No 41.
Yang dimaksud dengan
peningkatan daya simak dengan teknik loci adalah mengingat dengan ....
A.
memvisualisasikan materi yang harus diingat
B.
menggabungkan beberapa pesan secara berantai.
C.
memberikan struktur baru pada informasi yang
diterima
D.
memenggal pesan-pesan yang panjang
No 42.
Yang dimaksud dengan
menyimak untuk menganalisis fakta adalah ....
A.
menyimak dengan mendengarkan radio, menonton
televisi, ceramah, atau pertemuan ilmiah
B.
menyimak dengan memahami makna dari segi
terkecil
C.
menyimak syair lagu dari radio, televisi, atau
rekaman
D.
menyimak untuk memutuskan diterima atau tidaknya
fakta yang diperoleh setelah dievaluasi
No 43.
Contoh pembelajaran
menyimak dengan metode simak terka yaitu ....
A. Guru : Anak-anak,
simak apa yang Ibu ucapkan, lalu ulangi bersama-sama.
Guru: : “ini saku baju"
Siswa : "Ini saku baju"
Guru : "Ada kura-kura"
Siswa : "Ada kura-kura"
B. Guru : "Simak
dengan teliti pertanyaan berikut ini, kemudian jawablah dengan benar".
Siswa : (siswa menjawab pertanyaan yang
diajukan guru)
C. Guru :
"Simak dengan saksama teks yang ibu baca ini, kemudian tuliskan ringkasan
ceritanya". (Guru membacakan teks 2 kali)
Siswa : (Meringkas teks yang dibaca guru
menggunakan kalimat sederhana)
D. Guru :
"Ada makhluk yang badannya kurus kecil, tapi ekornya panjang, keluar-masuk
hutan. Apakah itu?"
Siswa
: "Jarum dan benang"
No 44.
Pembelajaran bahasa dalam situasi formal adalah aktivitas
sistemik, sistematis, dan terencana. Yang dimaksud dengan terencana adalah ....
A.
terdapat seperangkat sistem yang saling
berkaitan dan berinteraksi secara fungsional untuk mencapai tujuan pembelajaran
yang telah ditentukan
B.
adanya pelaksanaan pembelajaran terdapat tatanan
dan tahapan yang bersifat prosedural dan berhubungan secara kronologis-kausatif
C.
terlihat secara jelas dan tegas adanya dasar,
arah/tujuan, dan sasaran yang ingin dicapai
D.
terdapat proses yang alami dengan adanya
kegiatan awal sampai akhir
No 45.
Berbicara dengan metode impromptu adalah ....
A.
kegiatan berbicara yang terjadi antara seseorang
dengan satu pendengar
B.
berbicara di depan umum dengan menggunakan
teks/naskah
C.
berbicara di depan umum tanpa menggunakan
teks/mendadak
D.
berbicara dengan tujuan membuat orang lain
senang
No 46.
Contoh teknik berbicara yang memiliki pengetahuan yang luas
adalah ....
A.
Markonah mendapat tugas menjadi pembawa acara
perpisahan di kelasnya. Dia memang sudah terbiasa berbicara di depan umum.
Dengan suara yang jelas, lantang, dan lancar, tanpa ada kesalahan, dia berhasil
menarik perhatian para hadirin
B.
Harmoni siswa kelas 6 dinobatkan sebagai siswa
teladan tingkat propinsi. Pada suatu kesempatan, setelah berbicara di depan
Gubernur untuk menyampaikan kesan-kesannya sebagai siswa teladan, banyak
hadirin yang menanyakan tentang berbagai hal, yang di luar dugaannya. Awalnya
Harmoni berdebar-debar, karena untuk pertama kalinya berbicara di depan para
pejabat. Akhirnya dia dapat menguasainya, dengan tenang dan penuh percaya diri
dia menjawab semua pertanyaan tersebut.
C.
Amanda sudah dua kali mengikuti lomba pidato
tingkat kabupaten, tapi belum pernah berhasil. Dengan dukungan para guru dan
teman-temannya, Amanda mengikuti kembali lomba serupa. Pengalaman membuat
Amanda tampil lebih tenang dan penuh percaya diri, karena mempunyai tekad yang
kuat untuk berhasil
D.
Bu Lintang sebagai pembicara dalam seminar
pendidikan mendapat sambutan yang meriah dari para peserta. Selain topiknya
menarik, Bu Lintang sangat menguasai materinya, sehingga dalam menyampaikan
gagasan-gagasannya sangat lancar dan teratur. Pada sesi tanya-jawab banyak
peserta yang mengajukan pertanyaan.
No 47.
Standar Kompetensi
: Bercerita
Hasil Belajar : Siswa dapat menceritakan
gambar bersambung
Indikator : 1) siswa dapat
menentukan kata kunci di setiap gambar; 2) siswa dapat menceritakan gambar
bersambung dengan lancar
Berdasarkan komponen
tersebut, langkah-langkah pembelajarannya adalah ....
A.
1) guru membagikan gambar bersambung yang
berbeda ke setiap kelompok 2) tiap kelompok mendiskusikan gambar 3) kelompok
mengumpulkan hasil kerja kelompok
B.
1) Guru membentuk kelompok, lalu membagi gambar,
2) siswa mendiskusikan gambar yang diterima, 3) wakil kelompok menceritakan
gambar bersambung
C.
1) siswa mendiskusikan gambar yang diterima, 2)
siswa melaporkan hasil kelompok di depan kelas, 3) guru memberitanggapan
D.
1) guru membagikan gambar bersambung yang bebeda
untuk setiap kelompok, 2) siswa mendiskusikan gambar dalam kelompoknya, 3)
wakil kelompok melaporkan hasil kerja dengan menuliskan kata kunci di setiap
gambar dan menceritakan gambar bersambung di depan kelas, 4) kelompok lain dan
guru memberi tanggapan
No 48.
Contoh berikut
merupakan aktivitas pembelajaran berbicara individual nonilmiah di kelas
tinggi....
A.
Guru menuliskan sebuah peribahasa yang
menggunakan kata tangan di papan tulis, kemudian beberapa siswa diminta maju
satu per satu untuk menuliskan peribahasa lain yang menggunakan kata tangan
B.
Guru menjelaskan tentang kalimat majemuk setara
dan kalimat majemuk bertingkat, kemudian siswa diminta membuat kalimat majemuk
setara dan bertingkat di LKS masing-masing
C.
Siswa diminta membaca puisi hasil karya
masing-masing, siswa lain menyimak dan memberi tanggapan
D.
Siswa diminta maju secara berkelompok, kemudian
bermain peran sebagai wartawan yang mewawancarai pemenang lomba membaca puisi
No 49.
Ciri-ciri sastra anak adalah seperti berikut, kecuali ....
A.
meghindari masalah yang berkaitan dengan dendam
yang menimbulkan kebencian
B.
gaya penyajiannya secara langsung
C.
berisi hal-hal yang menambah pengetahuan dan
bermanfaat
D.
bertema percintaan yang erotis
No 50.
Tujuan pembelajaran sastra anak di SD kelas 1 adalah ....
A.
mendengarkan dongeng guru, menjawab pertanyaan,
dan menceritakan kembali
B.
mendeklamasikan pantun dengan penghayatan dan
ekspresi yang sesuai
C.
memerankan ekspresi emosional tertentu (marah, senang,
sedih)
D.
menanggapi tokoh-tokoh dalam cerita dari
mendengarkan cerita
No comments:
Post a Comment