Kategori

Sunday, November 18, 2012

Soal Ujian Pembelajaran Terpadu di SD PDGK4205 (Bagian 4)


No 31.
Pola interaksi yang menuntut aktivitas siswa yang lebih tinggi, dimana interaksi tidak hanya antara guru dan siswa tetapi juga antara siswa dengan siswa lain merupakan pola interaksi pembelajaran ....
A.      satu arah
B.      dua arah
C.      tiga arah
D.      banyak arah

No 32.
Kompetensi yang diharapkan dari lulusan Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang tepat adalah ....
A.      memiliki rasa cinta terhadap sekolah
B.      menjalankan hak dan kewajiban
C.      membela apa yang sudah menjadi hak siswa
D.      memiliki sukuisme yang tinggi

No 33.
Dalam struktur kurikulum 2004 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah terdiri dari mata pelajaran berikut, kecuali ....
A.      Bahasa Inggris
B.      Ilmu Pengetahuan Alam
C.      Kerajinan Tangan dan Kesenian
D.      Pendidikan Jasmani

No 34.
Pak Ali sedang membuat peta kompetensi dari beberapa mata pelajaran antara lain; Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Kerajinan Tangan dan Kesenian. Aspek-aspek yang dapat dipadukan yaitu, Bahasa Indonesia (berbicara), Matematika (bilangan cacah sampai dengan tiga angka), IPA (makhluk hidup dan proses kehidupan), dan Kerajinan Tangan dan Kesenian (warna dan garis). Contoh tersebut menunjukkan bahwa Pak Ali sedang menetapkan ....
A.      mata pelajaran
B.      kompetensi dasar
C.      tema
D.      keterhubungan kompetensi dasar dengan tema pemersatu

No 35.
Garis besar, ringkasan, ikhtisar, pokok-pokok isi/materi pembelajaran yang digunakan sebagai penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dasar yang ingin dicapai, dan uraian materi yang perlu dipelajari siswa disebut ....
A.      kurikulum
B.      satuan pembelajaran
C.      silabus
D.      rencana pembelajaran

No 36.
Menulis nama-nama mata pelajaran yang akan dipadukan, menentukan judul tema yang akan dibahas, kemudian menentukan semester, dan kelas merupakan komponen ....
A.      kegiatan belajar mengajar yang akan dilaksanakan
B.      alat, media, dan sumber bahan yang digunakan
C.      identifikasi belajar mengajar yang akan dilaksanakan
D.      cara penilaian yang akan ditempuh

No 37.
Salah satu komponen dalam satuan pembelajaran terpadu adalah ....
A.      alokasi waktu yang diperlukan
B.      alternatif strategi pembelajaran yang digunakan
C.      materi pokok yang mengacu pada suatu tema
D.      identitas mata pelajaran

No 38.
Ibu Ani sedang mengajar siswa kelas I dengan menyanyikan lagu “Pelangi” setelah itu menanyakan kepada siswanya ada berapa macam warna pada pelangi. Contoh tersebut menggambarkan bahwa Bu Ani ingin mengetahui komponen mana yang akan dicapai yaitu ....
A.      kompetensi dasar
B.      strategi
C.      materi pokok
D.      mata pelajaran

No 39.
Ibu Ani ingin menerangkan tentang peristiwa alam pada kelas III dengan memadukan mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan Kerajinan Tangan dan Kesenian. Pada satuan pembelajaran yang dibuat oleh bu Ani untuk materi mata pelajaran Kesenian adalah ....
A.      Pelangi
B.      Puncak Gunung
C.      Si Kancil
D.      Balonku

No 40.
Berikut merupakan komponen-komponen dalam silabus, kecuali ....
A.      kompetensi dasar
B.      indikator
C.      evaluasi
D.      alokasi waktu

No comments:

Post a Comment