No 31.
Hal-hal yang perlu dilakukan agar siswa kelas trendah
erampil menulis adalah seperti berikut, kecuali ....
A.
menulis kata
B.
menulis kalimat sederhana
C.
menguasai kaidah penulisan
D.
mengembangkan ide
No 32.
Tujuan membaca dalam hati di kelas rendah selain mampu
membaca tanpa bersuara, adalah mampu memahami
A.
perbedaan huruf-huruf yang bentuknya mirip
B.
isi tuturan tertulis yang dibacanya
C.
menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks
yang dibaca
D.
teknik-teknik membaca secara sempurna
No 33.
Hal-hal yang dibinakan dalam membaca di kelas rendah adalah
seperti berikut, kecuali ....
A.
kemampuan membedakan bentuk wacana
B.
mekanisme membaca
C.
gerak mata membaca dari kiri ke kanan
D.
membaca kata-kata dan kalimat sederhana
No 34.
Bila standar kompetensi kelas 4 :mampu memahami teks
nonsastra dengan berbagai cara membaca melalui membaca memindai, sekilas,
intensif, dan membacakan teks untuk orang lain serta membaca teks cerita rakyat
dan pantun; kompetensi dasarnya: membaca intensif; menyusun cerita dari kalimat
acak, hasil belajarnya: menyusun cerita dari kalimat acak, materi pokoknya:
kartu-kartu kalimat, maka indikatornya adalah ....
D.
A.menjelaskan isi teks dengan runtut
A.
menyusun kalimat-kalimat acak menjadi runtut
B.
menyusun ringkasan
C.
menyimpulkan isi teks
No 35.
Contoh pembelajaran ini menggunakan metode kata
A. Bu Juwita sedang
mengajarkan cara mengucapkan huruf /b/ dan /d/ kepada siswa kelas 1, sebagai
berikut. aba diucapkan a eb a, ada diucapkan a ed a
B. Bu Carolina menulis di papan tulis seperti
ini:
bi ca ra dirangkaikan menjadi bicara
ca ha ya dirangkaikan menjadi cahaya
C.
Pak Karnadi memperkenalkan kepada siswanya kata mata dan tabu, kemudian siswa
diminta menguraikan menjadi ma ta dan ta bu. Selanjutnya siswa diminta untuk
merangkainya menjadi mata dan tabu.
D. Pak Ahmad
memberikan pembelajaran membaca dengan menyajikan sebuah kalimat utuh, lalu
kalimat tersebut dianalisis menjadi kata-kata, kemudian kata-kata tersebut
dianalisis menjadi suku kata, berikutnya suku kata tersebut dianalisis menjadi
huruf-huruf. Selanjutnya huruf-huruf tersebut dirangkai menjadi suku kata, suku
kata dirangkai menjadi kata, dan kata dirangkai menjadi kalimat utuh kembali
No 36.
Perhatikan komponen pembelajaran berikut Kompetensi Dasar :
Membaca puisi Hasil Belajar : Siswa dapat membaca puisi dengan lafal, intonasi,
dan ekspresi yang tepat Indikator : Siswa dapat membaca puisi dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat Kegiatan inti yang sesuai dengan komponen di
atas adalah ....
A.
1) siswa berlatih membaca puisi; 2) siswa
membaca puisi di depan kelas, siswa lain menyimak; 3) guru memberi komentar
B.
1) guru membagi fotokopi puisi; 2) siswa
mempelajari puisi; 3) siswa membaca puisi di depan kelas dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang jelas; 3) guru memberi komentar
C.
1) siswa membaca puisi secara berkelompok,
kelompok lain menyimak dan memberi penilaian
D.
1) guru membagi fotokopi puisi; 2) siswa
berlatih membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
No 37.
Contoh pembelajaran menulis di bawah ini dapat digunakan di
SD kelas tinggi, kecuali ....
A.
Siswa diberi kesempatan untuk mengamati
lingkungan di luar kelas, seperti di halaman sekolah, di perpustakaan, atau di
kantin. Setelah waktu yang ditetapkan habis, siswa diminta masuk kelas. Guru
dapat memandu dengan pertanyaan untuk mengingatkan apa saja yang menarik
perhatian siswa, misalnya dengan pertanyaan Apa yang kamu amati tadi? Apa yang
menarik dari benda/kejadian tadi? dst. Selanjutnya siswa diminta menuliskannya
sesuai dengan yang diamati.
B.
Siswa diminta melakukan pengamatan di luar
kelas. Sebelumnya guru memberi pengarahan agar siswa mengamati salah satu
benda, kemudian siswa diminta mendeskripsikan benda yang diamati
C.
Siswa diberi tugas ke luar sekolah, misalnya
mengamati aktivitas di sebuah toko/warung terdekat, atau bahkan untuk terlibat
langsung dengan aktivitas di tempat. Kemudian menuliskan pengalamannya tersebut
menjadi sebuah karangan yang menarik
D. Siswa
diberi tugas untuk mengumpulkan berbagai buku cerita anak dengan berbagai tema,
kemudian secara individu siswa diminta membuat ringkasan ceritanya
No 38.
Penyusunan kalimat berikut ini menggunakan teknik memperluas
kalimat ....
A. Guru : "Kamu mau kemana?"
Siswa : "Saya mau ke kantin"
Guru : "Kamu mau membeli apa?"
Siswa : "Saya mau membeli kue dan
minuman."
B. Guru : Sempurnakan kalimat
berikut dengan menambahkan kata yang ada di sebelah kanannya
1. Jeruk banyak mengandung
vitamin ... - Jaya Wijaya
2. Gunung tertinggi di Indonesia
.... - gempa bumi
3. Bencana
alam yang sedang melanda Indonesia .... - C Siswa : (Menyempurnakan kalimat
tersebut dengan menambahkan kata yang cocok)
C. Guru :
Anak-anak, perluaslah kalimat di bawah ini dengan menggunakan kata matematika
atau buku
Adik belajar. Ayah membaca
Siswa : (menulis) Adik belajar matematika.
Ayah membaca buku
D. Guru : (memberikan sebuah kalimat model)
Budi memukul meja
Siswa : (mengubah bentuk kalimat
model dan menuliskannya) Budi memukul apa?
Guru : Kucing memanjat pohon
Siswa : Siapa yang memanjat
pohon?
No 39.
Pembelajaran di SD
kelas rendah adalah seperti berikut, kecuali ....
A.
pengalaman yang harus selalu diasah
B.
perubahan tingkah laku yang relatif permanen
C.
perubahan tingkah laku yang disebabkan latihan
praktis
D.
perubahan tingkah laku yang muncul secara tiba-tiba
No 40.
Menyimak adalah ....
A.
mendengarkan orang yang sedang berbicara sambil
menonton siaran televisi
B.
mendengarkan dengan sungguh-sungguh, penuh
perhatian, pemahaman, apresiatif, disertai dengan pemahaman makna komunikasi
dan disampaikan secara verbal
C.
mendengarkan bunyi-bunyi bahasa lisan yang dapat
dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja
D.
kegiatan seseorang mendengarkan musik sambil
membaca Koran
No comments:
Post a Comment