Kategori

Sunday, November 18, 2012

Kunci Jawaban Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204 (Bagian 2)


No 11.
a.      Benar, karena pada hakikatnya belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi
b.      Salah, karena dengan memahami unsur-unsur kalimat bukan merupakan belajar berkomunikasi;
c.       Salah, karena aturan/kaidah bahasa dapat dipelajari bersamaan dengan menggunakan bahasa
d.      Salah, karena pernyataan tersebut bagian dari prinsip empiris lainnya.

No 12.
a.       Salah, karena cara tersebut digunakan dalam teknik pemberian tugas
b.      Salah, karena tujuan teknik ramu pendapat bukan agar siswa tertarik belajar lebih lanjut, tetapi untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya
c.       Salah, karena usaha tersebut jelas digunakan dalam teknik pemberian tugas
d.      Benar, karena dengan cara tersebut guru dapat memperoleh banyak pendapat/informasi, dengan demikian banyak pula materi yang dapat didiskusikan.

No 13.
a.       Salah, karena pernyataan tersebut penekanan dalam CBSA
b.      Benar, karena untuk mendukung kemampuan komunikasi siswa, siswa harus diberi kesempatan sebanyak-banyaknya untuk melakukan komunikasi baik lisan maupun tulisan
c.       Salah, karena hal itu merupakan penekanan dari pendekatan keterampilan proses
d.      Salah, karena dalam berkomunikasi harus menguasai keempat keterampilan berbahasa.

No 14.
a.       Salah, karena dalam pembelajaran bahasa, untuk memperkaya kosakata harus banyak membaca
b.      Salah, karena untuk membuat pembelajaran Bahasa Indonesia lebih sederhana adalah dengan memilih materi pelajaran yang sesuai dengan kondisi sosial-budaya siswa
c.       Benar, karena dengan adanya tema pembelajaran bahasa dapat lebih terarah dan focus
d.      Salah, karena yang diperlukan dalam pembelajaran lintas materi adalah kemampuan siswa terhadap minimal dua keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan membaca dan menulis.

No 15.
a.       Salah, karena bukan merupakan langkah pembelajaran terpadu lintas kurikulum, karena hanya mengilustrasikan pembelajaran Bahasa Indonesia yang mencakup dua keterampilan berbahasa (berbicara-menyimak)
b.      Salah, karena bukan merupakan langkah pembelajaran terpadu lintas kurikulum, karena hanya mengilustrasikan pembelajaran Bahasa Indonesia yang mencakup dua keterampilan berbahasa (membaca-menulis)
c.       Salah, karena bukan merupakan langkah pembelajaran terpadu lintas kurikulum, karena hanya mengilustrasikan pembelajaran Bahasa Indonesia yang mencakup dua keterampilan berbahasa ( menyimak-menulis)
d.      Benar, karena ilustrasi tersebut mencakup mata pelajaran Bahasa Indonnesia dan Matematika.

No 16.
a.       Salah, karena merupakan pendapat Franklin Bobbit;
b.      Salah, karena pengertian kurikulum tersebut mrupakan pendapat Krug,
c.       Benar, karena menurut Johnson kurikulum merupakan alat ukur untuk mencapai tujuan pembelajaran
d.      Salah, karena pendapat tersebut dikemukakan oleh Harnack

No 17.
a.       Salah, karena tugas guru tidak hanya membuat satuan pelajaran, tetapi antara lain melaksanakan proses belajar-mengajar
b.      Benar, karena dalam menjalankan tugasnya sehari-hari guru memerlukan kurikulum
c.       Salah karena pedoman untuk mengevaluasi siswa merupakan fungsi kurikulum bagi kepala sekolah
d.      Salah, karena pernyataan tersebut merupakan fungsi kurikulum bagi sekolah.

No 18.
a.       Salah, karena orang pergi ke pantai pada umumnya untuk rekreasi.
b.      Benar, karena peristiwa meletusnya gunung Krakataubukan bukan merupakan pengalaman rekreasi.
c.       Benar, karena pergi ke Danau Toba merupakan pengalaman yang mengindikasikan rekreasi.
d.      Benar, karena pergi ke Kebun Raya mengindikasikan rekreasi.

No 19.
a.       Salah, karena kompetensi dasar yang tepat adalah cukup membaca dongeng
b.      Benar, karena pernyataan tersebut merupakan rumusan hasil belajar
c.       Salah, karena indikator yang tepat adalah membacakan dongeng dengan penghayatan sesuai isi: dengan lafal dan intonasi yang sesuai
d.      Salah, karena materi pokok yang tepat adalah teks dongeng

No 20.
a.       Salah, karena dengan memparafrasekan cerita fiksi, siswa dapat memahami isi cerita.
b.      Benar, karena indikator tersebut tidak sesuai hasil belajar.
c.       Salah, karena indikator tersebut tidak sesuai dengan materi dan hasil belajar yang diharapkan
d.      Salah, karena dengan mengajukan dan dapat menjawab pertanyaan yang sesuai isi cerita, berarti siswa memahami isi cerita

No comments:

Post a Comment