Wednesday, December 26, 2012

Kunci Jawaban Pendidikan Matematika 1 PDGK4203 (bagian 1)


No 1.
a.      Benar, jika seorang anak dikatakan telah mengerti bahwa banyaknya benda-benda itu akan tetap walaupun letaknya berbeda-beda, maka dikatakan anak tersebut telah memiliki kekekalan bilangan
b.      Salah, karena seorang anak dikatakan memiliki kekekalan isi apabila ia sudah mengerti bahwa air yang ditumpahkan dari sebuah bak atau gelas yang penuh adalah sama dengan isi sebuah benda yang ditenggelamkannya.
c.       Salah, karena seorang anak dikatakan memiliki kekekalan panjang apabila ia berpendapat bahwa tali atau kawat yang tidak dikerutkan akan lebih panjang daripada yang tidak dikerutkan.
d.      Salah, karena seorang anak dikatakan memiliki kekekalan luas apabila ia berpendapat bahwa luas daerah yang ditutupi oleh benda-benda lebih luasdaripada yang tersebar, hanya cara menyimpannya saja berbeda sehingga kelihatannya berbeda.

No 2.
a.      Benar, tahap Enaktif merupakan tahapan proses belajar menurut Brunner
b.      Salah, tahap Representasi merupakan tahapan proses belajar menurut Dienes
c.       Salah, tahap Simbolisasi merupakan tahapan proses belajar menurut Dienes
d.      Salah, tahap Formalisasi merupakan tahapan proses belajar menurut Dienes

No 3.
a.       Salah, memilih materi pelajaran termasuk dalam tahapan rencana pelaksanaan pembelajaran matematika di SD
b.      Benar, mengerjakan latihan soal-soal tidak termasuk dalam tahapan rencana pelaksanaan pembelajaran
c.       Salah, tujuan belajar matematika termasuk dalam tahapan rencana pelaksanaan pembelajaran
d.      Salah, sumber belajar termasuk dalam tahapan rencana pelaksanaan pembelajaran

No 4.
a.      Benar, dalam suatu pembelajarankonsep yang mengenal istilah atau pengertian “penjumlahan” dan “lambang untuk penjumlahan (+)”disebut konsep dasar
b.      Salah, karena konsep yang berkembang dari konsep dasar adalah konsep yang dikembangkan dari konsep-konsep dasar, misalnya “pengenalan tentang sifat pertukaran pada penjumlahan”
c.       Salah, karena konsep yang harus dibina keterampilannya adalah melakukan latihan untuk membina keterampilan dari sekumpulan” bahasan, misalnya menyelesaikan soal-soal cerita sederhana yang melibatkan penjumlahan bilangan 1 sampai dengan 5.
d.      Salah, karena tidak ada konsep berhitung dalam pembelajaran

No 5.
a.       Salah, karena termasuk rancangan model-model pendekatan pembelajaran matematika
b.      Salah, karena termasuk rancangan model-model pendekatan pembelajaran matematika
c.       Salah, karena termasuk rancangan model-model pendekatan pembelajaran matematika
d.      Benar , karena bukan termasuk rancangan model-model pendekatan pembelajaran matematika

No 6.
a.       Salah, karena tempat di ratusan ribu adalah angka 4
b.      Salah, karena tempat di puluhan ribu adalah angka 7
c.       Benar, karena 9 merupakan nilai tempat di ribuan
d.      Salah, karena tempat diratusan adalah angka 0

No 8.
a.       Salah, karena hasil penjumahannya 3.176
b.      Benar, 3.176
c.       Salah, karena hasil penjumahannya 3.176
d.      Salah, karena hasil penjumahannya 3.176

No 9.
a.       Salah, benar bahwa tertutup merupakan sifat-sifat pada penjumlahan bilangan cacah
b.      Salah, benar bahwa pengelompokkan merupakan sifat-sifat pada penjumlahan bilangan cacah
c.       Salah, benar bahwa pertukaran merupakan sifat-sifat pada penjumlahan bilangan cacah
d.      Benar,  bahwa tidak tertutup bukan merupakan sifat-sifat pada penjumlahan bilangan cacah

No 10.
a.       Salah, karena hasilnya adalah 8
b.      Salah, karena hasilnya adalah 8
c.       Benar, bahwa Akar pangkat 3 dari 512 = ( 83 )1/3= 8
d.      Salah, karena hasilnya adalah 8

No comments:

Post a Comment