Sunday, November 18, 2012

Kunci Jawaban Pembelajaran Terpadu di SD PDGK4205 (Bagian 1)


No 1.
a.      Benar, karena menurut Aminuddin pembelajaran merupakan pendekatan pembelajaran yang menghubungkan berbagai mata pelajaran yang mencerminkan dunia nyata di sekeliling dan dalam rentang kemampuan dan perkembangan anak
b.      Salah, karena menurut Gestalt pembelajaran itu haruslah bermakna dan menekankan juga pentingnya program pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan perkembangan anak
c.       Salah, karena menurut Wolfinger pembelajaran terpadu disikapi sebagai sebuah wawasan dan aktivitas berpikir dalam merancang pembelajaran yang ditujukan untuk menghubungkan tema, topik, maupun pemahaman dan keterampilan yang diperoleh siswa secara utuh
d.      Salah, karena asumsi Piaget termasuk ke dalam teori Gestalt

No 2.
a.       Salah, karena merupakan faktor-faktor yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan oleh para guru pada waktu merencanakan dan melaksanakan serta menilai proses dan hasil pembelajaran
b.      Salah, karena merupakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi anak
c.       Benar, karena merupakan salah satu dari beberapa karakteristik pembelajaran terpadu
d.      Salah, karena dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu ada beberapa prinsip, terutama pada saat penggalian tema, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan penilaianSalah, karena dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu ada beberapa prinsip, terutama pada saat penggalian tema, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan penilaian

No 3.
a.      Benar, karena filsafat menjadi landasan utama yang melandasi aspek-aspek lainnya
b.      Salah, karena berkaitan dengan psikologi perkembangan peserta didik dan psikologi/teori belajar
c.       Salah, karena tidak termasuk yang melandasi lahirnya pembelajaran terpadu
d.      Salah, karena berkaitan dengan kondisi-kondisi nyata yang pada umumnya terjadi dalam proses pembelajaran saat iniSalah, karena berkaitan dengan kondisi-kondisi nyata yang pada umumnya terjadi dalam proses pembelajaran saat ini

No 4.
a.       Salah, karena melihat pengalaman langsung siswa sebagai kunci dalam pembelajaran
b.      Benar, karena terjadi proses berpikir yang terkait dengan metakognisi
c.       Salah, karena tidak termasuk dalam landasan filosofi
d.      Salah, karena melihat siswa dari segi keunikan/kekhasan, potensi, dan motivasi yang dimiliki siswa

No 5.
a.      Benar, karena merupakan salah satu prinsip penggalian tema
b.      Salah, karena merupakan prinsip proses pelaksanaan pembelajaran terpadu
c.       Salah, karena merupakan prinsip proses pelaksanaan pembelajaran terpadu
d.      Salah, karena merupakan proses penilaian pembelajaran terpadu

No 6.
a.       Salah, karena landasan merupakan faktor-faktor yang harus diperhatikan oleh guru pada waktu merencanakan, melaksanakan, dan menilai proses dan hasil pembelajaran
b.      Salah, karena menurut karakteristik, pembelajaran terpadu dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa
c.       Salah, karena untuk memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan penilaian diri
d.      Benar, karena merupakan salah satu manfaat pembelajaran terpadu

No 7.
a.       Salah, karena model jaringan merupakan pemaduan pembelajaran yang mengandaikan kemungkinan pengubahan konsepsi, dan bentuk pemecahan masalah
b.      Salah, karena merupakan pemaduan sejumlah topik dari mata pelajaran yang berbeda
c.       Benar, karena sesuai dengan definisinya
d.      Salah, karena merupakan bentuk pemaduan pembelajaran akibat adanya overlapping konsep atau ide pada dua mata pelajaran atau lebih

No 8.
a.       Salah, karena merupakan bentuk keterpaduan yang bertolak dari mata pelajaran tertentu
b.      Salah, karena merupakan bentuk pembelajaran sejumlah mata pelajaran secara terpisah melalui sebuah tema
c.       Salah, karena merupakan bentuk pembelajarn yang menggabungkan sejumlah mata pelajaran dalam sebuah tema
d.      Benar, karena merupakan definisi dari bentuk integrated

No 9.
a.      Benar, karena guru yang belum berpengalaman dapat melakukannya
b.      Salah, karena merupakan kekuatan model keterhubungan
c.       Salah, karena merupakan kelemahan model jaring laba-laba
d.      Salah, karena merupakan kekuatan model keterhubungan

No 10.
a.       Salah, karena kegiatan inti merupakan kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses pembentukan pengalaman belajar siswa
b.      Salah, karena kegiatan akhir merupakan kegiatan untuk memantapkan pemahaman siswa terhadap kompetensi dasar dan bahan pembelajaran yang telah dipelajari
c.       Salah, karena merupakan kegiatan lanjutan yang ditempuh berdasarkan pada proses dan hasil belajar yang telah dicapai siswa
d.      Benar, karena merupakan kegiatan untuk menciptakan kondisi-kondisi awal pembelajaran yang kondusif

No comments:

Post a Comment