No 31.
Pola interaksi yang menuntut aktivitas siswa yang lebih
tinggi, dimana interaksi tidak hanya antara guru dan siswa tetapi juga antara
siswa dengan siswa lain merupakan pola interaksi pembelajaran ....
A.
satu arah
B.
dua arah
C.
tiga arah
D.
banyak arah
No 32.
Kompetensi yang diharapkan dari lulusan Sekolah Dasar dan
Madrasah Ibtidaiyah yang tepat adalah ....
A.
memiliki rasa cinta terhadap sekolah
B.
menjalankan hak dan kewajiban
C.
membela apa yang sudah menjadi hak siswa
D.
memiliki sukuisme yang tinggi
No 33.
Dalam struktur kurikulum 2004 Sekolah Dasar dan Madrasah
Ibtidaiyah terdiri dari mata pelajaran berikut, kecuali ....
A.
Bahasa Inggris
B.
Ilmu Pengetahuan Alam
C.
Kerajinan Tangan dan Kesenian
D.
Pendidikan Jasmani
No 34.
Pak Ali sedang membuat peta kompetensi dari beberapa mata
pelajaran antara lain; Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan
Kerajinan Tangan dan Kesenian. Aspek-aspek yang dapat dipadukan yaitu, Bahasa
Indonesia (berbicara), Matematika (bilangan cacah sampai dengan tiga angka),
IPA (makhluk hidup dan proses kehidupan), dan Kerajinan Tangan dan Kesenian
(warna dan garis). Contoh tersebut menunjukkan bahwa Pak Ali sedang menetapkan
....
A.
mata pelajaran
B.
kompetensi dasar
C.
tema
D.
keterhubungan kompetensi dasar dengan tema
pemersatu
No 35.
Garis besar, ringkasan, ikhtisar, pokok-pokok isi/materi
pembelajaran yang digunakan sebagai penjabaran lebih lanjut dari standar
kompetensi dasar yang ingin dicapai, dan uraian materi yang perlu dipelajari
siswa disebut ....
A.
kurikulum
B.
satuan pembelajaran
C.
silabus
D.
rencana pembelajaran
No 36.
Menulis nama-nama mata pelajaran yang akan dipadukan, menentukan
judul tema yang akan dibahas, kemudian menentukan semester, dan kelas merupakan
komponen ....
A.
kegiatan belajar mengajar yang akan dilaksanakan
B.
alat, media, dan sumber bahan yang digunakan
C.
identifikasi belajar mengajar yang akan
dilaksanakan
D.
cara penilaian yang akan ditempuh
No 37.
Salah satu komponen dalam satuan pembelajaran terpadu adalah
....
A.
alokasi waktu yang diperlukan
B.
alternatif strategi pembelajaran yang digunakan
C.
materi pokok yang mengacu pada suatu tema
D.
identitas mata pelajaran
No 38.
Ibu Ani sedang mengajar siswa kelas I dengan menyanyikan
lagu “Pelangi” setelah itu menanyakan kepada siswanya ada berapa macam warna
pada pelangi. Contoh tersebut menggambarkan bahwa Bu Ani ingin mengetahui
komponen mana yang akan dicapai yaitu ....
A.
kompetensi dasar
B.
strategi
C.
materi pokok
D.
mata pelajaran
No 39.
Ibu Ani ingin menerangkan tentang peristiwa alam pada kelas
III dengan memadukan mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan Kerajinan Tangan
dan Kesenian. Pada satuan pembelajaran yang dibuat oleh bu Ani untuk materi
mata pelajaran Kesenian adalah ....
A.
Pelangi
B.
Puncak Gunung
C.
Si Kancil
D.
Balonku
No 40.
Berikut merupakan komponen-komponen dalam silabus, kecuali
....
A.
kompetensi dasar
B.
indikator
C.
evaluasi
D.
alokasi waktu
No comments:
Post a Comment