No 11.
Di halaman sekolah terdapat 50 tanaman berdaun hijau. Pak
guru meminta siswa mengamati bentuk / jenis daun dari seluruh tanaman yang
tumbuh di halaman sekolah. Selain daun, siswa juga diminta mengamati 5 jenis
bunga yang tumbuh pada tanaman tersebut. Ke-50 jenis daun dari tanaman yang ada
di sekolah dapat digolongkan sebagai:
A.
Sampel
B.
Populasi
C.
Survey
D.
Variabel
No 12.
Pada pembelajaran IPA dengan bahasan "Air menekan ke
segala arah dan semakin ke bawah tekanan semakin besar", menggunakan bahan
air dan peralatan ....
A.
kaleng yang dilubangi dan plastisin sebagai
penutup kubang
B.
wadah / gelas dan pasir dan diberi air
C.
kaleng berisi air dan dipanaskan
D.
wadah / gelas, pengaduk, garam, gula
No 13.
Pembelajaran terintegrasi inter disiplin dengan tema Air dan
kegunaannya untuk siswa kelas IV dapat dilakukan melalui tahapan ....
A.
mengkaitkan konsep-konsep sifat air, wujud air,
manfaat air bagi makhluk hidup
B.
mengkaitkan konsep-konsep sifat air, fungsi air,
jumlah air yang dibutuhkan bagi masayarakat sekitar / penjernihan air
C.
mengkaitkan konsep-konsep sifat air, jumlah
debit air yang mengalir pada sungai, manfaat air
D.
mengkaitkan konsep-konsep sifat air, wujud air,
rumus molekul air dan fungsi air sebagai penghantar listrik
No 14.
Pembelajaran terintegrasi untuk siswa SD kelas tinggi dapat
diberikan berdasarkan keterkaitan antar konsep dalam mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Indonesia.
Tema yang dipilih pada pembelajaran tersebut antara lain ....
A.
Matahari
B.
Pasar
C.
Banjir
D.
Benda padat, cair, dan gas
No 15.
Contoh alat evaluasi hasil belajar kepribadian diantaranya
dapat ditunjukkan melalui pernyataan ....
A.
Dalam kerja kelompok, setiap anggota kelompok
mendengarkan pendapat anggota kelompoknya
B.
Penanaman pohon palem hendaknya berjarak minimal
3 meter
C.
Harus ada pembagian kerja yang sama untuk setiap
anggota kelompok
D.
Siswa yang pandai harus membantu siswa yang
lambat dalam bekerja
No 16.
Langkah-langkah pembelajaran yang dapat dipilih guru dalam
membelajarkan sistem pencernaan antara lain adalah melakukan kegiatan awal
dengan ....
A.
menjelaskan susunan alat pencernaan
B.
menanyakan fungsi alat-alat pencernaan dalam
tubuh
C.
menerangkan macam-macam alat pencernaan yang
tertera pada alat peraga
D.
meminta siswa memakan biscuit yang diberikan
guru, lalu bertanya tentang kemana jalannya makanan setelah ditelan
No 17.
Komponen silabus yang dikembangkan oleh guru yang berisi tentang
penjabaran kompetensi yang ingin diperoleh siswa dia akhir setiap kegiatan
pembelajaran tercantum dalam ....
A.
Indikator
B.
Materi pokok bahasan
C.
Kegiatan pembelajaran
D.
Kompetensi dasar
No 18.
Dalam menyusun rancangan pembelajaran konsep esensial
tentang Perpindahan Energi, kegiatan yang diberikan guru antara lain adalah
guru ....
A.
mendeskripsikan perubahan energi listrik menjadi
energi lain
B.
menyajikan informasi tentang perpindahan dan
perubahan energi listrik secara lengkap
C.
menjelaskan cara perpindahan energi
D.
mendemonstrasikan contoh berbagai cara
perpindahan energi listrik
No 19.
Siswa Kelas III Sekolah Dasar telah berada pada tahap
konkret operasional, pada pembelajaran IPA di kelas dengan bahasan "Perubahan
Wujud Zat" contoh yang dapat diberikan guru adalah memperlihatkan proses
perubahan wujud dari ....
1.
cair menjadi padat dengan menggunakan air dan
alat pendingin
2.
padat menjadi uap dengan menggunakan kapur barus
3.
uap menjadi cair dengan menggunakan air dan alat
pemanas
No 20.
Perbedaan pengertian asimilasi dan akomodasi dalam
membangaun pemahaman dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.
asimilasi merupakan proses peningkatan
pengetahuan kompleks melalui penggunaan pemahaman sebelumnya
2.
akomodasi adalah perubahan struktur mental awal
anak sesuai dengan pengalamannya
3.
asimilasi merupakan penanaman struktur mental
yang beradaptasi dengan struktur fisik
No comments:
Post a Comment