Friday, October 26, 2012

Soal Ujian Pembelajaran IPA di SD PDGK4202 (bagian 3)


No 21.
Model belajar penemuan dipandang sebagai suatu belajar yang terjadi apabila siswa tidak diberi konsep namun melakukan penemuan tentang konsep tersebut. Model belajar tersebut dimaksudkan agar siswa ....            
1.       menemukan pengetahuan secara aktif
2.       mampu memecahkan masalah
3.       mendapatkan pengetahuan yang bermakna
               
No 22.
Bruner mengembangkan pembelajaran yang dikenal dengan model pembelajaran penemuan. Contoh model pembelajaran penemuan bagi siswa SD diantaranya dapat diterangkan melalui kegiatan siswa ....            
1.       mengamati perubahan wujud
2.       menggambarkan contoh bunga lengkap
3.       membuat rancangan aliran listrik searah dan parallel

No 23.
Pandangan Piaget bila dikaitkan dengan pandangan Bruner dapat ditunjukkan oleh hal beriku: 
1.       anak pada tahap sensori motorik sejajar dengan anak pada tahap penampilan enaktif
2.       anak pada tahap pre-operasional sejajar dengan anak pada tahap penambilan ikonik
3.       anak pada tahap operasional formal / logis sejajar denghan anak pada tahap simbolik
               
No 24.
Taksonomi hasil belajar menurut Gagne diantaranya adalah ....                 
1.       informasi verbal
2.       keterampilan-keterampilan intelektual
3.       strategi kognitif
               
No 25.
Berdasarkan skema diatas dapat dijelaskan bahwa          
1.       Hewan menggunakan oksigen untuk mempertahankan proses hidup
2.       Tumbuhan menggunakan hewan dan karbon dioksida untuk mempertahan proses hidup
3.       Tumbuhan mengeluarkan oksigen

No 26.
Dalam pembelajaran IPA di SD, pendekatan yang dilakukan guru meliputi ....      
1.       Inkuiri Ilmiah
2.       Bekerja dan bersikap ilmiah
3.       Keterampilan berkomunikasi

No 27.
Pembelajaran IPA tentang makhluk hidup dan proses kehidupan di kelas III mendeskripsikan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan dan pengaruhnya terhadap kesehatan. Pendekatan pembelajaran yang dapat dilakukan guru antara lain:             
1.       menggunakan lingkungan sekolah / halaman sekolah sebagai sumber belajar
2.       menjelaskan tentang penyebab sungai tercemar
3.       menjelaskan cara mencintai lingkungan agar bersih dan sehat
               
No 28.
Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV dengan topik bahasan Energi dan Perubahannya mempunyai kompetensi dasar peserta didik mampu menyimpulkan dari hasilo percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda. Pendekatan yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran tersebut antara lain adalah ....           
1.       mendefinisikan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara
2.       melakukan analisis, sintesis dan evaluasi dalam membuat parasut dari plastik
3.       membuat kapal berbaling-baling dari logam
               
No 29.
Metoda diskusi dapat dipilih guru untuk melengkapi kegiatan percobaan yang telah dilakukan siswa. Namun guru perlu menguasai / memahami keaktifan tiap individu siswa karena kelemahan penggunaan metoda diskusi antara lain adalah ....                 
1.       mempertinggi peran serta siswa secara perorangan
2.       pembicaraan didominasi oleh pinpinan diskusi
3.       siswa yang pandai cenderung aktif berbicara
               
No 30.
Pembelajaran IPA dengan topik terapung, melayang, dan tenggelam untuk siswa kelas III akan lebih tepat diberikan bila guru menggunakan metoda ....                
1.       eksperimen
2.       diskusi
3.       demonstrasi

No comments:

Post a Comment