Wednesday, December 26, 2012

Soal Ujian Pendidikan Anak di SD PDGK4403 (bagian 3)


No 21.
Faktor yang mempengaruhi peran gender pada anak usia SD dari segi orang tua dapat terlihat melalui....
A.      mendukung anak untuk terlibat dalam aktivitas yang sesuai dengan jenis kelaminnya
B.      keyakinan bahwa anak laki-laki lebih unggul dalam pelajaran matematika dan atletik, sementara perempuan pada pelajaran seni
C.      penampilan wanita di berbagai iklan ketimbang laki-laki yang lebih banyakdi bidang olah raga
D.      perbedaan sikap atau reaksi pada anak laki-laki yang harus lebih mandiri daripada anak perempuan

No 22.
Suatu kondisi dimana anak memiliki kecerdasan kurang, koordinasi sensori motoriknya sangat buruk, dan sulit berkonsentrasi di sekolah, merupakan ciri-ciri anak yang mengalami....
A.      obesitas
B.      malnutrisi
C.      kekurangan makanan
D.      kekurangan waktu istirahat

No 23.
Berikut ini yang merupakan akibat dari kekurangan gizi terhadap perkembangan emosional anak, yaitu....
A.      kekurangan gizi mengakibatkan anak menjadi rewel atau mudah marah
B.      kekurangan gizi akan mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu
C.      anak yang kurang gizi akan menjadi sulit berkonsentrasi mengikuti pelajaran
D.      kekurangan gizi akan menghambat pertumbuhan otak

No 24.
Menurut Maslow, kebutuhan terpenting bagi manusia dan berada pada tingkat terakhir adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri. Hal ini ditandai dengan karakteristik sebagai berikut, yaitu....
A.      terpenuhinya kebutuhan fisik
B.      dapat menggunakan seluruh bakat dan potensinya
C.      meningkatkan harga diri
D.      terpenuhinya kebutuhan akan rasa aman

No 25.
Berikut ini yang merupakan contoh kebutuhan aktualisasi diri pada anak SD adalah....
A.      Tania selalu diantar dan dijemput oleh ibunya ke sekolah
B.      Fery merupakan anak yang lambat dalam belajar
C.      Tasya merupakan salah satu anak yang sangat berbakat di bidang seni
D.      Kenzo tidak mau pergi ke sekolah karena selalu diganggu oleh kakak kelasnya

No 26.
Siswa diberikan tugas-tugas yang dapat menantang keterampilan siswa dan dapat membuat siswa menjadi lebih kompeten, merupakan salah satu motivasi intrinsik pada anak usia SD, yaitu berupa....
A.      tantangan
B.      rasa ingin tahu
C.      kontrol
D.      fantasi

No 27.
Pengertian belajar yang dikemukakan oleh Santrock dan Yusen adalah....
A.      perubahan perilaku akibat suatu pengalaman tertentu
B.      proses mengalami sesuatu untuk menghasilkan perubahan tingkah laku dan pribadi
C.      perubahan tingkah laku yang relatif permanen yang terjadi karena pengalaman
D.      pengalaman yang menyebabkan suatu perubahan pengetahuan dan perilaku yang relatif permanen pada seseorang

No 28.
Berikut ini merupakan prinsip-prinsip belajar, yaitu....
A.      belajar dapat membantu perkembangan optimal individu sebagai manusia utuh
B.      belajar sebagai proses terpadu harus memposisikan anak sebagai titik sentral
C.      aktivitas pembelajaran yang diciptakan harus membuat anak terlibat sepenuh hati
D.      belajar hanya dapat dilakukan secara individual dan tidak kompetitif

No 29.
Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar anak dari segi proses adalah....
A.      masukan dasar yang menggambarkan kondisi individual anak dengan segala karakteristik fisik dan psikisnya
B.      interaksi antara masukan dasar, masukan instrumental, dan masukan lingkungan terhadap aktivitas belajar anak
C.      perubahan tingkah laku yang diharapkan terjadi pada anak setelah anak melakukan aktivitas belajar
D.      masukan instrumental yang mencakup guru, kurikulum, materi dan metode, serta sarana dan fasilitas

No 30.
Berikut ini yang merupakan salah satu contoh kesulitan belajar anak yang dikemukakan oleh Abin Syamsuddin adalah....
A.      Joni mendapat nilai rata-rata pada mata pelajaran Matematika
B.      Danisa tidak mampu menyelesaikan soal perkalian karena pada saat guru menjelaskan, Danisa tidak masukkarena sakit
C.      Indah selalu lambat dan tertinggal oleh teman-temannya dalam mengerjakan tugas-tugas belajar di kelas
D.      Septi tidak mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia karena sedang mengikuti perlombaan menyanyi mewakili sekolahnya

No comments:

Post a Comment