Friday, October 26, 2012

Kunci Jawaban Pembelajaran PKn di SD PDGK4201 (bagian 1)


No 1.
a.       salah, karena kurikulum tahun 1946 materi pendidikan kewarganegaraan dikemas dalam mata pelajaran pengetahuan umum di SD atau tata negara di SMP dan SMA
b.      salah, karena kurikulum tahun 1957 materi pendidikan kewarganegaraan dikemas dalam mata pelajaran pengetahuan umum di SD atau tata negara di SMP dan SMA
c.       salah, karena kurikulum tahun 1961 materi pendidikan kewarganegaraan dikemas dalam mata pelajaran pengetahuan umum di SD atau tata negara di SMP dan SMA
d.      benar, karena kurikulum tahun 1968 baru dikenal istilah pendidikan kewarganegaraan, yang mencakup sejarah Indonesia, Geografi, dan Civics

No 2.
a.       benar, karena berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan merupakan tujuan dari mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan
b.      benar, karena berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab, bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti korupsi merupakan tujuan dari mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan
c.       benar, berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya, merupakan tujuan dari mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan
d.      salah, karena berinteraksi dengan bangsa-bangsa lainnya dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan mengikuti salah satu blok pertahanan agar negara lebih kuat bukan merupakan tujuan dari mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan

No 3.
a.       benar, karena materi PKN adalah konsep-konsep nilai Pancasila dan UUD 45 berserta dinamika perwujudan dalam kehidupan masyarakat negara Indonesia merupakan alasan bahwa PKN sebagai mata pelajaran yang mengusung misi pendidikan nilai dan moral
b.      benar, karena sasaran belajar akhir PKN adalah perwujudan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam bentuk perilaku nyata kehidupan seharai-hari merupakan alasan bahwa PKN sebagai mata pelajaran yang mengusung misi pendidikan nilai dan moral
c.       benar, karena proses pembelajarannya menuntut terlibatnya emosional, intelektual, dan sosial dari peserta didik dan guru sehingga nilai-nilai tersebut bukan hanya dipahami tetapi dihayati sekaligus dilaksanakan merupakan alasan bahwa PKN sebagai mata pelajaran yang mengusung misi pendidikan nilai dan moral
d.      salah, karena materi PKN merupakan kebijakan pemerintah yang harus dilaksanakan oleh seluruh warga negara Indonesia, apabila tidak dilaksanakan maka akan mendapatkan sangsi tegas bukan merupakan alasan bahwa PKN sebagai mata pelajaran yang mengusung misi pendidikan nilai dan moral

No 4.
a.      benar, karena menurut Hermann bahwa dalam pendidikan nilai, substansi nilai tidaklah semata-mata ditangkap dan diajarkan tetapi lebih jauh, nilai dicerna dalam arti ditangkap, diinternalisasi, dan dibakukan sebagai bagian yang melekat dalam kualitas pribadi seseorang melalui proses belajar
b.      salah, karena menurut Lickona, bahwa pada dasarnya pendidikan mempunyai dua tujuan besar yaitu mengembangkan individu dan masyarakat yang smart and good
c.       salah, karena menurut Bloom bahwa tujuan pendidikan dirinci menjadi tujuan pengembangan koqnitif, afektif, dan psikomotor
d.      salah, karena menurut Alisyahbana bahwa nilai merupakan kekuatan perekat dan pemersatu dalam diri, masyarakat dan kebudayaan

No 5.
a.      benar, karena hidup rukun dalam perbedaan termasuk dalam substansi kurikuler yang didalamnya mengandung nilai dan moral persatuan dan kesatuan bangsa
b.      salah, karena tertib dala kehidupan keluarga termasuk dalam substansi kurikuler yang didalamnya mengandung nilai dan moral hukum dan peraturan
c.       salah, karena hak dan kewajiban anggota masyarakat termasuk dalam substansi kurikuler yang didalamnya mengandung nilai dan moral hak asasi manusia
d.      salah, karena harga diri sebagai warga negara termasuk dalam substansi kurikuler yang didalamnya mengandung nilai dan moral kebutuhan warga Negara

