No 41.
Contoh kompetensi dasar yang ingin dicapai adalah “Siswa
dapat menceritakan peristiwa alam”. Dari segi strategi pembelajaran pada satuan
pembelajaran, kita dapat melihat keterpaduan pembelajaran antara mata pelajaran
IPA dengan Bahasa Indonesia. Kelengkapan yang perlu disusun untuk kebutuhan
penilaian adalah, kecuali lembar ....
A.
soal
B.
pengamatan
C.
analisis kemampuan
D.
teks lagu
No 42.
Program yang dilakukan secara berkesinambungan untuk
menentukan keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan dalam pembelajaran terpadu
diidentifikasi sebagai suatu ....
A.
evaluasi
B.
penilaian
C.
observasi
D.
pengukuran
No 43.
Tujuan penilaian dalam pembelajaran terpadu adalah untuk
....
A.
menilai pembelajaran di kelas
B.
menentukan skor yang diperoleh siswa
C.
menentukan siswa yang berprestasi
D.
menilai hasil ujian siswa
No 44.
Penilaian yang dilakukan secara berencana, terus menerus dan
bertahap untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan tingkah laku siswa
sebagai hasil dari kegiatan belajar merupakan prinsip ....
A.
integral
B.
komprehensif
C.
berkesinambungan
D.
objektif
No 45.
Sasaran yang dinilai dalam penilaian proses adalah ....
A.
kemampuan siswa dalam menulis laporan
B.
masukan dari anak,orang tua, dan guru lain
tentang proses belajar yang sudah dilakukan
C.
penguasaan peserta didik terhadap apa yang sudah
dipelajarinya
D.
tingkat efektivitas kegiatan belajar mengajar
No 46.
Penilaian yang dilakukan dengan melihat siswa melakukan
tugas/proses atau produk yang dibuat siswa untuk selanjutnya melihat dan
menilai proses dan produk tersebut untuk menentukan tingkat pengetahuan atau
kemampuan siswa. Kegiatan tersebut merupakan bentuk penilaian alternatif ....
A.
cuplikan kerja
B.
portofolio
C.
catatan anekdotal
D.
rubrik
No 47.
Siswa kelas IV oleh pak Ali diharuskan memakai baju seragam
dan asesorisnya dengan benar sesuai aturan sekolah. Pada pelajaran IPS guru
ingin menilai aspek afektif dari siswa dengan topik “Disiplin”. Penerapan
bentuk penilaian yang digunakan oleh pak Ali yaitu ....
A.
portofolio
B.
angket
C.
observasi
D.
wawancara
No 48.
Kelebihan dari penggunaan teknik dalam penilaian adalah ....
A.
kualitas tes item rendah
B.
salah memilih bentuk tes
C.
kesalahan dalam skoring
D.
ranah afektif dapat diukur dengan tepat
No 49.
Dalam prosedur pengembangan penilaian, penilaian dapat
diarahkan pada proses maupun produk serta program. Kegiatan tersebut dapat
dilakukan pada tahap ....
A.
perencanaan
B.
pelaksanaan
C.
penyusunan laporan
D.
penyajian laporan
No 50.
Contoh format di atas adalah bentuk format penilaian dari
....
A.
rubrik
B.
observasi
C.
penilaian berkala
D.
portofolio
No comments:
Post a Comment