No 41.
Berikut ini pernyataan yang benar berkaitan dengan hak
hukum, yaitu…..
A.
Jus in personam, yaitu hak atas suatu barang
B.
Jus in rem, yaitu hak untuk menuntut seseorang
agar berbuat menurut suatu cara tertentu, yakni hak atas perbuatan seseorang
lainnya
C.
Hak hukum mensyaratkan kewajiban hukum dari
seseorang lainnya
D.
Hak hukum bagi seseorang tanpa suatu kewajiban
hukum bagi seseorang lainnya
No 42.
Menurut pasal 4 UU nomor 8 tahun 1981 tentang Undang-Undang
Hukum Acara Pidana (KUHAP), Penyelidik adalah setiap pejabat polisi negara RI.
Penyelidik mempunyai wewenang, kecuali…
A.
Menerima laporan atau pengaduan dari seseorang
tentang adanya tindak Pidana
B.
Mencari keterangan dan barang bukti
C.
Menyuruh berhenti seorang yang dicurigai dan
menanyakan serta memeriksa tanda pengenal diri
D.
Memutuskan sanksi bagi terpidana
No 43.
Khusus dalam bidang Pidana, kejaksaan mempunyai tugas dan
wewenang untuk, kecuali….
A.
Menerima laporan atau pengaduan dari seseorang
tentang adanya tindak Pidana
B.
Melaksanakan penetapan hakim dan putusan
pengadilan
C.
Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan
keputusan lepas bersyarat (yaitu keputusan yang dikeluarkan oleh menteri
kehakiman)
D.
Melengkapi berkas perkara tertentu dan untuk itu
dapat melakukan pemeriksaan tambahan sebelum dilimpahkan ke pengadilan yang
dalam pelaksanaannya dikoordinasikan dengan penyidik
No 44.
Berdasar undang-undang nomor 7 tahun 1989, Peradilan yang
bertugas dan berwewenang memeriksa perkara-perkara di tingkat pertama antara
orang-orang yang beragama Islam di bidang: a) perkawinan; b) kewarisan, wasiat,
dan hibah yang dilakukan berdasarkan hukum Islam; c) wakaf dan shodaqah,
adalah….
A.
Peradilan agama
B.
Peradilan Militer
C.
Peradilan Tata Usaha Negara
D.
Peradilan umum
No 45.
Di Amerika, program pendidikan hukum merupakan bagian dari
program pendidikan IPS, yang secara lebih khusus lagi merupakan bagian dari
program pendidikan politik. Seperti dikutip oleh Bank, Sebagai hasil dari
pendidikan hukum, siswa diharapkan dapat, kecuali….
A.
Mengembangkan pemahaman tentang hak-hak dan
tanggung jawabnya yang ditegaskan oleh penguasa pada saat itu
B.
Memahami tuntutan masyarakat akan peraturan dan
hukum, sumber-sumber hukum, perubahan hukum, dan sanksi hukum
C.
Memahami berbagai aspek hukum sipil yang
mempengaruhi kehidupannya - hukum perkawinan dan perceraian,
perjanjian/kontrak, asuransi, kesejahteraan sosial, pajak, dan lembaga bantuan
hukum
D.
Memahami sistem peradilan, struktur organisasi
dan fungsi lembaga penegak hukum
No 46.
Tingkat pertama dalam perkembangan moral Menurut Kohlberg,
adalah….
A.
Orientasi hukuman dan kepatuhan. Konsepsi
tentang baik dan buruk ditentukan oleh konsekuensi fisik tanpa memperhatikan
makna atau nilai dari konsekuensi ini bagi individu
B.
Orientasi instrumental. Konsepsi tentang “baik”
lebih ditentukan oleh kepuasan sendiri
C.
Orientasi keserasian antar personal. Apa yang
menyenangkan atau membantu orang lain adalah “baik”
D.
Orientasi terhadap peraturan hukum dan
ketertiban. Memelihara ketertiban sosial, menghormati kekuasaan, dan
melak-sanakan kewajiban sendiri adalah “baik”. Orang dihargai karena mentaati
peraturan, hukum, dan kekuasaan yang berlaku
No 47.
Pada dasarnya , inti dari manusia antar budaya adalah,
kecuali….
A.
A.Warga negara Indonesia yang Memiliki
pengetahuan, sikap dan prilaku yang tidak terbatas pada budaya tertentu
B.
B.Warga negara Indonesia yang Dapat hidup dalam
masyarakat majemuk yang memiliki keragaman budaya
C.
Warga negara Indonesia yang Menghargai dan
menghormati budaya yang beraneka ragam
D.
Warga Negara Indonesia yang selalu setia kepada
kelompoknya, sehingga mengnggap kelompok lain lebih rendah
No 48.
DeVito, mengemukakan bahwa seorang manusia antarbudaya
memiliki ciri-ciri berikut, kecuali…..
A.
Keterbukaan Seorang warganegara (manusia antar
budaya) bersikap terbuka terhadap perbedaan yang ada di antara orang, terbuka
terhadap perbedaan nilai, kepercayaan, sikap dan perilaku, yang harus disadari
adalah bahwa orang itu berbeda
B.
Empati, Kita harus menempatkan diri pada posisi
lawan bicara, yang berasal dari kultur yang berbeda, cara ini akan memungkinkan
kita untuk lebih cepat memahami lawan bicara kita
C.
Sikap mendukung, seorang warga negara yang
bercirikan manusia antarbudaya harus memiliki sikap mendukung, terhadap lawan
bicara yang berbeda budaya
D.
Sikap fanatis, Sikap fanatic diperlukan untuk
memperkuat kelompok atau golongannya
No 49.
Menurut Margaret S. Branson karakter warga negara adalah
seperti berikut, kecuali….
A.
Keadaban (civility)
B.
Tanggung jawab individu dan kecenderungan untuk
menerima tanggung jawab pribadi dan konsekwensi tindakan pribadi
C.
Disiplin diri dan penghormatan
peraturan-peraturan untuk pemerintahan konstitusional (Amerika) tanpa perlu
paksaan dari otoritas eksternal
D.
Rasa kewargaan (civic mindedness) dan kehendak
untuk mendahulukan kepentingan golongan atau kelompoknya
No 50.
Dalam melaksanakan komunikasi antar sosial budaya banyak
sekali hambatannya yaitu antara lain Perilaku kesukuan yang sempit akan menjadi
kendala dalam memahami dan melakukan komunikasi antar budaya. Budaya etniknya
sendiri akan dijadikan alat ukur untuk mengukur budaya orang lain, sehingga
lahirlah fenomena bahwa “budaya etnik saya” lebih baik dan lebih tinggi, sementara
budaya dari etnik lain berada “dibawah budaya etnik saya”, yaitu hambatan…..
A.
Etnosentrisme
B.
Rasa kedaerahan Kedaerahan yang berlebihan
C.
Persepsi yang keliru tentang otonomi daerah
D.
Fanatisme sempit
No comments:
Post a Comment