Monday, November 25, 2013

RPP Kelas I Tema I SubTema 4 Pembelajaran 4


 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah              : SD / MI                                                             
Kelas / Semester          : I / I (satu)
Tema                            : Diriku
Subtema                      : Aku Istimewa
Pembelajaran               : 4
Alokasi Waktu              : 1 X Pertemuan (5 x 35 menit)

I.        Kompetensi Inti
1.         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

II.      Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3. Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4. Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.3. Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Matematika
4.1.    Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya

III.      Indikator
Bahasa Indonesia
1.                   Mengucapkan terima kasih kepada orang lain
2.                   Mengucapkan terimakasih kepada teman
3.                   Menyebutkan nama teman

Matematika
1.     Melakukan operasi penjumlahan yang jumlahnya sampai 10

IV.      Tujuan Pembelajaran
1.     Setelah kegiatan bermain peran, siswa dapat menyampaikan ucapan terima kasih dengan santun.
2.     Setelah kegiatan bermain, siswa dapat menyebutkan nama teman dalam kelompoknya dengan benar.
3.     Setelah kegiatan bermain, siswa dapat menghitung banyak teman yang memiliki nama dengan huruf awal yang sama.

V.        Materi Pembelajaran
1.     Belajar Berterima Kasih sambil Bermain Peran
2.     Permainan Mencari Nama Teman

VI.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan                        : Saintifik
Metode                              : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Demonstrasi, dan Penugasan

VII.    Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN



·      Guru memberi salam dan mengajak berdoa (religius)
·      Mengecek kehadiran peserta didik.
·      Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

15 menit
INTI

§  Guru mempersiapkan beberapa naskah drama anak sederhana untuk diperankan oleh siswa secara bergantian, tema drama tentang mengucapkan terima kasih.
Contohnya:
  1. Seorang anak yang meminjam buku kemudian mengembalikannya.
  2. Anak yang menolong temannya yang jatuh.
·      Guru membacakan naskah yang telah diper siapkan.
·      Guru melakukan audisi sederhana untuk men cari pemeran drama atau dapat juga dilakukan dengan menawarkan peran pada siswa yang bersedia.
·      Siswa bermain peran bergantian.
·      Siswa belajar berimprovisasi dalam berperan dan berdialog sesuai dengan naskah drama yang telah dibacakan sebelumnya.
·      Siswa lain memberikan apresiasi kepada setiap siswa yang selesai bermain peran.
·      Sebagai penutup guru menyampaikan manfaat bermain peran yaitu melatih kita untuk melakukan hal-hal baik yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari (terima kasih).

Kegiatan bersama orang tua:
·      Siswa dengan bantuan orang tua menuliskan nama anggota keluarga dan membacanya dengan lantang saat acara berkumpul bersama keluarga. Misalkan sebelum makan malam bersama atau saat menonton TV bersama (atau membaca buku cerita bersama keluarga).

70   menit

·      Guru menanyakan kepada siswa apakah siswa sudah hafal semua nama temannya?
·      Guru menyampaikan supaya tidak ada kekeliruan, maka guru akan membacakan kembali nama-nama siswa.
·      Guru membacakan nama-nama siswa satu per satu dan siswa yang dipanggil namanya berdiri sejenak, kemudian duduk kembali.
·      Guru menanyakan apakah siswa tahu lagu “Satu-Satu Aku Sayang Ibu” kemudian mengajak siswa menyanyikannya.
·      Kemudian, guru mengganti lirik lagu tersebut dengan nama-nama siswa di kelas.

Contoh:
Satu satu aku kenal Udin
Dua dua juga kenal Siti
Tiga tiga kenal Dayu Lani
Satu dua tiga, kenal semuanya

·      Beberapa siswa ditunjuk untuk mempraktikkannya.
·      Selesai bernyanyi, guru mengajak siswa ermain mencari nama teman.
·      Guru mempersiapkan potongan-potongan kartu ber tuliskan nama siswa dan menyebarnya di lantai kelas.
·      Siswa bermain menemukan nama teman dipandu oleh guru.
·      Siswa dibagi menjadi tiga kelompok dan berdiri membentuk barisan yang rapi sesuai dengan tinggi badan (jika kondisi kelas kurang luas, maka guru dapat mengajak siswa bermain di luar kelas).
·      Siswa di barisan pertama diminta untuk menemukan potongan kartu bertuliskan nama teman yang berbaris dalam kelompoknya.
·      Setiap siswa harus mengambil satu kartu nama teman di kelompoknya dalam waktu 1 menit.
·      Jika berhasil menemukan kartu nama temannya, lalu kartu tersebut diserahkan kepada pemilik nama.
·      Siswa yang sudah menerima kartu nama, melakukan hal yang sama.
·      Demikian seterusnya sampai semua anggota kelompok memegang kartu nama.
·      Kelompok yang paling cepat mengumpulkan kartu nama akan menjadi pemenangnya.
·      Siswa tetap berkumpul dengan kelompoknya dan diminta menghitung jumlah siswa yang memiliki nama dengan huruf awal sama. Misalnya menghitung jumlah nama yang diawali huruf A, huruf B, huruf C, dan seterusnya.
·      Siswa berlatih soal penjumlahan yang terdapat di buku siswa.

