haru.
C.      Benar, karena proses apresiasi pada diri seseorang dilalui dalam enam tahap.
D.      Salah, karena proses apresiasi menurut Primadi ada enam tahap yakni tahap surprise, tahap empati, tahap rasa-betul-estetika, tahap feeling of content, tahap rasa-benar-etis, dan tahap pesona dan haru.


No 42.
A.      Benar, karena model dalam pembelajaran yang melibatkan penciptaan karya seni adalah model pembelajaran yang membutuhkan kreativitas siswa disamping penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Disini model tersebut disebut dengan model kreatif
B.      Salah, karena model integratif lebih menekankan pada paduan mata pelajaran satu dengan yang lain dilihat dari kepentingan, topik, sasaran maupun sifat materi pelajaran
C.      Salah, karena model bermain sangat menekankan pada proses belajar yang dilakukan dikelas sesuai dengan kebiasaan dan karakter anak yang suka bermain.
D.      Salah, karena model bermain sangat menekankan pada proses belajar yang dilakukan dikelas sesuai dengan kebiasaan dan karakter anak yang suka bermain.


No 43.
A.      Benar, karena berdasarkan sifat dan fungsi materi pelajaranlah pembelajaran seni terpadu memadukan materi beberapa mata pelajaran berdasarkan topik dan tema yang ada pada kurikulum
B.      salah, karena pembelajaran terpadu tidak memadukan materi beberapa pelajaran berdasarkan ruang lingkup materi, metode, dan media yang dipilih guru.
C.      salah, karena pembelajaran terpadu tidak memadukan materi beberapa pelajaran berdasarkan ruang lingkup materi, metode, dan media yang dipilih guru.
D.      salah, karena pembelajaran terpadu tidak memadukan materi beberapa pelajaran berdasarkan ruang lingkup materi, metode, dan media yang dipilih guru.


No 44.
A.      Salah, karena bentuk tersebut lebih mirip integrated subject matter.
B.      Salah, karena bentuk tersebut bukan single subject matter
C.      Benar, karena bentuk tersebut bercirikan materi pelajaran dikemas secara terpisah dengan disiplin ilmu tersendiri.
D.      Salah, karena bentuk tersebut adalah bentuk integrated subject matter.


No 45.
A.      Salah, karena pengembangan materi pembelajaran terpadu yang bersifat horizontal sangat memperhatikan keterkaitan materi pada satu mata pelajaran dengan materi pada mata pelajaran yang lainnya
B.      Benar, karena sifat dari pengembangan materi pada pembelajaran terpadu adalah guru tidak melebur materi dari beberapa mata pelajaran menjadi satu
C.      Salah, karena single subject adalah salah satu jenis pembelajaran terpadu
D.      Salah, karena integrated subject adalah jenis lain dari pembelajaran terpadu.


No 46.
A.      Salah, karena pada model pembelajaran terpadu connected, keterpaduannya tampak pada hubungan antartopik, namun dilak­sanakan secara terpisah.
B.      Salah, karena immersed merupakan model pembelajaran terpadu yang memadukan atau menyatukan tujuan, walaupun disiplin ilmu mereka berbeda-beda.
C.      Benar, karena model shared walaupun keterkaitannya belum menyeluruh, namun konsep sudah tampak dipadukan.
D.      Salah, karena model ini merupakan bentuk terpadu murni yang terletak topik, tema, konsep, strategi dalam gabungan beberapa mata pelajaran.


No 47.
A.      Salah, karena yang ditanyakan adalah pengolahan media bukan pada proses pemproduksi karya seni dalam perolehan pengalaman estetika anak
B.      Benar, karena melalui salah satu komponen seni yakni media anak akan memperoleh pengalaman estetika. Hal ini yang ditanyakan pada stem pertanyaan ini
C.      Salah, karena yang ditanyakan adalah pengolahan media bukan pada proses pemproduksi karya seni dalam perolehan pengalaman estetika anak
D.      Salah, karena yang ditanyakan adalah pengolahan media bukan pada proses pemproduksi karya seni dalam perolehan pengalaman estetika anak.


No 48.
A.      Salah, karena pendekatan definitif cenderung berupa pembelajaran teori atau apresiasi yang bersifat kognitif
B.      Benar, karena pendekatan partisipatif adalah model pembelajaran seni dimana siswa harus aktif berkarya/berproduksi seni.
C.      Salah, karena pendekatan eksploratif pendekatan yang menggunakan pemberian kesempatan siswa mengerti hakikat seni dari kinerja mandiri
D.      Salah, karena demojratif bukan pendekatan pembelajaran.


No 49.
A.      Salah, karena keterpaduan pembelajaran adalah untuk menyampaikan pengetahuan kepada siswa dalam bentuk informasi yang utuh
B.      Salah, karena keterpaduan kurikulum lebih pada mencari korelasi materi pelajaran pada setiap bidang studi
C.      Benar, karena kelas terpadu dibentuk untuk mengakomodasi atau memberi kesempatan kepada siswa-siswa yang berbakat untuk lebih cepat berkembang (acceleration). Hal ini dimungkinkan  karena kelas terpadu disusun berdasarkan minat dan potensi siswa dalam kelompok atau kelas tersebut.
D.      Salah, karena keterpaduan konsep tidak memperhatikan kesamaan minat dan potensi siswa yang mengikuti kelas tersebut.   


No 50.
A.      Benar, karena keterpaduan konsep adalah pembelajaran terpadu yang menyatukan beberapa konsep yang teradapat pada beberapa mata pelajaran
B.      Salah, karena keterpaduan mata pelajaran adalah pembelajaran lintas bidang studi.
C.      Salah, karena katerpaduan kelas adalah menyatukan beberapa kelas (biasanya karena tidak ada guru kelas ybs.) dalam pembelajaran satu mata pelajaran
D.      Salah, karena keterapaduan tujuan adalah keterpaduan dari beberapa jenis pelajaran dalam menyelesaikan keterampilan teknis salah satu bidang

No comments:

Post a Comment