Sunday, February 21, 2016

PKn modul 9 kb 5 politik serta strategi pertahanan dan keamanan

Kegiatan Belajar  5
Politik Serta Strategi Pertahanan dan Keamanan

      Politik Hankamnas ialah asas, haluan, usaha serta kebijaksanaan tindakan Negara dalam bidang hankam tentang pembinaan serta penggunaan secara totalitas dari potensi nasional untuk mencapai tujuan nasional. Strategi Hankamnas ialah tatacara untuk melaksanakan politik nasional untuk mencapai tujuan Hnkamnas.
      Pertahanan dan keamanan nasional bertujuammenjamin tetap tegaknya Negara kesatuan Repulbik Indonesia berdasarkan Pnacasila dan UUD 1945 terhadap segala nacaman baik yang datang dari luar negeri atau dalam negeri dalam ramgka mencapai tujuan nasional. Upaya pertahanan dan keamanan nasional tersebut diwujudkan dalam  Sishankam yang bersifat kerakyatan, kesemestaan dan kewilayahan.
      Dalam Upaya mencapai tujuan Hankamnas, yang dapat menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara di gunakan landasan pemeliharaan atau prinsip dasar yaitu jaminan terhadap ketidakpastian masa depan, bersandar kepada kemampuan diri sendiri, politik bebas aktif, perdamaian dunia, wasantara dan sishankam saling memperkuat dengan politik strategi bidang-bidang kehidupan lainnya.
      Polstra Hankamnas merupakan bagian intergral politik strategi Nasional, polstra Hankamnas bersifat, saling mengisi, saling mendukung dengan Polstra ibdsng lainnya. Polstra Hankamnas dilandasi oleh Pancasila dan UUD 1945. Oleh karena itu mengandung prinsip-prinsip, perlindungan seluruh bangsa Indonesia yang berpijak kepada kemampuan diri sendiri. Bangsa Indonesia cinta terhadap perdamaian tetapi lebih cinta terhadap kemerdekaan dan kedaulatan.
      Perang adalah tindakan yang tidak sesuai dengan Pancasila. Oleh karena itu , bagi Indonesia merupakan jalan terakir dan terpaksa untuk mencapai kemerdekaan dan lebih senang dengan cara damai. Meskipun demikian upaya pertahanan  dan keamanan nasional, harus dibina dan ditingkatkan untuk  menghadapi ketidakpastian ancaman yang mungkia timbul yang datang dari dalam atu luar.
      Kita menganut politik luar negeri “ bebas aktif “ dan berakar pada falsafah Pancasila, maka system keamanan dan pertahanan Negara   keluar bersifat defensif-aktif yang berarti tidak agresif dan ekspansif, dan kedalam bersifat prenventif-aktif  yang berarti sedini mungkin mengambil langkah-langkah daan tindakan guna mencegah danmengatasi setiap kemungkinan timbulnya ancaman. Untuk melaksanakan politik Hankamnas maka strategi yang ditempuh ialah  emmbagun kekuatan untuk menghadapi gangguan keamanan dari dalam negeri. Dalam upaya menyusun strategi tersebut  edngan mempertimbangkan rpinsip-prinsip beriikut:
Ekonomis dan politis
Mencukupi kebutuhan sendiri
Dislokasi kekuatan
UU dan doktrin
Penelitian pengembangan dan teknologi
Dwi fungsi ABRI
Manageman dan pemanfaatan peluan

No comments:

Post a Comment