No 1.
a.
Salah, karena merupakan sifat subsistem bahasa
b.
Benar, karena karakteristik bahasa selain
terdiri atas sejumlah unsur yang tertata secara teratur, juga harus memiliki
makna.
c.
Salah, karena sifat sistemis bahasa harus
mempunyai makna
d.
Salah, karena merupakan tiga subsistem bahasa
No 2.
a.
Salah, karena merupakan percakapan antarteman
yang terjadi di halte bus, menggunakan kosakata nonbaku: semalam, nggak, udah.
b.
Salah, karena merupakan percakapan antara kakak
dan adik yang terjadi di rumah, menggunakan kosakata nonbaku: loh, nitip, oke.
c.
Salah, karena merupakan percakapan antara
pembeli dan penjual yang terjadi di sebuah toko.
d.
Benar, karena menggunakan kosakata baku,
suasana di kantor
No 3.
a.
Benar, karena proses pemerolehan bahasa
dilakukan secara spontan, tidak disadari, lisan, melalui menyimak dan
berbicara.
b.
Salah, karena pemerolehan bahasa anak hanya
dilakukan secara tidak disadari dan tidak direncanakan/diniatkan khusus untuk
belajar
c.
Salah, karena pemerolehan bahasa anak tidak
secara tertulis dan melalui membaca
d.
Salah, karena proses pemerolehan bahasa anak
harus dilakukan secara terus-menerus.
No 4.
a.
Benar, karena proses pemerolehan bahasa
hanya dilakukan secara tidak sadar, lisan, melalui menyimak dan berbicara
b.
Salah, karena pemerolehan bahasa anak hanya
dilakukan secara tidak sadar dan tidak ada niat khusus untuk belajar;
c.
Salah, karena pemerolehan bahasa anak tidak
secara tertulis dan dengan membaca
d.
Salah, karena proses pemerolehan bahasa anak
harus dilakukan secara terus-menerus.
No 5.
a.
Salah, karena pernyataan tersebut merupakan
pengertian faktor motivasi
b.
Salah, karena merupakan penjelasan faktor
biologis
c.
Benar, karena semakin tinggi
inteligensinya, semakin cepat pemerolehan bahasa dan semakin kreatif
d.
Salah, karena merupakan penjelasan dari faktor
lingkungan sosial.
No 6.
a.
Salah, karena merupakan pengertian strategi
mengingat.
b.
Salah, karena merupakan strategi mengingat;
c.
Benar, karena dengan mengulang persis
seperti yang didengar akan lebih mudah diingat dan diterima
d.
Salah, karena merupakan penjelasan strategi
mengalami langsung
No 7.
a.
Benar, karena bunyi bahasa tersebut
dihasilkan belum bermakna linguistik,
b.
Salah, karena bunyi bahasa yang dihasilkan sudah
bermakna
c.
Salah, karena tuturan yang dihasilkan secara
gramatikal sudah lebih jelas
d.
Salah, karena ujaran yang dihasilkan sudah
berupa kalimat, walaupun mungkin susunan katanya belum teratur
No 8.
a.
Salah, karena tidak hanya kasus 1, tapi kasus 2
B2-nya juga bahasa Indonesia
b.
benar, karena Ayu menguasai bahasa
Indonesia setelah bahasa Jawa, dan Astrid menguasai bahasa Indonesia setelah
bahasa minang
c.
Salah, karena B2 Sheila bukan bahasa Indonesia,
tetapi bahasa Perancis dan bahasa Bugis
d.
Salah, karena B2 Sheila bahasa Perancis dan
bahasa Bugis.
No 9.
a.
Salah, karena bahasa Sunda yang Mira pelajari
tidak secara formal
b.
Benar, karena Shinta belajar bahasa
Jepang melalui lembaga formal, yaitu tempat kursus
c.
Salah, karena bahasa Jawa yang dipelajari Mira
tidak melalui lembaga formal
d.
Salah, karena Edo dan sepupunya saling belajar
bahasa masing-masing secara spontan.
No 10.
a.
Salah, karena hanya dengan menguasai rumus tata
bahasa tidak menjamin dapat menguasai bahasa yang sedang dipelajari
b.
Salah, karena dengan menguasai sejumlah kosakata
kalau tidak dipraktekkan untuk berkomunikasi sama saja
c.
Benar, karena menurut teori wacana,
dengan terlibat langsung dalam berkomunikasi dengan bahasa yang sedang
dipelajari akan lebih efektif
d.
Salah, karena walaupun belajar dengan tubian
kalau tidak digunakan secara langsung hasilnya kurang maksimal.
No comments:
Post a Comment