Wednesday, December 26, 2012

Soal Ujian Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404 (bagian 2)


No 11.
Dalam pelayanan segregasi ALB mendapatkan pendidikan khusus untuk ALB, sedangkan pada proses integrasi penyandang keluarbiasaan bergabung dengan....
A.      anak normal
B.      anak seusia
C.      saudaranya
D.      teman - temannya

No 12.
Anak luar biasa mendapat layanan pendidikan bersama- sam dengan anak - anak normal di sekolah biasa, diajar oleh guru sekolah biasa yang dibantu guru PLB. Jenis layanan pendidikan demikian  merupakan model....
A.      layanan di sekolah biasa
B.      sekolah biasa dengan guru konsultan
C.      sekolah biasa dengan ruang sumber
D.      sekolah khusus ALB

No 13.
Pelayanan yang diberikan oleh satu tim kepada ALB dalam membantu mengembangkan potensinya, merupakan pelayanan yang menggunakan pendekatan ....
A.      mandiri
B.      kolaborasi
C.      pereodik
D.      berkesinambungan

No 14.
Anak berbakat adalah anak yang memiliki IQ 130-140. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh....
A.      Moh Yamin
B.      Erancoya
C.      Clark
D.      teman

No 15.
Ketekunan dan rasa ingin tahu yang besar merupakan karakteristik anak berbakat ditinjau dari segi....
A.      sosial
B.      fisik
C.      akademik
D.      emosional

No 16.
Pendidikan bagi anak berbakat merupakan kebutuhan bagi mereka untuk....
A.      A.pengembangan fungsi otak yang efektif dan efisien
B.      membutuhkan kepedulian masyarakat
C.      pengembangan aset bangsa
D.      emosional

No 17.
Salah satu tujuan program pendidikan anak berbakat adalah....
A.      Pengajaran semua matapelajaran di sekolah
B.      penguasaan konsep penting matapelajaran sesuai tingkat kemampuannya.
C.      meningkatkan potensi belajar di atas rata - rata kelas
D.      membina terciptanya anak unggulan

No 18.
Layanan adaptasi lingkungan belajar yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan anak berbakat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut, kecuali....
A.      mengadakan kelas pengayaan
B.      menggunakan guru konsultan
C.      sekolah umum
D.      studi mandiri

No 19.
Jenis layanan bagi anak berbakat yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan adaptasi program, dapat dilakukan dengan....
A.      percepatan/ akselerasi siswa
B.      studi mandiri
C.      menggunakan guru konsultan
D.      menggunakan ruangan sumber belajar.

No 20.
Anak tunanetra yang diklasifikasikan kurang lihat (low vision), memiliki ketajaman penglihatan....
A.      20/20 - 20/50 feet
B.      60/60 - atau 20/200 feet
C.      virus o
D.      6/20 atau 20/70 feet

No comments:

Post a Comment