No 41.
Pernyataan berikut ini merupakan tujuan pokok dari kegiatan
show case dalam pembelajaran portofolio, kecuali....
A.
untuk menginformasikan kepada hadirin tentang
pentingnya masalah yang diidentifikasi di masyarakat
B.
untuk menjelaskan dan mengevaluasi kebijakan
alternatif mengatasi masalah sehingga hadirin dapat memahami keuntungan dan
kerugian dari setiap kebijakan tersebut
C.
untuk mendiskusikan kebijakan yang dipilih kelas
sebagai kebijakan terbaik untuk mengatasi masalah
D.
agar siswa menyadari apa yang mereka ketahui
tentang masalah di masyarakat
No 42.
Berikut ini yang bukan merupakan sikap dan perbuatan yang
harus dilakukan oleh setiap warga negara dalam upaya membina ketertiban sebagai
perwujudan atau manifestasi warga negara yang cerdas, adalah....
A.
menggunakan hak yang dimiliki sesuai dengan
kaidah-kaidah normatif yang berlaku, seperti norma agama, kesusilaan, kesopanan
dan agama
B.
menghargai hak dan kewajiban serta kepentingan
orang lain
C.
menjunjung tinggi toleransi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
D.
keanekaragaman dalam masyarakat harus dihapus
digantikan dengan kesamaan dalam semua aspek agar tidak timbul konflik
No 43.
Potensi dasar mental manusia yang merupakan keinginan atau
kehendak terhadap sesuatu adalah...
A.
Sense of interest
B.
Sense of curiosity
C.
Sense of reality
D.
Sense of inquiry
No 44.
Perasaan yang menghayati tindakan dan motif orang lain
dengan rasa kecurigaan, merupakan sikap....
A.
apatisme
B.
sinisme
C.
alienasi
D.
anomie
No 45.
Tanggung jawab bersumber atau lahir atas penggunaaan
fasilitas dalam penerapan kemampuan tiap orang untuk menggunakan hak atau dan
melaksanakan kewajibannya, merupakan pandangan dari.....
A.
Purbacaraka
B.
Ridwan Halim
C.
Plato
D.
Aristoteles
No 46.
Perwujudan sikap toleransi dalam kehidupan beragama, antara
lain dapat dimanifestasikan sebagai berikut, kecuali....
A.
bergaul atau berinteraksi dengan sesama warga
masyarakat dengan tidak menonjolkan perbedaan agama, keturunan, bahasa, budaya,
ras atau etnik
B.
tidak melakukan tindakan yang memprovokasi,
seperti mangadu domba, rasa kedaerahan yang sempit maupun etnosentrisme,
pelecehan ajaran agama tertentu
C.
tidak mencampuradukkan ajaran-ajaran agama yang
satu dengan lainnya
D.
melakukan kegiatan ritual setiap agama, agar
dapat menghayati setiap agama yang ada di lingkungannya
No 47.
Menurut Jarolimek dan WC Parker bahwa dalam hubungannya
degan proses pembelajaran, penilaian yang dilakukan oleh guru bertujuan untuk,
kecuali....
A.
membantu mengklarifikasi tujuan pembelajaran
bagi peserta didik
B.
menginformasikan kelebihan dan kekurangan
peserta didik dalam belajar
C.
menginformasikan peserta didik bagaimana
meningkatkan proses dan hasil belajarnya
D.
sebagai alat bagi guru untuk mengancam siswa
apabila melanggar tata tertib atau melakukan perbuatan yang dianggap guru tidak
baik
No 48.
Penilaian kelas harus mengukur apa yang seharusnya di ukur
dengan menggunakan alat yang dapat dipercaya, tepat, dan sahih merupakan
prinsip....
A.
valid
B.
mendidik
C.
berorientasi pada kompetensi
D.
adil dan objektif
No 49.
Model penilaian yang digunakan untuk mengetahui bagaimana
respon atau pendapat siswa terhadap suatu permasalahan yang berkaitan dengan
materi atau pokok bahasan/sub pokok bahasan yang diajarkan, adalah....
A.
model penilaian daftar cocok
B.
model penilaian catatan anekdot
C.
model penilaian skala bertingkat
D.
model penilaian sosiometri
No 50.
Karakter penilaian portofolio dimana bahan-bahan yang
dikembangkan oleh siswa benar-benar nyata dikembangkan dan disusun oleh siswa,
merupakan karakteristik....
A.
multi sumber
B.
authentic
C.
eksplisit
D.
integrasi
No comments:
Post a Comment