70 menit
PENUTUP
·      Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
·      Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal
·      Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
·      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik

20 menit

VIII.    Alat dan Sumber Belajar
1.    Skenario drama anak berdurasi lima menit yang dibuat oleh guru
2.    Kartu-kartu nama siswa
3.    Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.

IX.      Penilaian dan Program Tindak Lanjut:
1.  Instrumen Penilaian : Unjuk Kerja dan tertulis
2.  Program Tindak Lanjut:
a. Remedial, bagi siswa yang memperoleh nilai KD < KKM :
·      Mengikuti program pembelajaran kembali dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).
·      Memberikan tugas yang berkaitan dengan indikator atau kompetensi dasar yang belum tuntas.
·      Melakukan uji pemahaman ulang (ujian perbaikan) sesuai dengan indikator/ kompetensi dasar yang belum tuntas.

b. Pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai KD > KKM:
·      Memberikan program pembelajaran tambahan berupa pembahasan soal-soal yang bervariasi dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).



                Mengetahui
Kepala Sekolah SDN I PASEBAN




           




Paseban,  2013      
        Guru Kelas I











Lampiran Penilaian


A.  Penilaian: Unjuk Kerja
v Rubrik Bermain Peran
Text Box:  No.
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1. 
Volume Suara
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
2. 
Kepercayaan diri pada saat tam pil
Tidak terlihat ragu- ragu
Terlihat ragu-ragu
Memerlukan bantuan guru
Belum menunjukkan kepercayaan diri

v Rubrik Permainan Kartu Nama
No.
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.              
Keberhasilan
menemukan kartu
nama teman
Seluruh anggota
kelompok
berhasil
menemukan
kartu nama teman
Setengah atau
lebih anggota
kelompok
berhasil
menemukan kartu nama teman
Kurang dari
setengah
anggota
kelompok
berhasil menemukan kartu nama teman
Seluruh anggota
kelompok
belum berhasil
menemukan
kartu nama
2.              
Kerjasama
kelompok
Seluruh anggota
kelompok
berpartisipasi aktif dan saling menyemangati
Setengah atau
lebih anggota
kelompok berpartisipasi aktif
Kurang dari
setengah
anggota kelompok berpartisipasi aktif
Seluruh anggota
kelompok terlihat
pasif

Penilaian Akhir:
 
                          Skor  perolehan
          Nilai akhir :     ____________    x 100                                                     
                          Skor  maksimal









B.  Penilaian Sikap.

NO.
NIS
Nama Siswa
Skor perolehan setiap aspek
Nilai
Predikat






1
2
3
4
5
6
7
8




1












2












3












4












5















Aspek yang dinilai:
1.    Disiplin
2.    Peduli
3.    Tanggung jawab
4.    Ketelitian
5.    Kerja sama
6.    Santun
7.    Percaya diri
8.    Keberanian



Rentang skor 1 - 5
1 = sangat kurang
2 = kurang/jarang
3 = cukup
4 = baik/sering
5 = sangat baik/sangat sering

Pedoman Penilaian:
1.         Jumlah skor 31-40 = Tinggi
2.    Jumlah skor 21-30 = Sedang
3.    Jumlah skor 10-20 = Rendah


X. Refleksi:

1.   Hari ini, Aku tahu?
·      ucapan terima kasih dengan santun.
·      nama teman dalam kelompoknya dengan benar.
·      banyak teman yang memiliki nama dengan huruf awal yang sama.

2.    Hari ini, Aku bersikap?
·      Bertanggung jawab karena semua tugas dan kewajiban yang mesti aku lakukan terselesaikan.
·      Disiplin, karena tertib mengikuti instruksi.
·      Peduli, karena bisa menjaga ketenangan (terutama) ketika melakukan doa.
·      Santun, karena dalam mengucapkan dan mengambil posisi ketika berdoa dengan benar.

1 comment: