Wednesday, December 26, 2012

Soal Ujian Pendidikan Matematika 1 PDGK4203 (bagian 1)


No 1.
Jika seorang anak dikatakan telah mengerti bahwa banyaknya benda-benda itu akan tetap walaupun letaknya berbeda-beda, maka dikatakan anak tersebut telah memiliki kekekalan ....
A.      Bilangan
B.      Isi
C.      Panjang
D.      Luas

No 2.
Yang merupakan tahapan proses belajar menurut Brunner adalah ....
A.      Tahap Enaktif
B.      Tahap Representasi
C.      Tahap Simbolisasi
D.      Tahap Formalisasi

No 3.
Berikut ini termasuk dalam tahapan kegiatan rencana pelaksanaan pembelajaran matematika di SD, kecuali adalah ....
A.      memilih materi pelajaran
B.      mengerjakan latihan soal-soal
C.      tujuan belajar matematika
D.      sumber belajar

No 4.
Dalam suatu pembelajaran mengenal istilah atau pengertian “penjumlahan” dan “lambang untuk penjumlahan (+)”disebut ....
A.      Konsep dasar
B.      Konsep yang berkembang dari konsep dasar
C.      Konsep yang harus dibina keterampilannya
D.      Konsep berhitung

No 5.
Berikut ini termasuk rancangan model-model pendekatan pembelajaran matematika “mengenal bilangan bulat positif dan bulat negatif” dengan menggunakan pendekatan pemahaman konsep, kecuali adalah ....
A.      Sebagai apersepsi para siswa diingatkan lagi tentang bilangan-bilangan asli dan bilangan-bilangan cacah
B.      Melalui lingkungan kehidupan sehari-hari yang bervariasi diperkenalkan konsep bilangan positif dan bilangan bulat negatif
C.      Guru membantu para siswa dengan beberapa penjelasan
D.      Siswa melakukan secara mandiri

No 6.
Nilai angka 9 pada lambang bilangan 479.035 adalah ....
A.      900.000
B.      90.000
C.      9.000
D.      900

No 8.
Selesaikan dengan cara susun pendek : 2.342 + 786 + 45 + 3 = ....
A.      3.167
B.      3.176
C.      4.167
D.      4.176

No 9.
Berikut ini termasuk sifat-sifat penjumlahan pada bilangan cacah, kecuali adalah ....
A.      tertutup
B.      pengelompokkan
C.      pertukaran
D.      tidak tertutup

No 10.
Akar pangkat 3 dari 512 adalah ....
A.      6
B.      7
C.      8
D.      9

No comments:

Post a Comment