No 31.
Demokrasi adalah
pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat merupakan konsep
demokrasi menurut....
A.
Hornby
B.
Abraham Lincoln
C.
Torres
D.
Miriam Budiarjo
No 32.
Pendidikan demokrasi adalah upaya sistematis yang dilakukan
negara dan masyarakat untuk menfasilitasi individu warga negara agar memahami,
menghayati, mengamalkan dan mengembangkan konsep, prinsip dan nilai demokrasi
sesuai dengan status perannya dalam masyarakat, merupakan pandangan dari....
A.
Udin S. Winataputra
B.
Numan Somantri
C.
Gandal dan Finn
D.
Thomas Jefferson
No 33.
Paradigma pendidikan demokrasi yang perlu dikembangkan dalam
lingkungan sekolah adalah pendidikan demokrasi yang bersifat multidimensional
atau bersisi jamak. Sifat multidimensionalitasnya tersebut terletak pada
hal-hal berikut, kecuali....
A.
pandangannya yang pluralistik uniter
B.
sikapnya dalam menempatkan individu, negara, dan
masyarakat global yang harmonis
C.
tujuannya yang diarahkan pada semua dimensi
kecerdasan
D.
konteks yang menghasilkan pengalaman belajar
yang eksklusif
No 34.
Sesuatu yang merujuk kepada tuntunan perilaku yang
membedakan perbuatan yang baik dan buruk atau dapat diartikan sebagai kualitas
kebaikan yang melekat pada sesuatu, merupakan arti dari....
A.
konsep
B.
nilai
C.
moral
D.
norma
No 35.
Yang menjadi WNI adalah orang-orang bangsa Indonesia asli
dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga
negara terdapat dalam ....
A.
pasal 26 ayat 1 UUD 1945
B.
pasal 27 UUD 1945
C.
pasal 28 UUD 1945
D.
pasal 29 UUD 1945
No 36.
Bela negara dapat terwujud bila dilandasi oleh adanya tekad,
sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan
berlanjut didasarkan oleh, kecuali....
A.
kecintaan pada tanah air
B.
kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia
C.
keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai
ideologi negara, dan kerelaan berkorban
D.
kesetiaan terhadap pimpinan, walaupun dalam
keadaan salah atau benar
No 37.
Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan kekuatan atau
keunggulan dari pembelajaran tematik, adalah....
A.
pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan
tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa
B.
menyenangkan karena bertolak dari minat dan
kebutuhan guru
C.
hasil belajar akan bertahan lama karena lebih berkesan
dan bermakna
D.
mengembangkan keterampilan berpikir siswa dengan
permasalahannya yang dihadapi
No 38.
Model pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan tema
tertentu yang berkecenderungan dapat disampaikan melalui beberapa mata
pelajaran merupakan model....
A.
webbed
B.
connected
C.
integrated
D.
networked
No 39.
Langkah pertama dalam pembelajaran portofolio menurut Center
for Civic Education, adalah....
A.
mengidentifikasi masalah yang ada dalam
masyarakat
B.
memilih masalah untuk kajian kelas
C.
mengumpulkan informasi tentang masalah yang akan
dikaji oleh kelas
D.
mengembangkan portofolio kelas
No 40.
Berikut ini merupakan tujuan dari tahap mengidentifikasi
masalah yang ada dalam masyarakat, kecuali....
A.
agar siswa menyadari apa yang mereka ketahui
tentang masalah di masyarakat
B.
agar mendiskusikan permasalahan ini dengan orang
tua siswa, tetangga, atau anggota masyarakat lain untuk menemukan apa yang
mereka ketahui dan apa yang mereka pikirkan tentang permasalahan ini
C.
mengumpulkan informasi yang cukup untuk memilih
masalah yang disepakati oleh mayoritas siswa
D.
mengkaji informasi yang telah dikumpulkan yang
dianggap paling penting
No comments:
Post a Comment