Friday, October 26, 2012

Soal Ujian Pembelajaran PKn di SD PDGK4201 (bagian 1)


No 1.
Dalam kurikulum di bawah ini yang sudah mengenal istilah pendidikan kewarganegaraan adalah kurikulum ....
A.      tahun 1946
B.      tahun 1957
C.      tahun 1961
D.      tahun 1968

No 2.
Menurut Permendiknas No. 22 tahun 2006, bahwa tujuan dari mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut. Kecuali….
A.      berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
B.      berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab, bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti korupsi
C.      berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
D.      berinteraksi dengan bangsa-bangsa lainnya dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan mengikuti salah satu blok pertahanan agar negara lebih kuat

No 3.
Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan alasan bahwa PKN sebagai mata pelajaran yang mengusung misi pendidikan nilai dan moral, adalah….
A.      materi PKN adalah konsep-konsep nilai Pancasila dan UUD 45 berserta dinamika perwujudan dalam kehidupan masyarakat negara Indonesia
B.      sasaran belajar akhir PKN adalah perwujudan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam bentuk perilaku nyata kehidupan sehari-hari
C.      proses pembelajarannya menuntut terlibatnya emosional, intelektual, dan sosial dari peserta didik dan guru sehingga nilai-nilai tersebut bukan hanya dipahami tetapi dihayati sekaligus dilaksanakan
D.      materi PKN merupakan kebijakan pemerintah yang harus dilaksanakan oleh seluruh warga negara Indonesia, apabila tidak dilaksanakan maka akan mendapatkan sangsi tegas

No 4.
Dalam pendidikan nilai, substansi nilai tidaklah semata-mata ditangkap dan diajarkan tetapi lebih jauh, nilai dicerna dalam arti ditangkap, diinternalisasi, dan dibakukan sebagai bagian yang melekat dalam kualitas pribadi seseorang melalui proses belajar, merupakan pandangan dari….
A.      Hermannu
B.      Lickona
C.      Bloom
D.      Alisyahbana

No 5.
Menurut Permendiknas No. 22 Tahun 2006, bahwa substansi kurikuler yang didalamnya mengandung nilai dan moral persatuan dan kesatuan bangsa meliputi, antara lain....
A.      hidup rukun dalam perbedaan
B.      tertib dala kehidupan keluarga
C.      hak dan kewajiban anggota masyarakat
D.      harga diri sebagai warga negara

No 6.
Berkaitan dengan hubungan interaktif pengembangan nilai dan moral, bahwa pendidikan moral merupakan aspek yang esensial bagi perkembangan dan berhailnya kehidupan demokrasi, merupakan pandangan dari....
A.      Hermann
B.      Lickona
C.      Bloom
D.      Alisyahbana

No 7.
Menurut Piaget, perkembangan dalam tahapan kesadaran mengenai aturan, dimana aturan dirasakan sebagai hal yang tidak bersifat memaksa adalah usia antara....
A.      0 – 2 tahun
B.      2 – 8 tahun
C.      8 – 12 tahun
D.      12 – 15 tahun

No 8.
Bahwa sesuatu hal dipandang baik dengan pertimbangan untuk memenuhi anggapan orang lain baik karena memang telah disepakati, merupakan ciri dari tahap perkembangan moral, yaitu....
A.      orientasi hukuman dan kapatuhan
B.      orientasi instrumental nisbi
C.      orientasi kesepakatan timbal balik
D.      orientasi hukum dan ketertiban


No 9.
Pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana utama serta esensi pendidikan demokrasi di Indonesia, yang dilaksanakan dengan fokus kecerdasan dan daya nalar warga negara baik dalam dimensi spiritual, rasional, emosional, maupun sosial adalah....
A.      civic responsibility
B.      civic intelligence
C.      civic participation
D.      civic education

No 10.
Pendidikan yang memungkinkan siswa mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajibannya, merupakan fungsi dan peran pendidikan kewarganegaraan sebagai....
A.      pendidikan nilai dan moral
B.      pendidikan politik
C.      pendidikan kewarganegaraan
pendidikan hukum dan kemasyarakatan

No comments:

Post a Comment