No 21.
Hal yang harus diperhatikan dalam menyusun buku teks
berdasarkan prinsip seleksi seperti berikut, kecuali ....
A.
penahapan bahan pelajaran, baik jumlah maupun
satuan-satuannya
B.
tujuan pengajaran bahasa, level bahasa yang
diajarkan, dan jumlah waktu
C.
jumlah materi yang akan disajikan
D.
kriteria yang dipakai melandasi pilihan
No 22.
Ketentuan dalam menyusun bahan ajar menurut Imam Machfudz
dan Solchan yaitu ...
A.
bagian-bagian naskah yang ditulis harus lengkap
B.
naskah yang ditulis bisa berupa naskah hasil
revisi yang pernah diterbitkan
C.
bersumber dari kurikulum
D.
bersumber dari karakteristik setiap mata
pelajaran
No 23.
Sasaran kemampuan membaca permulaan adalah siswa dapat ....
A.
mengubah dan melafalkan lambang-tertulis dengan
bunyi bermakna
B.
mengeja suku kata demi suku kata dengan tepat
C.
membaca kata demi kata dengan benar
D.
membaca satu kalimat utuh dengan lancar
No 24.
Yang dimaksud dengan metode SAS adalah ....
A.
teknik yang digunakan untuk tujuan membaca
permualan tingkat dasar
B.
teknik yang digunakan untuk tujuan menulis
permulaan tingkat dasar
C.
Cara yang digunakan untuk proses pembelajaran
membaca dan menulis bagi siswa pemula
D.
proses belajar membaca dan menulis untuk siswa
kelas rendah
No 25.
Dalam pembelajaran MMP menggunakan bacaan susunan bersama
guru-siswa, setelah guru memperlihatkan beberapa gambar, kartu huruf dan suku
kata, langkah selanjutnya adalah seperti berikut, kecuali ....
A.
siswa diminta menyebutkan nama-nama gambar dan
menempelkan kartu sesuai dengan nama gambar
B.
siswa memilih beberapa gambar sebagai bahan
diskusi dan simulasi
C.
siswa diminta membuat beberapa kalimat sesuai
gambar, lalu dirangkai menjadi cerita sederhana
D.
siswa diminta membuat beberapa kalimat sesuai
gambar, lalu dirangkai menjadi cerita sederhana
No 26.
Bu Arina akan memperkenalkan huruf a, i, dan d kepada siswa
kelas 1 SD. Langkah pertama Bu Arina memperlihatkan gambar seorang anak
perempuan yang bernama ida dan seorang anak laki-laki bernama adi. Setelah Bu
Arina memperkenalkan nama gambar tersebut, langkah-langkah pembelajarannya
selanjutnya adalah, kecuali ....
A.
(setelah melalui proses tanya jawab berulang
kali) siswa diminta menunjuk mana gambar yang bernama ida dan mana yang bernama
adi
B.
Bu Arina menulis di papan tulis secara
perlahan-lahan, siswa diminta memperhatikannya gerakan tangan dan cara
mengucapkan huruf-huruf tersebut, kemudian pengucapan kata
C.
Bu Arina nganalisis dan mensintesiskan kembali
tulisan tersebut di papan tulis
D.
Siswa diminta menggambar anak perempuan dan
laki-laki
No 27.
Penilaian pembelajaran berikut ini menggunakan penilaian
holistik....
A.
Pak Seto pagi ini memberi tugas siswa kelas 6
untuk mengarang dengan tema rekreasi. Siswa diberi waktu 45 menit untuk
karangan sepanjang dua halaman. Pada sepuluh menit pertama banyak siswa yang
masih terlihat gelisah, kertas yang disediakan masih kosong, tapi mereka sudah
mulai mencoret-coret di kertas buram. Dengan sabarnya Pak Seto berkeliling
memperhatikan para siswa, sesekali menanyakan sesuatu. Beberapa menit kemudian
mereka seperti mendapatkan inspirasi. Mereka dapat menulis dengan lancar,
bahkan sebelum waktunya habis, mereka sudah selesai. Satu minggu kemudian Pak
Seto membagikan hasil karangan siswa, ada beberapa siswa yang harus memperbaiki
karangannya, bahkan Roy dan Fariz sampai dua kali memperbaiki. Dengan demikian
tidak ada siswa yang mendapat nilai tidak memuaskan
B.
Ulangan membaca di kelas 3 SD minggu kemarin
cukup mudah, yaitu siswa diminta membaca dengan pemahaman dari teks sederhana.
Siswa banyak yang dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi wacana.
Waktu dibagikan Pak Umar. Banyak siswa yang senyum-senyum karena mendapat nilai
bagus.
C.
Arda sebenarnya anak yang cukup cerdas, namun
karena dia mudah panik dan cemas, dia tidak bisa mengerjakan soal-soal UAN
dengan baik, sehingga hasilnya jauh dari memuaskan. Dia sangat kecewa, karena
tidak dapat diterima di sekolah yang diinginkan
D.
Talita, siswa kelas 3 SD yang sering menjuarai
lomba pidato tampak murung karena nilai ulangan akhir semester Bahasa Indonesia
Talita turun drastis, padahal ulangan hariannya selalu sangat memuaskan. Pada
waktu akan terima rapor, Talita berdebar-debar. Ternyata dugaan Talita meleset,
dia tetap mendapat nilai yang memuaskan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia
No 28.
Aspek kemampuan berbahasa seperti berikut ini, kecuali ...
A.
menyimak
B.
berbicara
C.
menulis
D.
Struktur
No 29.
Berikut ini adalah contoh pembelajaran dengan fokus sastra
yang menekankan pada membaca indah di kelas tinggi....
A.
Kelas 5A pagi itu suasananya cukup ramai, sering
terdengar tepuk tangan yang meriah. Rupanya mereka sedang berlatih membaca
puisi. Tiap siswa maju ke depan membacakan puisi ciptaan masing-masing, siswa
lain memberi tanggapan hasil ciptaan puisi dan hasil membaca puisi temannya.
B.
Bu Erni membacakan sebuah cerita jenaka di depan
kelas, kemudian beberapa siswa diminta mensimulasikan gerakan-gerakan sesuai
dengan yang ada dalam cerita tersebut
C.
Pak Budi membagikan fotokopi teks dongeng rakyat
kepada siswa kelas 4. Para siswa diminta membaca dengan pemahaman, kemudian
menjawab pertanyaan yang dibacakan oleh Pak Budi. Setelah selesai siswa diminta
mencari kata-kata kiasan yang terdapat dalam teks tersebut.
D.
Siang ini Bu Jamilah tidak dapat mengajar di
kelas 6, karena menghadiri seminar di kecamatan. Karena tidak ada guru
pengganti, para siswa diberi tugas menulis bebas, misalnya puisi, cerpen, atau
pengalaman yang menarik untuk mengisi majalah dinding.
No 30.
Tujuan membaca di SD kelas tinggi adalah ....
A.
mengenal kata dan kalimat
B.
memahami isi bacaan
C.
mengetahui makna istilah
D.
memilih bacaan yang sesuai
No comments:
Post a Comment