No 21.
Model belajar penemuan dipandang sebagai suatu belajar yang
terjadi apabila siswa tidak diberi konsep namun melakukan penemuan tentang
konsep tersebut. Model belajar tersebut dimaksudkan agar siswa ....
1.
menemukan pengetahuan secara aktif
2.
mampu memecahkan masalah
3.
mendapatkan pengetahuan yang bermakna
No 22.
Bruner mengembangkan pembelajaran yang dikenal dengan model
pembelajaran penemuan. Contoh model pembelajaran penemuan bagi siswa SD
diantaranya dapat diterangkan melalui kegiatan siswa ....
1.
mengamati perubahan wujud
2.
menggambarkan contoh bunga lengkap
3.
membuat rancangan aliran listrik searah dan
parallel
No 23.
Pandangan Piaget bila dikaitkan dengan pandangan Bruner
dapat ditunjukkan oleh hal beriku:
1.
anak pada tahap sensori motorik sejajar dengan
anak pada tahap penampilan enaktif
2.
anak pada tahap pre-operasional sejajar dengan
anak pada tahap penambilan ikonik
3.
anak pada tahap operasional formal / logis
sejajar denghan anak pada tahap simbolik
No 24.
Taksonomi hasil belajar menurut Gagne diantaranya adalah ....
1.
informasi verbal
2.
keterampilan-keterampilan intelektual
3.
strategi kognitif
No 25.
Berdasarkan skema diatas dapat dijelaskan bahwa
1.
Hewan menggunakan oksigen untuk mempertahankan
proses hidup
2.
Tumbuhan menggunakan hewan dan karbon dioksida
untuk mempertahan proses hidup
3.
Tumbuhan mengeluarkan oksigen
No 26.
Dalam pembelajaran IPA di SD, pendekatan yang dilakukan guru
meliputi ....
1.
Inkuiri Ilmiah
2.
Bekerja dan bersikap ilmiah
3.
Keterampilan berkomunikasi
No 27.
Pembelajaran IPA tentang makhluk hidup dan proses kehidupan
di kelas III mendeskripsikan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak
sehat berdasarkan pengamatan dan pengaruhnya terhadap kesehatan. Pendekatan
pembelajaran yang dapat dilakukan guru antara lain:
1.
menggunakan lingkungan sekolah / halaman sekolah
sebagai sumber belajar
2.
menjelaskan tentang penyebab sungai tercemar
3.
menjelaskan cara mencintai lingkungan agar
bersih dan sehat
No 28.
Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV dengan
topik bahasan Energi dan Perubahannya mempunyai kompetensi dasar peserta didik
mampu menyimpulkan dari hasilo percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak dan
bentuk suatu benda. Pendekatan yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran
tersebut antara lain adalah ....
1.
mendefinisikan perubahan energi gerak akibat
pengaruh udara
2.
melakukan analisis, sintesis dan evaluasi dalam
membuat parasut dari plastik
3.
membuat kapal berbaling-baling dari logam
No 29.
Metoda diskusi dapat dipilih guru untuk melengkapi kegiatan
percobaan yang telah dilakukan siswa. Namun guru perlu menguasai / memahami
keaktifan tiap individu siswa karena kelemahan penggunaan metoda diskusi antara
lain adalah ....
1.
mempertinggi peran serta siswa secara perorangan
2.
pembicaraan didominasi oleh pinpinan diskusi
3.
siswa yang pandai cenderung aktif berbicara
No 30.
Pembelajaran IPA dengan topik terapung, melayang, dan
tenggelam untuk siswa kelas III akan lebih tepat diberikan bila guru
menggunakan metoda ....
1.
eksperimen
2.
diskusi
3.
demonstrasi
No comments:
Post a Comment