No 21.
Manfaat keterampilan membuka pelajaran dalam pembelajaran
terpadu adalah ....
A.
memberikan gambaran yang jelas tentang aktivitas
belajar yang akan dilakukan dan batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa
B.
menyiapkan bahan-bahan untuk proses pembelajaran
C.
memantapkan pemahaman siswa tentang materi yang
lalu
D.
menetapkan kegiatan yang harus dilakukan siswa
untuk mengembangkan kompetensi yang telah dikuasai siswa
No 22.
Untuk membangkitkan motivasi siswa dalam keterampilan
membuka pelajaran, yang harus dilakukan guru adalah ....
A.
menimbulkan rasa ingin tahu
B.
mengajukan pertanyaan
C.
memberikan tugas yang harus dipecahkan bersama
D.
memberikan penguatan kepada siswa
No 23.
Salah satu komponen menutup pelajaran adalah melakukan
penilaian. Mengingat waktu yang diperlukan dalam penilaian terbatas maka cara
yang terbaik adalah ....
A.
meminta siswa melakukan pengamatan di
kebun/pekarangan sekolah
B.
meminta siswa untuk menyatakan pendapat tentang
bahan dan kegiatan belajar dari tema yang telah dibahas
C.
memberi soal untuk didiskusikan selama proses
pembelajaran
D.
memberikan soal-soal tertulis yang dikerjakan
secara cepat
No 24.
Dalam melakukan penilaian bahan ajar dan pengalaman belajar
yang ditetapkan harus sesuai dengan karakteristik dan perkembangan siswa. Hal
ini sesuai dengan prinsip ....
A.
kesinambungan
B.
kebermaknaan
C.
keutuhan
D.
keterbukaan
No 25.
Salah satu manfaat keterampilan bertanya dalam pembelajaran
terpadu adalah ....
A.
mengatasi kekurangan sumber belajar yang
diperlukan
B.
membantu siswa memahami berbagai konsep dari
tema yang sedang dipelajari
C.
mengetahui tingkat keberhasilan dari pelaksanaan
pembelajaran terpadu
D.
meningkatkan kegiatan belajar yang lebih
bervariasi dan bermakna
No 26.
Komponen kejelasan dalam keterampilan menjelaskan yang perlu
dikuasai guru adalah ....
A.
kelancaran ucapan dalam berbicara
B.
umpan balik
C.
pemberian acuan
D.
pemberian tekanan
No 27.
Suatu pertanyaan yang diajukan guru dan tidak dapat dijawab
oleh siswa atau jawaban tidak sesuai dengan keinginan guru, maka guru tidak
boleh tinggal diam. Komponen yang harus dikuasai guru untuk mengatasi masalah
ini adalah ....
A.
pemberian tuntunan
B.
pengungkapan pertanyaan yang jelas dan singkat
C.
pemberian waktu berpikir
D.
pemusatan
No 28.
Manfaat dari keterampilan mengadakan variasi dalam
pembelajaran terpadu adalah ....
A.
memelihara iklim kelas yang kondusif
B.
memberi kesempatan kepada siswa untuk
mengembangkan rasa ingin tahu tentang sesuatu yang baru dalam suatu tema yang
dipelajari
C.
memberikan kemudahan kepada siswa untuk
mempelajari isi tema yang dipelajari dan dianggap memiliki tingkat kesulitan
yang cukup tinggi
D.
menumbuhkan percaya diri siswa akan kemampuan
yang dimilikinya dan keberanian mengungkapkan pendapat sendiri
No 29.
Dalam memberi penguatan bentuk verbal, hal yang sebaiknya
dilakukan guru adalah memberi ....
A.
kegiatan yang menyenangkan
B.
simbol atau tanda
C.
pengakuan
D.
peringatan
No 30.
Agar penguatan dapat berfungsi secara efektif dan dapat
memperlancar pencapaian kompetensi dasar siswa maka prinsip yang harus
diperhatikan adalah ....
A.
sikap hangat dan antusias
B.
diberikan setelah pelajaran selesai
C.
dapat dilakukan dengan cara perubahan posisi
guru
D.
variasi dengan kesenyapan
No comments:
Post a Comment