Kategori

Sunday, November 18, 2012

Soal Ujian Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204 (Bagian 5)


No 41.
 Yang dimaksud dengan peningkatan daya simak dengan teknik loci adalah mengingat dengan ....
A.      memvisualisasikan materi yang harus diingat
B.      menggabungkan beberapa pesan secara berantai.
C.      memberikan struktur baru pada informasi yang diterima
D.      memenggal pesan-pesan yang panjang

No 42.
 Yang dimaksud dengan menyimak untuk menganalisis fakta adalah ....
A.      menyimak dengan mendengarkan radio, menonton televisi, ceramah, atau pertemuan ilmiah
B.      menyimak dengan memahami makna dari segi terkecil
C.      menyimak syair lagu dari radio, televisi, atau rekaman
D.      menyimak untuk memutuskan diterima atau tidaknya fakta yang diperoleh setelah dievaluasi

No 43.
 Contoh pembelajaran menyimak dengan metode simak terka yaitu ....                
 A. Guru : Anak-anak, simak apa yang Ibu ucapkan, lalu ulangi bersama-sama.
 Guru: : “ini saku baju"
 Siswa : "Ini saku baju"
Guru : "Ada kura-kura"
Siswa : "Ada kura-kura"
 B. Guru : "Simak dengan teliti pertanyaan berikut ini, kemudian jawablah dengan benar".
 Siswa : (siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru)
C. Guru : "Simak dengan saksama teks yang ibu baca ini, kemudian tuliskan ringkasan ceritanya". (Guru membacakan teks 2 kali)
     Siswa : (Meringkas teks yang dibaca guru menggunakan kalimat sederhana)
D. Guru : "Ada makhluk yang badannya kurus kecil, tapi ekornya panjang, keluar-masuk hutan. Apakah itu?"
     Siswa   : "Jarum dan benang"

No 44.
Pembelajaran bahasa dalam situasi formal adalah aktivitas sistemik, sistematis, dan terencana. Yang dimaksud dengan terencana adalah ....
A.      terdapat seperangkat sistem yang saling berkaitan dan berinteraksi secara fungsional untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan
B.      adanya pelaksanaan pembelajaran terdapat tatanan dan tahapan yang bersifat prosedural dan berhubungan secara kronologis-kausatif
C.      terlihat secara jelas dan tegas adanya dasar, arah/tujuan, dan sasaran yang ingin dicapai
D.      terdapat proses yang alami dengan adanya kegiatan awal sampai akhir

No 45.
Berbicara dengan metode impromptu adalah ....
A.      kegiatan berbicara yang terjadi antara seseorang dengan satu pendengar
B.      berbicara di depan umum dengan menggunakan teks/naskah
C.      berbicara di depan umum tanpa menggunakan teks/mendadak
D.      berbicara dengan tujuan membuat orang lain senang

No 46.
Contoh teknik berbicara yang memiliki pengetahuan yang luas adalah ....
A.      Markonah mendapat tugas menjadi pembawa acara perpisahan di kelasnya. Dia memang sudah terbiasa berbicara di depan umum. Dengan suara yang jelas, lantang, dan lancar, tanpa ada kesalahan, dia berhasil menarik perhatian para hadirin
B.      Harmoni siswa kelas 6 dinobatkan sebagai siswa teladan tingkat propinsi. Pada suatu kesempatan, setelah berbicara di depan Gubernur untuk menyampaikan kesan-kesannya sebagai siswa teladan, banyak hadirin yang menanyakan tentang berbagai hal, yang di luar dugaannya. Awalnya Harmoni berdebar-debar, karena untuk pertama kalinya berbicara di depan para pejabat. Akhirnya dia dapat menguasainya, dengan tenang dan penuh percaya diri dia menjawab semua pertanyaan tersebut.
C.      Amanda sudah dua kali mengikuti lomba pidato tingkat kabupaten, tapi belum pernah berhasil. Dengan dukungan para guru dan teman-temannya, Amanda mengikuti kembali lomba serupa. Pengalaman membuat Amanda tampil lebih tenang dan penuh percaya diri, karena mempunyai tekad yang kuat untuk berhasil
D.      Bu Lintang sebagai pembicara dalam seminar pendidikan mendapat sambutan yang meriah dari para peserta. Selain topiknya menarik, Bu Lintang sangat menguasai materinya, sehingga dalam menyampaikan gagasan-gagasannya sangat lancar dan teratur. Pada sesi tanya-jawab banyak peserta yang mengajukan pertanyaan.

No 47.
Standar Kompetensi    : Bercerita
 Hasil Belajar                  : Siswa dapat menceritakan gambar bersambung
 Indikator                          : 1) siswa dapat menentukan kata kunci di setiap gambar; 2) siswa dapat menceritakan gambar                                                         bersambung dengan lancar
 Berdasarkan komponen tersebut, langkah-langkah pembelajarannya adalah ....
A.      1) guru membagikan gambar bersambung yang berbeda ke setiap kelompok 2) tiap kelompok mendiskusikan gambar 3) kelompok mengumpulkan hasil kerja kelompok
B.      1) Guru membentuk kelompok, lalu membagi gambar, 2) siswa mendiskusikan gambar yang diterima, 3) wakil kelompok menceritakan gambar bersambung
C.      1) siswa mendiskusikan gambar yang diterima, 2) siswa melaporkan hasil kelompok di depan kelas, 3) guru memberitanggapan
D.      1) guru membagikan gambar bersambung yang bebeda untuk setiap kelompok, 2) siswa mendiskusikan gambar dalam kelompoknya, 3) wakil kelompok melaporkan hasil kerja dengan menuliskan kata kunci di setiap gambar dan menceritakan gambar bersambung di depan kelas, 4) kelompok lain dan guru memberi tanggapan

No 48.
 Contoh berikut merupakan aktivitas pembelajaran berbicara individual nonilmiah di kelas tinggi....
A.      Guru menuliskan sebuah peribahasa yang menggunakan kata tangan di papan tulis, kemudian beberapa siswa diminta maju satu per satu untuk menuliskan peribahasa lain yang menggunakan kata tangan
B.      Guru menjelaskan tentang kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat, kemudian siswa diminta membuat kalimat majemuk setara dan bertingkat di LKS masing-masing
C.      Siswa diminta membaca puisi hasil karya masing-masing, siswa lain menyimak dan memberi tanggapan
D.      Siswa diminta maju secara berkelompok, kemudian bermain peran sebagai wartawan yang mewawancarai pemenang lomba membaca puisi

No 49.
Ciri-ciri sastra anak adalah seperti berikut, kecuali ....
A.      meghindari masalah yang berkaitan dengan dendam yang menimbulkan kebencian
B.      gaya penyajiannya secara langsung
C.      berisi hal-hal yang menambah pengetahuan dan bermanfaat
D.      bertema percintaan yang erotis

No 50.
Tujuan pembelajaran sastra anak di SD kelas 1 adalah ....
A.      mendengarkan dongeng guru, menjawab pertanyaan, dan menceritakan kembali
B.      mendeklamasikan pantun dengan penghayatan dan ekspresi yang sesuai
C.      memerankan ekspresi emosional tertentu (marah, senang, sedih)
D.      menanggapi tokoh-tokoh dalam cerita dari mendengarkan cerita

No comments:

Post a Comment