No 1.
a.
Benar, karena menurut Aminuddin
pembelajaran merupakan pendekatan pembelajaran yang menghubungkan berbagai mata
pelajaran yang mencerminkan dunia nyata di sekeliling dan dalam rentang
kemampuan dan perkembangan anak
b.
Salah, karena menurut Gestalt pembelajaran itu
haruslah bermakna dan menekankan juga pentingnya program pembelajaran yang
berorientasi pada kebutuhan perkembangan anak
c.
Salah, karena menurut Wolfinger pembelajaran
terpadu disikapi sebagai sebuah wawasan dan aktivitas berpikir dalam merancang
pembelajaran yang ditujukan untuk menghubungkan tema, topik, maupun pemahaman
dan keterampilan yang diperoleh siswa secara utuh
d.
Salah, karena asumsi Piaget termasuk ke dalam
teori Gestalt
No 2.
a.
Salah, karena merupakan faktor-faktor yang harus
diperhatikan dan dipertimbangkan oleh para guru pada waktu merencanakan dan
melaksanakan serta menilai proses dan hasil pembelajaran
b.
Salah, karena merupakan pendekatan pembelajaran
yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman belajar
yang bermakna bagi anak
c.
Benar, karena merupakan salah satu dari
beberapa karakteristik pembelajaran terpadu
d.
Salah, karena dalam pelaksanaan pembelajaran
terpadu ada beberapa prinsip, terutama pada saat penggalian tema, pelaksanaan
pembelajaran, dan pelaksanaan penilaianSalah, karena dalam pelaksanaan
pembelajaran terpadu ada beberapa prinsip, terutama pada saat penggalian tema,
pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan penilaian
No 3.
a.
Benar, karena filsafat menjadi landasan
utama yang melandasi aspek-aspek lainnya
b.
Salah, karena berkaitan dengan psikologi
perkembangan peserta didik dan psikologi/teori belajar
c.
Salah, karena tidak termasuk yang melandasi
lahirnya pembelajaran terpadu
d.
Salah, karena berkaitan dengan kondisi-kondisi
nyata yang pada umumnya terjadi dalam proses pembelajaran saat iniSalah, karena
berkaitan dengan kondisi-kondisi nyata yang pada umumnya terjadi dalam proses
pembelajaran saat ini
No 4.
a.
Salah, karena melihat pengalaman langsung siswa
sebagai kunci dalam pembelajaran
b.
Benar, karena terjadi proses berpikir
yang terkait dengan metakognisi
c.
Salah, karena tidak termasuk dalam landasan
filosofi
d.
Salah, karena melihat siswa dari segi
keunikan/kekhasan, potensi, dan motivasi yang dimiliki siswa
No 5.
a.
Benar, karena merupakan salah satu
prinsip penggalian tema
b.
Salah, karena merupakan prinsip proses pelaksanaan
pembelajaran terpadu
c.
Salah, karena merupakan prinsip proses
pelaksanaan pembelajaran terpadu
d.
Salah, karena merupakan proses penilaian
pembelajaran terpadu
No 6.
a.
Salah, karena landasan merupakan faktor-faktor
yang harus diperhatikan oleh guru pada waktu merencanakan, melaksanakan, dan
menilai proses dan hasil pembelajaran
b.
Salah, karena menurut karakteristik,
pembelajaran terpadu dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa
c.
Salah, karena untuk memberi kesempatan kepada
siswa untuk melakukan penilaian diri
d.
Benar, karena merupakan salah satu
manfaat pembelajaran terpadu
No 7.
a.
Salah, karena model jaringan merupakan pemaduan
pembelajaran yang mengandaikan kemungkinan pengubahan konsepsi, dan bentuk
pemecahan masalah
b.
Salah, karena merupakan pemaduan sejumlah topik
dari mata pelajaran yang berbeda
c.
Benar, karena sesuai dengan definisinya
d.
Salah, karena merupakan bentuk pemaduan
pembelajaran akibat adanya overlapping konsep atau ide pada dua mata pelajaran
atau lebih
No 8.
a.
Salah, karena merupakan bentuk keterpaduan yang
bertolak dari mata pelajaran tertentu
b.
Salah, karena merupakan bentuk pembelajaran
sejumlah mata pelajaran secara terpisah melalui sebuah tema
c.
Salah, karena merupakan bentuk pembelajarn yang
menggabungkan sejumlah mata pelajaran dalam sebuah tema
d.
Benar, karena merupakan definisi dari
bentuk integrated
No 9.
a.
Benar, karena guru yang belum
berpengalaman dapat melakukannya
b.
Salah, karena merupakan kekuatan model
keterhubungan
c.
Salah, karena merupakan kelemahan model jaring
laba-laba
d.
Salah, karena merupakan kekuatan model
keterhubungan
No 10.
a.
Salah, karena kegiatan inti merupakan kegiatan
pembelajaran yang menekankan pada proses pembentukan pengalaman belajar siswa
b.
Salah, karena kegiatan akhir merupakan kegiatan
untuk memantapkan pemahaman siswa terhadap kompetensi dasar dan bahan
pembelajaran yang telah dipelajari
c.
Salah, karena merupakan kegiatan lanjutan yang
ditempuh berdasarkan pada proses dan hasil belajar yang telah dicapai siswa
d.
Benar, karena merupakan kegiatan untuk
menciptakan kondisi-kondisi awal pembelajaran yang kondusif
No comments:
Post a Comment