RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah
: …………………………
Mata pelajaran : Tematik
Kelas / Semester :
I / I (satu)
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan (5 JP)
Tema :
Kegemaranku
Subtema :
Gemar Berolahraga
I.
Kompetensi Inti
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
II.
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2
Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan
dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2
Mempraktikan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan
kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Seni Budaya dan
Prakarya (SBDP)
4.1
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar
III. Indikator
Bahasa Indonesia
1.
Menjelaskan bermacam-macam kegiatan olahraga dengan
bantuan gambar
2.
Membaca teks deskriptif tentang kegiatan olahraga
3.
Menyusun huruf menjadi nama-nama kegiatan olahraga
4.
Menulis nama-nama kegiatan olahraga.
Seni Budaya dan Prakarya (SBDP)
1.
Menggambar ekspresi berdasarkan hasil pengamatan
lembar kerja di dalam buku siswa
IV.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan macam-macam olahraga dengan benar.
2. Siswa
mampu membaca nyaring nama-nama olahraga dengan benar.
3. Siswa
mampu menyusun huruf menjadi nama-nama olahraga dengan tepat.
4. Setelah
menyusun huruf siswa mampu menulis nama-nama olahraga dengan benar.
5. Dengan
memasangkan gambar siswa mampu mengidentifikasi alat-alat olahraga dengan
benar.
6. Setelah
mampu mengidentifikasi alat olahraga, siswa mampu menggambar salah satu alat
olahraga yang disukainya dengan rapi.
7. Dengan
menggunakan gambar, siswa mampu menentukan pola gambar tertentu dengan tepat.
8.
Siswa mampu melengkapi pola gambar dengan tepat.
V.
Materi Pembelajaran
1. Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan
dengan Olahraga
2.
Mengenal Alat Olahraga
VI. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
4.
Demonstrasi
5.
Penugasan
VII.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
· Berbaris di depan
kelas dan menyebutkan nomor urut dalam barisan
·
Mengkondisikan kelas pada
situasi belajar
·
Memotivasi dan mengajak
peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
· Membiasakan berdoa
sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
|
15 menit
|
INTI
|
§ Siswa
diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku siswa.
§ Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan ber kaitan dengan isi gambar.
§ Contoh
pertanyaan yang dapat diajukan:
§ Siswa
membaca nyaring nama-nama cabang olahraga dengan bimbingan guru.
§ Siswa
menyusun huruf menjadi nama-nama cabang olahraga yang dipelajari.
§ Siswa
menulis nama-nama cabang olahraga yang dipelajari.
§ Untuk
mengonfirmasi pengetahuan siswa, guru
· meminta
siswa untuk menuliskan olahraga yang sudah diketahui dan baru diketahui.
|
70 menit
|
§ Siswa
berdiskusi tentang cabang-cabang olahraga yang mereka ketahui dengan arahan
guru.
§ Siswa
mendengarkan pertanyaan-pertanyaan guru sebagai berikut:
·
Siswa diminta untuk menyebutkan alat-alat yang dipergunakan
untuk berolahraga.
·
Siswa diminta menunjukkan pasangan gambar yang saling
berhubungan di buku siswa dengan menarik garis. Misalnya, gambar bola dengan
gambar lapangan bola dan gambar pelampung dengan kolam renang.
·
Kemudian, siswa memilih pasangan gambar yang
disukai untuk dijadikan tema dalam menggambar.
§ Siswa
menggambar dan mewarnai sesuai tema.
|
70 menit
|
|
PENUTUP
|
· Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan
hasil pembelajaran
· Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal
· Guru memberikan umpan balik terhadap proses
pembelajaran
· Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
memberikan tugas kepada peserta didik
|
20 menit
|
VIII. Alat dan Sumber Belajar
1. Pensil/pensil
warna/krayon/spidol
2. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jakarta.
IX.
Penilaian
dan Program Tindak Lanjut:
1. Instrumen Penilaian:
a.
Penilaian unjuk kerja
b.
Penilaian sikap
2. Program Tindak Lanjut:
a. Remedial, bagi siswa yang memperoleh
nilai KD < KKM :
·
Mengikuti program pembelajaran kembali
dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali
penyelesaian soal-soal).
·
Memberikan tugas yang berkaitan dengan
indikator atau kompetensi dasar yang belum tuntas.
·
Melakukan uji pemahaman ulang (ujian
perbaikan) sesuai dengan indikator/ kompetensi dasar yang belum tuntas.
b. Pengayaan bagi siswa yang memperoleh
nilai KD > KKM:
·
Memberikan program pembelajaran tambahan
berupa pembahasan soal-soal yang bervariasi dengan memberikan pembahasan
soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).
Menyetujui
Kepala
Sekolah
SD/MI …….
(
………………..………… )
NIP :
……………………..
|
……....,
………………… 20…
Penyusun
(
…………………...……… )
NIP:
………………….......
|
Lampiran
Penilaian
A. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Kegiatan
menggambar dan mewarnai
Kriteria
|
Baik sekali
4 |
Baik
3 |
Cukup
2 |
Perlu Bimbingan
1 |
Kesesuaian
gambar dengan tema
|
Gambar sesuai dengan
tema dan konkrit
|
Gambar sesuai dengan tema meskipun belum konkrit
|
Gambar belum sesuai dengan tema
|
Belum mampu menggambar
|
Jumlah warna yang
digunakan
|
Menggunakan
4 warna atau lebih
|
Menggunakan 3 warna
|
Menggunakan 2
warna
|
Menggunakan 1 warna
|
Penilaian Akhir:
Skor perolehan
Nilai akhir
: ____________ x 100
Skor
maksimal
B. Penilaian Sikap.
NO.
|
NIS
|
Nama
Siswa
|
Skor perolehan setiap aspek
|
Nilai
|
Predikat
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|||||
1
|
||||||||||||
2
|
||||||||||||
3
|
||||||||||||
4
|
||||||||||||
5
|
|
1.
Disiplin
2.
Peduli
3.
Tanggung jawab
4.
Ketelitian
5.
Kerja sama
6.
Santun
7.
Percaya diri
8.
Keberanian
Rentang skor 1 - 5
1
= sangat kurang
2
= kurang/jarang
3
= cukup
4
= baik/sering
5
= sangat baik/sangat sering
Pedoman Penilaian:
1.
Jumlah skor 31-40 = Tinggi
2. Jumlah skor 21-30 = Sedang
3. Jumlah skor 10-20 = Rendah
X. Refleksi:
1.
Hari ini, Aku tahu?
·
macam-macam olahraga dengan benar.
2.
Hari ini, Aku melakukan?
·
membaca nyaring nama-nama olahraga dengan benar.
·
menyusun huruf menjadi nama-nama olahraga dengan tepat.
·
menulis nama-nama olahraga dengan benar.
3.
Aku bersikap?
· Bertanggung jawab karena semua
tugas dan kewajiban yang mesti aku lakukan terselesaikan.
· Disiplin, karena tertib
mengikuti instruksi.
· Peduli, karena bisa menjaga
ketenangan (terutama) ketika melakukan doa.
· Santun, karena dalam
mengucapkan dan mengambil posisi ketika berdoa dengan benar.
No comments:
Post a Comment