Kategori

Sunday, November 18, 2012

Soal Ujian Pembelajaran Terpadu di SD PDGK4205 (Bagian 3)


No 21.
Manfaat keterampilan membuka pelajaran dalam pembelajaran terpadu adalah ....
A.      memberikan gambaran yang jelas tentang aktivitas belajar yang akan dilakukan dan batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa
B.      menyiapkan bahan-bahan untuk proses pembelajaran
C.      memantapkan pemahaman siswa tentang materi yang lalu
D.      menetapkan kegiatan yang harus dilakukan siswa untuk mengembangkan kompetensi yang telah dikuasai siswa

No 22.
Untuk membangkitkan motivasi siswa dalam keterampilan membuka pelajaran, yang harus dilakukan guru adalah ....
A.      menimbulkan rasa ingin tahu
B.      mengajukan pertanyaan
C.      memberikan tugas yang harus dipecahkan bersama
D.      memberikan penguatan kepada siswa

No 23.
Salah satu komponen menutup pelajaran adalah melakukan penilaian. Mengingat waktu yang diperlukan dalam penilaian terbatas maka cara yang terbaik adalah ....
A.      meminta siswa melakukan pengamatan di kebun/pekarangan sekolah
B.      meminta siswa untuk menyatakan pendapat tentang bahan dan kegiatan belajar dari tema yang telah dibahas
C.      memberi soal untuk didiskusikan selama proses pembelajaran
D.      memberikan soal-soal tertulis yang dikerjakan secara cepat

No 24.
Dalam melakukan penilaian bahan ajar dan pengalaman belajar yang ditetapkan harus sesuai dengan karakteristik dan perkembangan siswa. Hal ini sesuai dengan prinsip ....
A.      kesinambungan
B.      kebermaknaan
C.      keutuhan
D.      keterbukaan

No 25.
Salah satu manfaat keterampilan bertanya dalam pembelajaran terpadu adalah ....
A.      mengatasi kekurangan sumber belajar yang diperlukan
B.      membantu siswa memahami berbagai konsep dari tema yang sedang dipelajari
C.      mengetahui tingkat keberhasilan dari pelaksanaan pembelajaran terpadu
D.      meningkatkan kegiatan belajar yang lebih bervariasi dan bermakna

No 26.
Komponen kejelasan dalam keterampilan menjelaskan yang perlu dikuasai guru adalah ....
A.      kelancaran ucapan dalam berbicara
B.      umpan balik
C.      pemberian acuan
D.      pemberian tekanan

No 27.
Suatu pertanyaan yang diajukan guru dan tidak dapat dijawab oleh siswa atau jawaban tidak sesuai dengan keinginan guru, maka guru tidak boleh tinggal diam. Komponen yang harus dikuasai guru untuk mengatasi masalah ini adalah ....
A.      pemberian tuntunan
B.      pengungkapan pertanyaan yang jelas dan singkat
C.      pemberian waktu berpikir
D.      pemusatan

No 28.
Manfaat dari keterampilan mengadakan variasi dalam pembelajaran terpadu adalah ....
A.      memelihara iklim kelas yang kondusif
B.      memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan rasa ingin tahu tentang sesuatu yang baru dalam suatu tema yang dipelajari
C.      memberikan kemudahan kepada siswa untuk mempelajari isi tema yang dipelajari dan dianggap memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi
D.      menumbuhkan percaya diri siswa akan kemampuan yang dimilikinya dan keberanian mengungkapkan pendapat sendiri

No 29.
Dalam memberi penguatan bentuk verbal, hal yang sebaiknya dilakukan guru adalah memberi ....
A.      kegiatan yang menyenangkan
B.      simbol atau tanda
C.      pengakuan
D.      peringatan

No 30.
Agar penguatan dapat berfungsi secara efektif dan dapat memperlancar pencapaian kompetensi dasar siswa maka prinsip yang harus diperhatikan adalah ....
A.      sikap hangat dan antusias
B.      diberikan setelah pelajaran selesai
C.      dapat dilakukan dengan cara perubahan posisi guru
D.      variasi dengan kesenyapan

No comments:

Post a Comment