Sunday, November 18, 2012

Soal Ujian Pembelajaran Terpadu di SD PDGK4205 (Bagian 1)


No 1.
Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang menghubungkan berbagai mata pelajaran yang mencerminkan dunia nyata di sekeliling anak dan dalam rentang kemampuan perkembangan anak. Pengertian tersebut dikemukakan oleh ....
A.      Aminuddin
B.      Gestalt
C.      Wolfinger
D.      Piaget

No 2.
Siswa diposisikan sebagai subjek belajar pada pendekatan belajar modern. Pada pembelajaran terpadu hal ini merupakan....
A.      landasan
B.      konsep
C.      karakteristik
D.      prinsip

No 3.
Pak Ali sedang merumuskan tujuan, kompetensi, dan meteri pembelajaran terpadu mata pelajaran IPS. Kegiatan Pak Ali tersebut merupakan contoh dari landasan ....
A.      filosofis
B.      psikologis
C.      edukatif
D.      praktis

No 4.
Proses menghubungkan pengetahuan dan pengalaman belajar dengan pengetahuan lain untuk menghasilkan sesuatu dikemukakan oleh aliran ....
A.      konstruktivisme
B.      progresivisme
C.      naturalisme
D.      humanisme

No 5.
Salah satu prinsip yang perlu diperhatikan dalam proses penggalian tema adalah ....
A.      tema tidak terlalu luas
B.      guru hendaknya tidak terlalu otoriter
C.      pemberian tanggung jawab individu harus jelas
D.      memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan penilaian diri

No 6.
Pada pembelajaran terpadu, gabungan dari berbagai mata pelajaran akan menghemat waktu karena tumpang tindih materi dapat dikurangi bahkan dihilangkan. Hal ini merupakan suatu ....
A.      landasan
B.      karakteristik
C.      prinsip
D.      manfaat

No 7.
Model yang dirancang untuk membantu siswa dalam menyaring dan memadukan berbagai pengalaman dan pengetahuan yang dihubungkan dengan medan pemakaiannya adalah ....  
A.      jaringan
B.      keterpaduan
C.      celupan
D.      bagian

No 8.
Bentuk pembelajaran yang memadukan sebuah konsep dari sejumlah mata pelajaran melalui hubungan tujuan-tujuan, isi, keterampilan, aktivitas, dan sikap merupakan bentuk keterpaduan ....
A.      discipline based
B.      multidisciplinary
C.      interdisciplinary
D.      integrated

No 9.
Di bawah ini yang merupakan kekuatan model jaring laba-laba dalam pembelajaran terpadu adalah ....
A.      guru yang dapat melakukannya
B.      konsep-konsep kunci belum berpengalaman dikembangkan siswa secara terus menerus
C.      guru dapat menjaga misi kurikulum
D.      dapat mengaitkan ide-ide dalam satu mata pelajaran

No 10.
Kegiatan yang harus ditempuh guru dan siswa pada setiap kali pelaksanaan pembelajaran dalam rangka menciptakan suasana awal pembelajaran yang efektif merupakan kegiatan ....
A.      inti
B.      akhir
C.      tindak lanjut
D.      pendahuluan

No comments:

Post a Comment