Tuesday, September 11, 2012

Soal Ujian Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan PDGK4306 (bagian 1)


No 1.
Tahap pengalaman konkret merupakan tahap awal dalam peristiwa belajar, yakni ketika seseorang dapat mengalami peristiwa atau kejadian sebagaimana adanya. Pernyataan tersebut merupakan tahapan belajar sesuai dengan Teori Humanistik yang dikemukakan oleh....
A.      Mumford
B.      Habermas
C.      Honey
D.      Kolb

No 2.
Pak Joko mengajar di kelas III SD. Pak Joko menugaskan anak untuk menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan melalui pengamatan. Dari kegiatan tersebut pembelajaran yang dilakukan merupakan contoh....
A.      membimbing anak belajar aktif
B.      menentukan materi pembelajaran
C.      mengidentifikasi kemampuan peserta didik
D.      mengevaluasi proses dan hasil belajar

No 3.
Pendidikan merupakan proses sosial bagi anak untuk menjadi bagian yang aktif dan partisipatif dalam masyarakat. Pernyataan tersebut sesuai dengan teori pembelajaran yang dikemukakan oleh....
A.      Honey
B.      John Dewey
C.      Mumford
D.      Ausbel

No  4.
Dalam cara pandang pendidikan tradisional, guru memegang kendali dalam pembelajaran. Sedangkan pada cara pandang progresif guru bertindak sebagai berikut, kecuali....
A.      fasilitator
B.      pengayom
C.      teman berdiskusi
D.      pemberi hukuman

No 5.
Pandangan sosiokultural konstruktivisme Teori Vygotsky yang menekankan kemandirian adalah siswa belajar....
A.      untuk menyelesaikan tugas yang kompleks dengan menggunakan media
B.      berdasarkan konsep
C.      melalui pemecahan masalah
D.      dengan orang dewasa dan teman sebaya

No 6.
Evaluasi belajar yang mengacu pada Teori Vygotsky menganjurkan pengetesan lapisan bawah dan lapisan atas zona perkembangan untuk....
A.      mengetahui tingkat status dan kemampuan belajar siswa saat ini
B.      menilai pemahaman anak yang lalu
C.      mengukur kemampuan anak yang akan datang
D.      menilai keterampilan dan pemahaman yang dimiliki anak

No 7.
Pada kegiatan pembelajaran IPA kelas III SD, anak-anak ditugaskan untuk mengamati dan menggolongkan binatang yang menyusui dan memakan daging. Dalam kegiatan tersebut guru berperan sebagai....
A.      konselor
B.      penyuluh
C.      fasilitator
D.      pemimpin

No 8.
Ki Hajar Dewantara berpendapat bahwa pendidikan mempunyai arah dan tujuan. Artinya, pendidikan bertujuan untuk memenuhi....
A.      kepentingan pemerintah
B.      kepentingan golongan
C.      menghilangkan kemiskinan
D.      menanggulangi kebodohan dan kemiskinan

No 9.
Peran guru dalam proses belajar sistem pondok yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara adalah sebagai berikut, kecuali....
A.      mencetak pemimpin yang digugu
B.      menghasilkan seorang intelektual
C.      mengembangkan kondisi dan suasana pondok
D.      mentransfer ilmu pengetahuan pada peserta didik

No 10.
Tokoh yang mengungkapkan bahwa kebudayaan merupakan satu kesatuan dan bukan jumlah dari bagian-bagian adalah....
A.      E.B. Taylor
B.      Tilaar
C.      Talcott
D.      Selo Sumarjan dan Soelaeman

No comments:

Post a Comment