Friday, October 26, 2012

Soal Ujian Pembelajaran PKn di SD PDGK4201 (bagian 4)


No 31.
 Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat merupakan konsep demokrasi menurut....
A.      Hornby
B.      Abraham Lincoln
C.      Torres
D.      Miriam Budiarjo

No 32.
Pendidikan demokrasi adalah upaya sistematis yang dilakukan negara dan masyarakat untuk menfasilitasi individu warga negara agar memahami, menghayati, mengamalkan dan mengembangkan konsep, prinsip dan nilai demokrasi sesuai dengan status perannya dalam masyarakat, merupakan pandangan dari....
A.      Udin S. Winataputra
B.      Numan Somantri
C.      Gandal dan Finn
D.      Thomas Jefferson

No 33.
Paradigma pendidikan demokrasi yang perlu dikembangkan dalam lingkungan sekolah adalah pendidikan demokrasi yang bersifat multidimensional atau bersisi jamak. Sifat multidimensionalitasnya tersebut terletak pada hal-hal berikut, kecuali....
A.      pandangannya yang pluralistik uniter
B.      sikapnya dalam menempatkan individu, negara, dan masyarakat global yang harmonis
C.      tujuannya yang diarahkan pada semua dimensi kecerdasan
D.      konteks yang menghasilkan pengalaman belajar yang eksklusif


No 34.
Sesuatu yang merujuk kepada tuntunan perilaku yang membedakan perbuatan yang baik dan buruk atau dapat diartikan sebagai kualitas kebaikan yang melekat pada sesuatu, merupakan arti dari....
A.      konsep
B.      nilai
C.      moral
D.      norma

No 35.
Yang menjadi WNI adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara terdapat dalam ....
A.      pasal 26 ayat 1 UUD 1945
B.      pasal 27 UUD 1945
C.      pasal 28 UUD 1945
D.      pasal 29 UUD 1945

No 36.
Bela negara dapat terwujud bila dilandasi oleh adanya tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut didasarkan oleh, kecuali....
A.      kecintaan pada tanah air
B.      kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia
C.      keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai ideologi negara, dan kerelaan berkorban
D.      kesetiaan terhadap pimpinan, walaupun dalam keadaan salah atau benar

No 37.
Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan kekuatan atau keunggulan dari pembelajaran tematik, adalah....
A.      pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa
B.      menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan guru
C.      hasil belajar akan bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna
D.      mengembangkan keterampilan berpikir siswa dengan permasalahannya yang dihadapi

No 38.
Model pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan tema tertentu yang berkecenderungan dapat disampaikan melalui beberapa mata pelajaran merupakan model....
A.      webbed
B.      connected
C.      integrated
D.      networked

No 39.
Langkah pertama dalam pembelajaran portofolio menurut Center for Civic Education, adalah....
A.      mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat
B.      memilih masalah untuk kajian kelas
C.      mengumpulkan informasi tentang masalah yang akan dikaji oleh kelas
D.      mengembangkan portofolio kelas

No 40.
Berikut ini merupakan tujuan dari tahap mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat, kecuali....
A.      agar siswa menyadari apa yang mereka ketahui tentang masalah di masyarakat
B.      agar mendiskusikan permasalahan ini dengan orang tua siswa, tetangga, atau anggota masyarakat lain untuk menemukan apa yang mereka ketahui dan apa yang mereka pikirkan tentang permasalahan ini
C.      mengumpulkan informasi yang cukup untuk memilih masalah yang disepakati oleh mayoritas siswa
D.      mengkaji informasi yang telah dikumpulkan yang dianggap paling penting

No comments:

Post a Comment