No 1.
a.
Benar, jika seorang anak dikatakan telah
mengerti bahwa banyaknya benda-benda itu akan tetap walaupun letaknya
berbeda-beda, maka dikatakan anak tersebut telah memiliki kekekalan bilangan
b.
Salah, karena seorang anak dikatakan memiliki
kekekalan isi apabila ia sudah mengerti bahwa air yang ditumpahkan dari sebuah
bak atau gelas yang penuh adalah sama dengan isi sebuah benda yang ditenggelamkannya.
c.
Salah, karena seorang anak dikatakan memiliki
kekekalan panjang apabila ia berpendapat bahwa tali atau kawat yang tidak
dikerutkan akan lebih panjang daripada yang tidak dikerutkan.
d.
Salah, karena seorang anak dikatakan memiliki
kekekalan luas apabila ia berpendapat bahwa luas daerah yang ditutupi oleh
benda-benda lebih luasdaripada yang tersebar, hanya cara menyimpannya saja
berbeda sehingga kelihatannya berbeda.
No 2.
a.
Benar, tahap Enaktif merupakan tahapan
proses belajar menurut Brunner
b.
Salah, tahap Representasi merupakan tahapan
proses belajar menurut Dienes
c.
Salah, tahap Simbolisasi merupakan tahapan
proses belajar menurut Dienes
d.
Salah, tahap Formalisasi merupakan tahapan
proses belajar menurut Dienes
No 3.
a.
Salah, memilih materi pelajaran termasuk dalam
tahapan rencana pelaksanaan pembelajaran matematika di SD
b.
Benar, mengerjakan latihan soal-soal
tidak termasuk dalam tahapan rencana pelaksanaan pembelajaran
c.
Salah, tujuan belajar matematika termasuk dalam
tahapan rencana pelaksanaan pembelajaran
d.
Salah, sumber belajar termasuk dalam tahapan
rencana pelaksanaan pembelajaran
No 4.
a.
Benar, dalam suatu pembelajarankonsep
yang mengenal istilah atau pengertian “penjumlahan” dan “lambang untuk
penjumlahan (+)”disebut konsep dasar
b.
Salah, karena konsep yang berkembang dari konsep
dasar adalah konsep yang dikembangkan dari konsep-konsep dasar, misalnya
“pengenalan tentang sifat pertukaran pada penjumlahan”
c.
Salah, karena konsep yang harus dibina
keterampilannya adalah melakukan latihan untuk membina keterampilan dari
sekumpulan” bahasan, misalnya menyelesaikan soal-soal cerita sederhana yang
melibatkan penjumlahan bilangan 1 sampai dengan 5.
d.
Salah, karena tidak ada konsep berhitung dalam
pembelajaran
No 5.
a.
Salah, karena termasuk rancangan model-model pendekatan
pembelajaran matematika
b.
Salah, karena termasuk rancangan model-model
pendekatan pembelajaran matematika
c.
Salah, karena termasuk rancangan model-model
pendekatan pembelajaran matematika
d.
Benar , karena bukan termasuk rancangan
model-model pendekatan pembelajaran matematika
No 6.
a.
Salah, karena tempat di ratusan ribu adalah
angka 4
b.
Salah, karena tempat di puluhan ribu adalah
angka 7
c.
Benar, karena 9 merupakan nilai tempat di
ribuan
d.
Salah, karena tempat diratusan adalah angka 0
No 8.
a.
Salah, karena hasil penjumahannya 3.176
b.
Benar, 3.176
c.
Salah, karena hasil penjumahannya 3.176
d.
Salah, karena hasil penjumahannya 3.176
No 9.
a.
Salah, benar bahwa tertutup merupakan
sifat-sifat pada penjumlahan bilangan cacah
b.
Salah, benar bahwa pengelompokkan merupakan sifat-sifat
pada penjumlahan bilangan cacah
c.
Salah, benar bahwa pertukaran merupakan
sifat-sifat pada penjumlahan bilangan cacah
d.
Benar,
bahwa tidak tertutup bukan merupakan sifat-sifat pada penjumlahan
bilangan cacah
No 10.
a.
Salah, karena hasilnya adalah 8
b.
Salah, karena hasilnya adalah 8
c.
Benar, bahwa Akar pangkat 3 dari 512 = (
83 )1/3= 8
d.
Salah, karena hasilnya adalah 8
No comments:
Post a Comment