No 1.
Piaget membagi perkembangan mental anak menjadi empat
tahapan. Tahapan dimana anak telah dapat melakukan konservasi logika tentang
kelas dikenal ....
A.
Sensori motor
B.
Pre-Operasional
C.
Konkret Operasional
D.
Formal Operasional
No 2.
Pembelajaran IPA dengan bahasan udara yang bergerak
mempunyai tekanan yang lebih rendah daripada udara diam diberikan alat peraga
dua bola pimpong, benang, dan kayu. Dengan menggunakan pendekatan teori piaget,
pembelajaran tersebut tepat diberikan pada anak pada tahap ....
A.
Sensori motorik
B.
Pre-Operasional
C.
Konkret Operasional
D.
Formal Operasional
No 3.
Taksonomi hasil belajar menurut Gagne diantaranya
diperolehnya keterampilan intelektual siswa. Contoh keterampilan intelektual
siswa dapat diketahui melalui ....
A.
Penjelasan guru tentang fakta dan konsep
B.
Pertanyaan guru tentang bagaimana membedakan
atau bagaimana mendefinisikan suatu konsep
C.
Pertanyaan tentang nama penemu
D.
Penejelasan tentang generalisasi suatu konsep
No 4.
Keterampilan intelektual dapat dijelaskan sebagai
keterampilan diskriminasi konsep konkret, konsep terdefinisim, dan aturan
keterampilan diskriminasi suatu konsep dapat dicontohkan sebagai berikut:
A.
Membedakan antara lingkungan bersih dan tercemar
B.
Menunjukkan benda terapung, melayang dan
tenggelam
C.
Memberikan definisi tentang bunga lengkap
D.
Memberikan demonstrasi tentang udara mempunyai
berat
No 5.
Dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar dengan topik bahasan
udara bergerak mempunyai tekanan, memulai pembelajaran dengan memberi
pertanyaan tentang udara dan fungsinya untuk mengetahui pemahaman awal siswa.
Menurut Ausubel, yang dilakukan guru tersebut menggunakan prinsip ....
A.
Diferensiasi progresif
B.
Diferensiasi integratif
C.
Rekonsiliasi progresif
D.
Rekonsiliasi integratif
No 6.
Pendekatan pembelaran IPA yang memerlukan obyek konkrit
eksplorasi, mendapatkan fakta untuk memahami sesuatu disebut dengan pendekatan
....
A.
Faktual
B.
Keterampilan proses
C.
Konseptual
D.
Lingkungan
No 7.
Hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan
konsep dapat dilihat berdasarkan ....
A.
ketercapaian kompetensi dasar yang telah
dirumuskan
B.
ketercapaian dalam pemeilihan metoda
pembelajaran
C.
ketercapaian penyelesaian tugas yang diberikan
D.
Kesesuaian antara kompetensi dasar dengan topik
bahasan yang disajikan
No 8.
Pembelajaran IPA tentang air mempunyai berat ditunjukkan
oleh kegiatan percobaan mengukur berat air pada volume : 1 liter, 2 liter, 3
liter, 4 liter dan 5 liter. Pernyatan yang benar untuk variabel bebas adalah
....
A.
berat air
B.
volume air yang berbeda-beda merupakan variabel
bebas
C.
perbedaan berat air merupakan variabel bebas
D.
volume air di akhir percobaan
No 9.
Siswa mampu mengelompokkan objek-objek atau menginformasikan
berdasarkan karakteristik yang dimilikinya dengan mengacu pada metode tertentu.
keterampilan yang dimiliki siswa tersebut tergolong keterampilan ....
A.
Mengobservasi
B.
Mengklasifikasi
C.
Membedakan
D.
Menjelaskan
No 10.
Dalam pembelajaran IPA di SD tentang perubahan wujud, guru
menyiapkan seperangkat alat dan bahan seperti, bak, thermometer, pemanas air,
dan es. Setelah siswa selsai melakukan percobaan, siswa diminta untuk
menjelaskan hasil temuannya. Keterampilan yang diperoleh siswa pada
pembelajaran tersebut adalah ....
A.
Memprediksi
B.
Mengobservasi
C.
Mengklasifikasi
D.
Mengkomunikasi
No comments:
Post a Comment