Kategori

Friday, October 26, 2012

Soal Ujian Pembelajaran IPA di SD PDGK4202 (bagian 1)


No 1.
Piaget membagi perkembangan mental anak menjadi empat tahapan. Tahapan dimana anak telah dapat melakukan konservasi logika tentang kelas dikenal ....
A.      Sensori motor
B.      Pre-Operasional
C.      Konkret Operasional
D.      Formal Operasional

No 2.
Pembelajaran IPA dengan bahasan udara yang bergerak mempunyai tekanan yang lebih rendah daripada udara diam diberikan alat peraga dua bola pimpong, benang, dan kayu. Dengan menggunakan pendekatan teori piaget, pembelajaran tersebut tepat diberikan pada anak pada tahap ....
A.      Sensori motorik
B.      Pre-Operasional
C.      Konkret Operasional
D.      Formal Operasional

No 3.
Taksonomi hasil belajar menurut Gagne diantaranya diperolehnya keterampilan intelektual siswa. Contoh keterampilan intelektual siswa dapat diketahui melalui ....
A.      Penjelasan guru tentang fakta dan konsep
B.      Pertanyaan guru tentang bagaimana membedakan atau bagaimana mendefinisikan suatu konsep
C.      Pertanyaan tentang nama penemu
D.      Penejelasan tentang generalisasi suatu konsep

No 4.
Keterampilan intelektual dapat dijelaskan sebagai keterampilan diskriminasi konsep konkret, konsep terdefinisim, dan aturan keterampilan diskriminasi suatu konsep dapat dicontohkan sebagai berikut:
A.      Membedakan antara lingkungan bersih dan tercemar
B.      Menunjukkan benda terapung, melayang dan tenggelam
C.      Memberikan definisi tentang bunga lengkap
D.      Memberikan demonstrasi tentang udara mempunyai berat

No 5.
Dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar dengan topik bahasan udara bergerak mempunyai tekanan, memulai pembelajaran dengan memberi pertanyaan tentang udara dan fungsinya untuk mengetahui pemahaman awal siswa. Menurut Ausubel, yang dilakukan guru tersebut menggunakan prinsip ....
A.      Diferensiasi progresif
B.      Diferensiasi integratif
C.      Rekonsiliasi progresif
D.      Rekonsiliasi integratif

No 6.
Pendekatan pembelaran IPA yang memerlukan obyek konkrit eksplorasi, mendapatkan fakta untuk memahami sesuatu disebut dengan pendekatan ....
A.      Faktual
B.      Keterampilan proses
C.      Konseptual
D.      Lingkungan

No 7.
Hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan konsep dapat dilihat berdasarkan ....
A.      ketercapaian kompetensi dasar yang telah dirumuskan
B.      ketercapaian dalam pemeilihan metoda pembelajaran
C.      ketercapaian penyelesaian tugas yang diberikan
D.      Kesesuaian antara kompetensi dasar dengan topik bahasan yang disajikan

No 8.
Pembelajaran IPA tentang air mempunyai berat ditunjukkan oleh kegiatan percobaan mengukur berat air pada volume : 1 liter, 2 liter, 3 liter, 4 liter dan 5 liter. Pernyatan yang benar untuk variabel bebas adalah ....
A.      berat air
B.      volume air yang berbeda-beda merupakan variabel bebas
C.      perbedaan berat air merupakan variabel bebas
D.      volume air di akhir percobaan

No 9.
Siswa mampu mengelompokkan objek-objek atau menginformasikan berdasarkan karakteristik yang dimilikinya dengan mengacu pada metode tertentu. keterampilan yang dimiliki siswa tersebut tergolong keterampilan ....
A.      Mengobservasi
B.      Mengklasifikasi
C.      Membedakan
D.      Menjelaskan

No 10.
Dalam pembelajaran IPA di SD tentang perubahan wujud, guru menyiapkan seperangkat alat dan bahan seperti, bak, thermometer, pemanas air, dan es. Setelah siswa selsai melakukan percobaan, siswa diminta untuk menjelaskan hasil temuannya. Keterampilan yang diperoleh siswa pada pembelajaran tersebut adalah ....
A.      Memprediksi
B.      Mengobservasi
C.      Mengklasifikasi
D.      Mengkomunikasi

No comments:

Post a Comment