No 6.
a.      benar, karena menurut Lickona bahwa Berkaitan dengan hubungan interaktif pengembangan nilai dan moral, bahwa pendidikan moral merupakan aspek yang esensial bagi perkembangan dan berhailnya kehidupan demokrasi
b.      salah, karena menurut Hermann bahwa dalam pendidikan nilai, substansi nilai tidaklah semata-mata ditangkap dan diajarkan tetapi lebih jauh, nilai dicerna dalam arti ditangkap, diinternalisasi, dan dibakukan sebagai bagian yang melekat dalam kualitas pribadi seseorang melalui proses belajar
c.       salah, karena menurut Bloom bahwa tujuan pendidikan dirinci menjadi tujuan pengembangan koqnitif, afektif, dan psikomotor
d.      salah, karena menurut Alisyahbana bahwa nilai merupakan kekuatan perekat dan pemersatu dalam diri, masyarakat dan kebudayaan

No 7.
a.      benar, karena rentang usia 0 – 2 tahun menurut Piaget merupakan perkembangan dalam tahapan kesadaran mengenai aturan, dimana aturan dirasakan sebagai hal yang tidak bersifat memaksa
b.      salah, karena rentang usia 2 – 8 tahun menurut Piaget merupakan perkembangan dalam tahapan kesadaran mengenai aturan, dimana aturan disikapi sebagai hal yang bersifat sakral dan diterima tanpa pemikiran
c.       salah, 8 – 12 tahun karena rentang usia 2 – 8 tahun menurut Piaget merupakan perkembangan dalam tahapan kesadaran mengenai aturan, dimana aturan diterima sebagai hasil kesepakatan
d.      salah, karena rentang usia antara 12 – 15 tahun menurut Piaget tidak termasuk dalam tahapan domain kesadaran mengenai aturan

No 8.
a.       salah, karena pada tahap orientasi hukuman dan kepatuhan mempunyai ciri bahwa apapun yang pada akhirnya mendapat pujian atau dihadiahi adalah baik, dan apapun yang pada akhirnya dikenai hukuman adalah buruk
b.      salah, karena pada tahap orientasi instrumental nisbi mempunyai ciri bahwa seseorang berbuat baik apabila orang lain berbuat baik padanya, dan yang baik itu adalah sesuatu bila satu sama lain berbuat hal yang sama
c.       benar, karena pada tahap orientasi kesepakatan timbal balik mempunyai ciri bahwa sesuatu hal dipandang baik dengan pertimbangan untuk memenuhi anggapan orang lain baik karena memang telah disepakati, merupakan ciri dari tahap perkembangan moral
d.      salah, karena pada tahap orientasi hukum dan ketertiban mempunyai ciri bahwa sesuatu hal yang baik itu adalah yang diatur oleh hukum dalam masyarakat dan dikerjakan sebagai pemenuhan kewajiban sesuai dengan norma hukum tersebut

No 9.
a.       salah, karena civic responsibility merupakan cara dalam melaksanakan pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana demokrasi di Indonesia dengan fokus yaitu kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang bertanggungjawab
b.      benar, karena civic intelligence merupakan cara dalam melaksanakan pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana demokrasi di Indonesia dengan fokus yaitu kecerdasan dan daya nalar warga negara baik dalam dimensi spiritual, rasional, emosional, maupun social
c.       salah, karena civic participation merupakan cara dalam melaksanakan pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana demokrasi di Indonesia dengan fokus yaitu kemampuan berpartissipasi warga negara atas dasar tanggungjawabnya, baik secara individual, sosial, maupun sebagai pemimpin dimasa depan
d.      salah, karena civic education merupakan nama lain dari pendidikan kewarganegaraan pada awal mulanya

No 10.
a.       salah, karena fungsi dan peran PKN sebagai pendidikan nilai dan moral, lebih menfokuskan pada pendidikan yang menyampaikan nilai-nilai moral yang diperlukan oleh seorang warga negara dalam berkehidupan sebagai warga negara dan warga masyarakat
b.      benar, karena pendidikan politik merupakan fungsi dan peran PKN yang memungkinkan siswa mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajibannya
c.       salah, karena fungsi dan peran PKN sebagai pendidikan kewarganegaraan lebih menfokuskan pada menumbuhkan pengertian dan pemahaman siswa terhadap fungsi dan peran warga negara dalan kehidupan berbnagsa dan bernegara
d.      salah, karena fungsi dan peran PKN sebagai pendidikan hukum dan kemasyarakatan lebih menfokuskan pada hak dan tanggungjawabnya sebagai warga negara.

No comments:

Post a Comment