Tuesday, September 11, 2012

Soal Ujian Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan PDGK4306 (bagian 5)


No 41.
Strategi renung- latih- telaah pada pembelajaran bermaksud agar siswa....
A.      Memahami diri sendiri sehingga dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan kemampuan
B.      Mengembangkan kemampuannya sesuai dengan bakat serta minatnya
C.      Melatih keterampilannya agar mencapai hasil maksimal
D.      Memilih salah satu keterampilan yang menjadi minatnya

No  42.
Pembelajaran partisipasif pada tahap perencanaan dimaksudkan agar....
A.      Siswa dapat mengetahui rancangan pembelajaran dari guru
B.      Siswa memberikan masukan pada guru tentang mater pelajaran yang diperlukan
C.      Gurumemberikan alternatif pembelajaran yang akan diberikan
D.      Guru ikut menentukan pembuatan kurikulum

No 43.
Salah satu ciri dari pembelajaran partisipatif terlihat apabila....
A.      Pendidik berperan aktif dalam pembelajaran
B.      Siswa merasanyaman dan termotivasi saat pembelajaran
C.      Pembelajaran berjalan dengan lancar
D.      Siswa diikutsertakan dalam pembuatan kurikulum

No 44.
Iklim belajar diciptakan pendidik dengan maksud agar....
A.      Antara pendidik dan peserta didik dapat terjalin kebersamaan
B.      Dapat tercapai tujuan belajar seperti yang diharapkan
C.      Peserta didik lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran
D.      Kelas lebih terlihat tertib pada waktu pembelajaran berlangsung

No 45.
Jika dilihatdari proses, yang dimaksud dengan pendekatan pembelajaran kontekstual di antaranya adalah....
A.      Dalam menerima materi pelajaran, siswa diharapkan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari- hari
B.      Guru dalam menyampaikan pembelajaran harus melalui tahapan-tahapan tertentu
C.      Materi pelajaran yang akan disampaikan guru perlu memperhatikan karakteristik setiap siswa
D.      Pembelajaran berlangsung dimulai dengan menjelaskan hal- hal yang sifatnya sederhana terlebih dahulu


 No 46.
Perbedaan antara kontekstual dengan pembelajaran konvensional dilihat dari aktivitas siswa terlihat ketika....
A.      Pembelajaran kontekstual melibatkan siswa secara aktif
B.      Pembelajaran konvensional melibatkan siswa lebih aktif
C.      Guru berperan aktif dalam pembelajaran kontekstual
D.      Guru hanya sebagai pembimbing dalam pembelajaran konvensional

No 47.
Pembelajaran kontekstual yang didasarkan pada konsktruksivisme bercirikan....
A.      Pembelajaran berpusat pada guru sebagai pendidik
B.      Siswa aktif mengembangkan pengetahuan yang diperoleh di kelas
C.      Guru mengkonstruksi pengetahuan
D.      Antara siswa dan guru sama- sama mengkonstruksi pengetahuan

No 48.
Belajar mandiri pada orang dewasa menurut pendapat Knowles menekankan pada....
A.      Penguasaan materi yang lebih mendalam
B.      Kesadaran untuk belajar lebih baik
C.      Menerapkan pengalaman sehari - hari sebagai sumber pengetahuan
D.      Kebutuhan pengetahuan yang berbeda- beda dengan pada waktu anak- anak

No 49.
Terbuka terhadap setiap kesempatan belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar mandiri. Artinya, si pelajar harus....
A.      Kreatif dalam mengolah pengetahuan
B.      Menimba pengalaman terhadap orang dapat memperoleh pengetahuan
C.      Mampu melihat orang lain agar dapat memperoleh sukses
D.      Didorong rasa keingintahuannya terhadap ilmu yang baru

No 50.
Menurut Rogers pendidik dapat berperan sebagai fasilitator dengan tugasnya....
A.      Menyiapkan rencana pembelajaran sesuai dengan kemampuan anak
B.      Memotivasi siswa agarlebih mudah menerima pembelajaran
C.      Merencanakan media yang diperlukan dalam pembelajaran
D.      Mempersiapkan mental siswa untuk menerima pembelajaran.

No comments:

Post a Comment