Kategori

Sunday, November 18, 2012

Soal Ujian Pembelajaran Terpadu di SD PDGK4205 (Bagian 5)


No 41.
Contoh kompetensi dasar yang ingin dicapai adalah “Siswa dapat menceritakan peristiwa alam”. Dari segi strategi pembelajaran pada satuan pembelajaran, kita dapat melihat keterpaduan pembelajaran antara mata pelajaran IPA dengan Bahasa Indonesia. Kelengkapan yang perlu disusun untuk kebutuhan penilaian adalah, kecuali lembar ....
A.      soal
B.      pengamatan
C.      analisis kemampuan
D.      teks lagu

No 42.
Program yang dilakukan secara berkesinambungan untuk menentukan keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan dalam pembelajaran terpadu diidentifikasi sebagai suatu ....
A.      evaluasi
B.      penilaian
C.      observasi
D.      pengukuran

No 43.
Tujuan penilaian dalam pembelajaran terpadu adalah untuk ....
A.      menilai pembelajaran di kelas
B.      menentukan skor yang diperoleh siswa
C.      menentukan siswa yang berprestasi
D.      menilai hasil ujian siswa

No 44.
Penilaian yang dilakukan secara berencana, terus menerus dan bertahap untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan tingkah laku siswa sebagai hasil dari kegiatan belajar merupakan prinsip ....
A.      integral
B.      komprehensif
C.      berkesinambungan
D.      objektif

No 45.
Sasaran yang dinilai dalam penilaian proses adalah ....
A.      kemampuan siswa dalam menulis laporan
B.      masukan dari anak,orang tua, dan guru lain tentang proses belajar yang sudah dilakukan
C.      penguasaan peserta didik terhadap apa yang sudah dipelajarinya
D.      tingkat efektivitas kegiatan belajar mengajar

No 46.
Penilaian yang dilakukan dengan melihat siswa melakukan tugas/proses atau produk yang dibuat siswa untuk selanjutnya melihat dan menilai proses dan produk tersebut untuk menentukan tingkat pengetahuan atau kemampuan siswa. Kegiatan tersebut merupakan bentuk penilaian alternatif ....
A.      cuplikan kerja
B.      portofolio
C.      catatan anekdotal
D.      rubrik

No 47.
Siswa kelas IV oleh pak Ali diharuskan memakai baju seragam dan asesorisnya dengan benar sesuai aturan sekolah. Pada pelajaran IPS guru ingin menilai aspek afektif dari siswa dengan topik “Disiplin”. Penerapan bentuk penilaian yang digunakan oleh pak Ali yaitu ....
A.      portofolio
B.      angket
C.      observasi
D.      wawancara

No 48.
Kelebihan dari penggunaan teknik dalam penilaian adalah ....
A.      kualitas tes item rendah
B.      salah memilih bentuk tes
C.      kesalahan dalam skoring
D.      ranah afektif dapat diukur dengan tepat

No 49.
Dalam prosedur pengembangan penilaian, penilaian dapat diarahkan pada proses maupun produk serta program. Kegiatan tersebut dapat dilakukan pada tahap ....
A.      perencanaan
B.      pelaksanaan
C.      penyusunan laporan
D.      penyajian laporan

No 50.
Contoh format di atas adalah bentuk format penilaian dari ....
A.      rubrik
B.      observasi
C.      penilaian berkala
D.      portofolio

No comments:

Post a Comment